Ketika Anak Merengek Ikut ke Masjid

Sebuah gambar di bawah ini saya peroleh dari akun Facebook ini. Isinya cukup menohok, khususnya bagi bapak-bapak yang punya anak masih kecil. Ketika sang anak berumur dua tahun dia merengek-rengek untuk ikut bapaknya ke masjid. Namun si bapak mengatakan tidak usah ikut sebab dia masih terlalu kecil. Hal yang sama juga dia katakan ketika anaknya sudah berumur empat tahun dan delapan tahun. Istrinya meminta untuk menunggu sebentar sebab anaknya ingin ikut ke masjid. Namun apa jawab si bapak? Dia masih terlalu kecil untuk ikut, masih anak-anak.

Ketika anaknya sudah berusia remaja dia sudah sulit diajak ke masjid. Bapaknya mengeluh  karena sudah berulangkali mengajak anaknya ke masjid tetapi dia tidak mau mendengar. Sudah terlambat, jawab istrinya, sebab putra mereka sudah bukan anak-anak lagi.

sholat-ke-masjid

Menyesal setelah anak yang sudah besar tidak mau ke masjid?

Apakah anda mempunyai pengalaman yang sama seperti cerita di dalam gambar di atas? Usia anak-anak adalah usia emas, pada usia itu segala ajaran mudah ditanamkan, apapun ajaran itu, ajaran baik maupun ajaran buruk. Anak-anak pada dasarnya meniru apa yang dilakukan orang-orang terdekatnya.

Mengajak anak sholat maupun ke masjid adalah pada usia masih dini, yaitu dibiasakan sejak kecil. Sebuah peribahasa berbunyi: kecil teranja-anja, besar terbawa-bawa, sudah tua berubah tidak, yang artinya kebiasaan yang ditanamkan sejak kecil akan sukar diubah pada masa dewasa.  Jika sejak kecil anak sudah diajak sholat ke masjid, maka kebiasaan itu akan terbawa sampai dewasa. Jika sholat ke masjid tidak pernah ditanamkan sejak kecil, maka jangan harap jika sudah besar nanti mereka menjadi orang yang cinta ke masjid.

Jadi, mengapa harus merasa repot ketika anakmu yang masih balita merengek-rengek ikut kamu ke masjid? Kerepotan itu akan berbuah manis ketika dia dewasa kelak. Mumpung anakmu masih kecil dan sebelum ada rasa penyesalan pada kemudian hari.

Pos ini dipublikasikan di Agama. Tandai permalink.

7 Balasan ke Ketika Anak Merengek Ikut ke Masjid

  1. kusnanto berkata:

    Alhamdulillah saat ini aku juga sedang mengalami nya, anak perempuan berumur dua tahun kurang sedikit selalu merengek minta/ ngajak ke masjid di saat mendengar kumandang adzan, ya walaupun agak bersusah payah+ harus dikenakan pemper tp tetap aku lakukan, dgn alasan seperti tulisan di atas.

  2. Bener bgt, emang hal2 positif haruslah dilakukakn sedini mgkn, agar terbiasa hingga remaja lalu dewasa

  3. Andik Taufiq berkata:

    Wah, kok temanya mirip ya. Kebetulan saya sedang menuliskannya sebagai draft di blog saya, Pak Rin. Gambar referensinya jg sama lagi.🙂

  4. bhara berkata:

    kok makin jarang posting, lagi sibuk ya pak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s