Pengalaman Menginap di Hotel “BW Suite Belitung”

Tulisan saya ini masih satu rangkaian dengan cerita jalan-jalan ke Pulau Belitung. Jika anda jalan-jalan ke Belitung, tidak usah khawatir dengan fasilitas akomodasi. Di Pulau Belitung sekarang tumbuh menjamur hotel-hotel. Sejak Belitung populer menjadi tujuan wisata setelah meledaknya film Laskar Pelangi, hotel-hotel baru terus bermunculan, sebagian besar berada di Belitung bagian barat (Kabupaten Belitung).

Beragam hotel dengan tarif kamar per malam dari seratus ribu rupiah hingga jutaan rupiah tersedia di sana, dari hotel bintang satu hingga bintang lima. Liburan tahun baru kemarin saya menginap di hotel BW Suite Belitung. Hotel ini satu-satunya hotel bintang lima di Belitung, terketak di dalam kota Tanjungpandan. Lokasinya di pinggir pantai di Jalan Pattimura. Hotel BW Suite Belitung merupakan bangunan paling tinggi di seluruh pulau Belitung. Hotel ini terdiri dari 11 lantai. Dulunya bernama Hotel Aston Belitung dan tergabung dalam jaringan hotel Aston, namun sejak dua tahun lalu diambil alih oleh pemiliknya (pengusaha asal Belitung) dan diberi nama sesuai singkatan namanya, BW (Budiyono Widodo).

DSC_1325

Hotel BW Suite Belitung dengan pantai yang sedang surut airnya.

Memasuki lobby hotel ini kesan mewah sudah terasa. Lobby hotelnya sangat bagus dengan interior yang menyiratkan kemegahan. Pegawai resepsionisnya cukup ramah melayani tamu.  Oh ya, saya menemukan hotel ini lewat internet dan memesan kamar hotel via  Agoda, kebetulan usai tahun baru sehingga masih ada kamar untuk reservasi.

DSC_1394

Lobby hotel

Tarif kamar di hotel ini bervariasi, mulai dari 600 ribu rupiah (standard) hingga lebih dari satu juta rupiah (president suite room), belum termasuk pajak pelayanan. Saya memesan kamar via Agoda sehingga mendapat diskon (bukan harga publish rate). Lantai di kamarnya bukan keramik, tetapi dari bahan kayu jati.  Fasilitas yang didapat sebandinglah dengan harga tersebut.

Oh ya, yang menarik dari hotel ini adalah kolam renangnya dengan pemandangan lepas ke lautan, seolah-olah kita berada di atas tempat di pinggir laut. Cuaca hari itu agak mendung, jadi foto saya di bawah ini terlihat tidak terlalu terang.

DSC_1391

Kolam renang hotel dengan pemandangan lepas ke laut

DSC_1384

Kolam renang dari sudut pandang yang lain

Saya mengambil kamar dengan pemandangan (view) lautan. Jika pada sore hari kita dapat memandang sunset dari atas kamar hotel. Oh ya, lautan yang kita lihat itu adalah selat yang memisahkan Pulau Belitung dengan Pulau Bangka, namanya Selat Gaspar.

DSC_1401

Pemandangan lautan dari atas kamar hotel lantai 9. Tampak kolam renang di bagian bawah.

Pada sore dan malam hari laut di depan itu surut, kita dapat berjalan-jalan di pantai yang airnya surut itu. Menurut saya pantainya kurang  begitu bagus, tidak cocok untuk beranang. Warna air lautnya terlihat seperti kotor, namun sebenarnya bukan karena sampah, tetapi di sekitar pantai itu banyak tanaman bakau, di samping itu tidak jauh dari sana ada muara sungai. Mungkin akar-akar tanaman bakau dan aliran sungai yang bermuara di laut itulah yang membuat air laut berwarna agak kecoklatan.

Pos ini dipublikasikan di Cerita perjalanan. Tandai permalink.

5 Balasan ke Pengalaman Menginap di Hotel “BW Suite Belitung”

  1. Febriyan Lukito berkata:

    pemandangannya menggoda banget sih…

  2. sangat indah itu hotel, apakah bebas untuk membawa peliharaan ?
    thx for share

  3. ini yang cocok untuk kita, murah tapi indah😀
    thx

  4. Benny Agussalim berkata:

    Pengalaman tidak menyenangkan nginap di BW hotel Belitung.
    Saya nginap 3 malam pakai deluxe room. Hari kedua setelah kamar dirapikan, tidak berikan air mineral sebagai complementery. saya minta, jawaban dari operator bahwa memang hari pertama saja dapat , selanjutnya kalau mau harus bayar. Hari ke 3 setelah malam kembali ke kamar, saya dapati lagi dikamar tdk ada alas kaki dan handuk kecil.
    Apakah memang pelayanan dan fasilitas BW hotel seperti ini ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s