Lampu Sen ke Kiri tapi Beloknya ke Kanan

Seorang teman bercerita, kalau dia sedang mengendarai mobil lalu di depannya ada ibu-ibu yang mengendarai motor, maka dia harus ekstra hati-hati. Kenapa? Karena lampu sen yang dinyalakan ibu-ibu itu sering tidak sinkron, dia lampu sen ke  kiri, tapi beloknya ke kanan, atau sebaliknya. Jika sudah demikian, maka bisa celaka, katanya sambil tertawa. Mungkin kira-kira kejadiannya seperti karikatur di bawah ini (sumber dari akun Facebook ini)🙂.

lampu-sen

Sejak motor teknologi matic berkembang pesat, banyak kaum perempuan memakai sepeda motor. Praktis, sebab untuk motor matic cuma perlu mengatur gas dan rem saja. Belajar beberapa jam saja sudah langsung mahir menggunakan motor. Di jalan-jalan pemukiman sudah menjadi pemandangan biasa melihat ibu-ibu mengemudikan sepeda motor untuk mengantar anak sekolah, pergi belanja ke swalayan, dan sebagainya.

Sampai di sini masih aman-aman saja, karena jalan pemukiman tidak begitu ramai. Namun kalau sudah berada di jalan besar perlu kehati-hatian karena lampu sen adalah penanda bagi kendaraan di belakang untuk menyesuaikan kecepatan dan arah bagi motor yang mau belok. Kalau banyak melamun di jalan, maka seringkali lampu sen tidak sinkron dengan arah belokan.

Namun kejadian ketidaksinkronan lampu sen dengan arah belokan tidak selalu kasusnya ibu-ibu. Bapak-bapak juga ada, penyebabnya pasti karena melamun. Justru yang lebih berbahaya adalah jika motor dikendarai oleh anak-anak. Anak-anak sekarang sudah pandai mengendarai motor. Lihatlah di jalan-jalan, anak-anak yang masih SD saja sudah mahir bermotor. Anak-anak ini cenderung tidak tahu aturan. Dia belok tapi tidak menyalakan lampu sen, maka kendaraan yang di belakang pasti mengerem mendadak untuk menghindari tabrakan. Jika sudah begitu, maka yang keluar adalah kata umpatan dan makian dari pengendara di belakang.  Oleh karena itu, jangan izinkan anak-anakmu membawa motor ke jalan sebelum dia punya SIM.

Pos ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

5 Balasan ke Lampu Sen ke Kiri tapi Beloknya ke Kanan

  1. Apalagi klo ada ibu2 jalan ditengah2 jalan raya. Udh di klakson malah jalan santai. Hahahahaa

  2. yusrizal berkata:

    Beberapa hal yang sulit dipahami di dunia ini adalah hati wanita dan lampu sen Ibu2 yang naik matic.😀

  3. langkah jitu berkata:

    betul sekali sebagai pengguna kendaraan roda dua,sy sering menemui kejadian seperti ini,yg jadi pertanyaannya sejauh mana aparat berwenang memberikan sosialisasi cara berkendara yg benar?

  4. ikhwanalim berkata:

    btw, ternyata di motor matic-nya kakak ipar saya, tidak ada petunjuk bahwa sedang sein kanan atau sein kiri di dashboard. hanya petunjuk bahwa sein sedang menyala saja. menurut saya, ini adalah #baddesign yg sangat berbahaya.

    memang sih, tuas di pegangan tangan kiri jelas menunjukkan apakah sedang berarah ke kanan (sein kanan) atau mengarah ke kiri (sein kiri).

    • rinaldimunir berkata:

      Benar wan, di motor matic saya (Honda Spacy) juga tidak ada, hanya ada tanda lampu sen menyala saja (tidak ada tanda ke kiri atau ke kanan). Salah desain. Ketika dulu membeli motor Honda bukan matic, ada penanda ke kiri atau ke kanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s