Soto Padang yang Enak di Bandung

Sore dalam perjalanan pulang ke rumah ke kantor, saya singgah dulu di kedai soto padang masakan Uda Ujang di Jalan Singaperbangsa, dekat kampus Unpad Dipati Ukur, Bandung. Suasana sore yang mendung dan dingin ini membuat saya agak lapar, jadi saya ingin makan soto padang yang hangat dan enak. Hmmm….

soto-pdg3

Menurut saya soto padang masakan Uda Ujang adalah soto padang yang terenak di kota Bandung. Mantap rasa, aroma, dan pedasnya. Orisinal, persis sama dengan soto yang saya makan  di Pasar Raya, Padang. Di Bandung ada beberapa rumah makan padang yang menyediakan soto, tetapi dari semua soto padang yang pernah saya coba, saya menempatkan soto padang yang terenak ya soto di kedai ini. Kedai Uda Ujang khusus hanya menjual masakan soto padang saja, tidak ada masakan lain.

soto-pdg1

Soto padang isinya antara lain irisan daging goreng atau daging dendeng yang dipotong kecil-kecil, perkedel kentang, bihun, seledri, bawang goreng, dan sama sekali tanpa MSG. Kelezatan soto padang terletak pada kuahnya. Kuah soto terbuat dari kaldu daging atau ulang sapi dengan ramuan rempah-rempah. Paduan rempah-rempah itulah yang membedakan soto padang yang satu dengan soto padang lainnya. Paduan mana yang menghasilkan rasa yang pas di lidah, itulah soto padang yang enak dan gurih. Soto padang akan lebih nikmat jika ditambah dengan sambal khas dan perasan jeruk nipis atau cuka. Sambalnya adalah cabe halus yang dimasak dengan tambahan asam cuka. Supaya lebih menarik, nasinya  ditaburi kerupuk merah. Mantap!

soto-pdg2

Saya suka mengajak teman makan di sini, kadang-kadang juga saya pesan untuk menu rapat di kantor. Kedainya buka dari pagi jam 8 hingga malam. Seporsi soto padang tanpa nasi Rp17.000, jika pakai nasi harganya Rp20.000. Kedai ini juga punya jongko kaki lima di depan kampus Unpad, tepatnya di pool bis Damri Dipati Ukur.

Mau coba? Silakan datang ke sana.

Pos ini dipublikasikan di Cerita Minang di Rantau, Makanan enak. Tandai permalink.

9 Balasan ke Soto Padang yang Enak di Bandung

  1. dianramadhani berkata:

    iya enak, tp dikit banget porsi nya pak.. hehe

  2. Dhana berkata:

    Pak, promo nih, dapet persenan donk😉

    • rinaldimunir berkata:

      Nggak. Saya menulis ini tanpa sepengetahuan pedagang soto. Saya bahkan tidak kenal dengan pemiliknya. Tulisan2 saya di rubrik Makanan Enak di blog ini memang menulis apa adanya tentang dagangan makanan yang saya coba dan terkesan dengan enaknya.

      https://rinaldimunir.wordpress.com/category/makanan-enak/

      Jika dianggap mempromosikan si pedagang, ya nggak apa-apa juga, sekalian bantu pedagang makanan sektor UMKM agar tidak kalah dengan pedagang modal besar.

  3. ranggaym berkata:

    Waduh, harganya sedikit mahal buat mahasiswa macam saya :p

  4. Muhammad Rizky berkata:

    Maaf saya lancang, tapi saya orang Minang. Harap bisa disunting lagi postingannya.

    Padang dan Minang itu berbeda. Itu Soto khas Minang. Gak ada yang namanya Soto Padang, Sate Padang, Orang Padang, Masakan Padang dalam literari adjektiva. Kalau yang dimaksud menyebut sesuatu berbau Minang, harap menggunakan kata Minang sebagai deskriptor-nya, bukan Padang. Harap agan-agan bisa membuka wawasannya lebar-lebar.

    Setau saya Soto-soto khas yang kayak di postingan abang ini, ini namanya soto khas Minangkabau. Secara harfiah, memang ada soto Padang, tapi soto-nya gak kayak gini. Maksudnya, soto itu khas dari kota Padang, ibu kota provinsi Sumatera Barat. Soto Makassar, yaitu Soto yang memang berasal dari kota Makassar itu sendiri, bukan dari seluruh wilayah bugis atau se-distrik Sulawesi Selatan🙂

    Terima kasiiiiih ^^

  5. dewi berkata:

    wah mantap nih mas perlu dicoba nih

  6. Indah berkata:

    Dimana Tempat nya gan ? boleh juga tuh di cobain, saya baru tinggal di bandung, makasih

  7. tata berkata:

    soto padang uda ujang gak buka lagi ya? setiap saya kesana selalu tutup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s