Iklan TV Penanda Bulan Puasa

Untuk mengetahui apakah bulan puasa Ramadhan sudah dekat kita tidak perlu lihat-lihat tanggal. Lihat saja di televisi, apakah sudah muncul dua iklan berikut: iklan sarung Atlas dan iklan sirup Marjan. Sejak dua minggu lalu iklan sarung Atlas dan iklan sirup Marjan sudah wara-wiri di televisi. Kedua iklan ini merupakan penanda bahwa bulan puasa akan segera tiba. Setiap kali jingle iklan ini muncul di TV maka segera terbayang suasana Ramadhan di Indonesia.

Sarung dan sirup adalah dua buah barang yang banyak beredar pada bulan puasa. Orang muslim Indonesia sudah terbiasa menggunakan kain sarung untuk sholat. Sarung sudah menjadi budaya khas orang Melayu. Kaum santri dan nahdliyin menjadikan sarung sebagai ikon sehingga mereka sering disebut kaum sarungan. Sebenarnya budaya sarung tidak hanya ada di tanah Melayu (Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand Selatan), warga Myanmar pun menjadikan sarung sebagai busana resmi sehari-hari. Mereka menyebutnya longyi. Meskipun sarung bukan simbol agama atau busana muslim (orang Arab sendiri tidak mengenal sarung), namun karena kegunaannya lebih banyak untuk sholat, maka sarung (dan juga peci) sudah terlanjur identik dengan alat perlengkapan sholat.

Maka, menjelang bulan puasa, produsen sarung jor-joran mengiklankan produknya di televisi. Dari sekian banyak merek sarung, maka sarung merek Atlas yang dibintangi Deddy Mizwar itu yang melekat dalam benak orang. Iklan sarung Atlas hanya muncul menjelang puasa, selama bulan puasa, dan hari-hari sesudah lebaran. Pada hari-hari biasa ia tidak pernah tampil di televisi.

Selain sarung, maka sirup menjadi produk yang paling laris selama bulan puasa, terutama pada Hari Raya Lebaran. Orang Indonesia senang berbuka dengan yang manis-manis. Minum sirup manis pada waktu berbuka atau pada hari raya menjadi hal yang umum Menjelang lebaran botol-botol sirup berjejer demikian banyaknya di supermarket dan pasar swalayan. Ia merupakan produk yang dicari untuk bingkisan dan parsel.

Dari sekian banyak produk sirup, maka sirup Marjan sudah punya nama tersendiri. Dari namanya yang terkesan kearab-arab, varian rasanya yang macam-macam, dan terutama iklannya di TV yang selalu muncul menjelang bulan puasa. Maka, jika iklan sirup Marjan sudah tayang di TV, itu artinya bulan puasa sebentar lagi tiba. Setelah lebaran iklan ini akan menghilang dan akan muncul lagi pada tahun depan.

Jadi, tidak  sulit mengetahui datangnya tanda-tanda bulan puasa. Lihat saja apakah iklan kedua produk itu sudah muncul di TV. Sederhana sekali.🙂

Marhaban ya Ramadhan yang akan tiba sebentar lagi.

Pos ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

3 Balasan ke Iklan TV Penanda Bulan Puasa

  1. Ismail Hasan berkata:

    iya mas,. sudah kangen sama suasana bulan ramadhan🙂

  2. Apihyayan berkata:

    hehe, betul juga ya pak, kedua produk tersebut sering muncul di iklan televisi sekarang.

  3. Zainum Hamad berkata:

    Aslamialaikum semua warga muslim seantero Melayu.. Kalau di TV Malaysia mungkin Kurma Yussof Taiyob dan juga Siri kulinari di TV akan di iklan kan. spt. Rancangan Ketuk ketuk Ramadhan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s