Bakso Haji Sony, Bakso yang Enak di Bandar Lampung

Sore hari sepulang mengajar di ITERA Lampung Selatan, dalam perjalanan dari kampus menuju mess ITERA, saya dan rekan dosen yang lain singgah dulu di kedai bakso Haji Sony di Bandar Lampung. Menurut cerita dari mulut ke mulut, bakso Haji Sony ini terkenal enak. Haji Sony mempunyai 14 cabang kedai bakso di seluruh Bandar Lampung. Banyak banget!

bakso2

Kedai bakso Haji Sony

Bakso Haji Sony, apa istimewanya? Bakso merupakan jajanan biasa saja, bukan? Kedai dan warung bakso ada di mana-mana di seluruh nusantara. Orang Indonesia suka nge-bakso. Yang membuat saya tertarik adalah cerita dari supir kami bahwa setiap hari Haji Sony memotong dua ekor sapi untuk kebutuhan bakso bagi  semua kedai itu. Ha? Dua ekor sapi hanya untuk bakso? Luar biasa, kata saya. Katanya lagi Haji Sony punya peternakan sapi sendiri untuk memasok kebutuhan daging sapi. Wah, saya yakin baksonya pasti halal nih, karena dimiliki seorang haji, lalu sapinya dipotong sendiri, tentu sesuai dengan syariat agama.

Saya memesan seporsi bakso dengan tambahan bihun. Tadinya mau pakai mie, tapi mie habis, ya sudah pakai bihun saja. Isinya enam biji bakso seukuran bola pingpong. Seporsi itu harganya Rp15.000. Setelah dicoba, tekstur baksonya padat dan sangat terasa dagingnya. Tidak seperti bakso lain yang banyak tepung, bakso ini nggak banyak tepungnya. Rasanya mantap dan yummy. Kuahnya juga enak, sepertinya memakai bumbu lada, ya pasti  lada Lampunglah, karena Lampung adalah daerah penghasil lada. Kuah baksonya lebih mantap lagi jika diberi sambal cabe hijau yang pedas. Hmmm…sore-sore yang nikmat.

bakso1

Semangkok bakso Haji Sony

Sore itu pengunjung tidak padat, mungkin belum waktunya makan malam. Wah, kalau siang atau malam pasti ramai ya?

bakso4

Pengunjung lagi makan bakso

Sewaktu pulang ke Bandung saya membawa bakso Haji Sony sebagai oleh-oleh. Mereka sudah menyiapkan paket-paket bakso. Baksonya sudah dikemas sedemikian rupa sedangkan kuahnya tidak perlu kita bawa dalam bentuk cair. Mereka menyiapkan bumbu untuk kuah bakso. Jadi nggak perlu repot membawa kuah bakso ke dalam kabin pesawat.  Tiba di rumah bumbu ini diencerkan dengan air lalu dididihkan. Bakso pun siap dihidangkan!

Saya rekomendasikan kepada anda untuk mencoba bakso Haji Sony ini jika singgah di Bandar Lampung.

Pos ini dipublikasikan di Makanan enak. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Bakso Haji Sony, Bakso yang Enak di Bandar Lampung

  1. bill hikmah berkata:

    Favorit saya pak! Nggak nyangka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s