Makan Siang di RM Padang Bu Mus, Buah Batu Bandung

Di Jalan Buah Batu  Bandung ada sebuah rumah makan padang yang sangat enak rasanya. Namanya Rumah Makan Padang Bu Mus. Kalau lewat jalan Buah Batu, saya selalu singgah di sini untuk makan siang atau sekedar dibungkus saja. Rumah makan ini dulu dikenal dengan nama rumah makan kapau, ada yang mengatakan Bu Mus ini masih punya hubungan saudara dengan Uni Lis yang berjualan nasi kapau di Pasar Bawah, Bukittinggi.

bumus1

Apa yang menarik dari rumah makan padang Bu Mus ini? Bukankah rumah makan padang ada di mana-mana dan menunya hampir seragam? Yang membedakan setiap rumah makan padang dengan rumah makan Padang lainnya adalah rasanya dan variasi masakannya. Di RM Bu Mus kita menemukan masakan rumahan yang jarang ditemukan di rumah padang lain, misalnya sayur anyang, goreng teri kentang balado, goreng jengkol, goreng terung cabe hijau, dan masih banyak lagi. Tentu saja masakan wajib seperti rendang, ayam goreng, gulai kepala ikan kakap, gulai nangka, gulai hati,  goreng ikan balado pasti ada. Di bawah ini foto-foto penampakan masakan di RM Bu Mus itu. Hmmmslurp… masakannya yang berwarna-warni sangat menggugah selera.

bumus5

bumus3

bumus4

Menurut saya yang beberapa kali makan di sana, masakan khas RM Bu Mus adalah gulai ikan tauco. Gulai ikan tauco ini berupa goreng ikan tenggiri di dalam kuah santan berisi irisan cabe hijau dengan saus tauco. Masakan kampung seperti ini sangat jarang ditemukan di rumah makan lain. Saya sangat menggemarinya karena sejak kecil memang suka dengan gulai tauco masakan almarhum ibu.

Soal harga di rumah makan ini memang relatif agak mahal. Sebagai perbandingan, saya membeli nasi bungkus dengan gulai ikan tauco ini harganya Rp22.000. Meski agak mahal, tetapi rumah makan ini banyak pelanggannya, tadi siang ketika membeli di sini seluruh meja makan penuh dengan pengunjung yang sedang makan. Masakan padang (lebih tepatnya masakan minang) memang sudah terkenal enak sejak dulu kala. Mau coba?

Pos ini dipublikasikan di Makanan enak. Tandai permalink.

7 Balasan ke Makan Siang di RM Padang Bu Mus, Buah Batu Bandung

  1. reza aprilda berkata:

    mungkin kalau kebandung lagi, bisa dicoba rumah makan mari dicubo, lokasinya tidak jauh dari stasiun bandung.

  2. bhara berkata:

    jd laper nih.. hhmm..

  3. muljana berkata:

    harus mencobanya nanti siang, terima kasih info nya

  4. Michael berkata:

    Pak Rinaldi,

    Saya mau tau resepnya bapak kok bisa tetap langsing padahal hobinya makan makanan Minang ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s