Ali

Muhammad Ali. Siapapun tahu nama itu. Dia seorang petinju legendaris dunia dalam sejarah manusia abad modern. Sosok Ali menjadi terkenal semata-mata bukan karena prestasi tinjunya yang mengkanvaskan lawan-lawannya saja. Dia begitu populer setelah menjadi muslim pada tahun 1975. Mungkin setelah dia masuk Islam itu citra Islam mulai meningkat di Amerika Serikat. Berkat Ali maka orang Amerika mengenal Islam. Ali juga menjadi inspirasi bagi warga kulit hitam di Amerika yang sering mengalami diskriminasi. Berkat Ali pula warga kulit hitam terangkat harga dirinya.

Ali

Muhammad Ali sedang berdoa setelah sholat

Ali dicintai banyak orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Saya ingat ketika kecil dulu, setiap kali siaran langsung pertandingan tinju Muhammad Ali disiarkan oleh TVRI, jalan-jalan menjadi lengang. Hampir semua orang duduk menyimak siaran televisi. Saat Ali berhasil memukul KO lawannya, orang-orang berteriak senang. Namun, ketika Ali jatuh tersungkur di-KO lawannya, banyak orang menangis, seakan-akan mereka tidak menerima Muhammad Ali kalah.

Sebuah lagu yang menjadi hits pernah dipersembahkan untuk Muhammad Ali, sebagai lagu tema untuk film The Greatest yang menceritakan biografi Muhammad Ali. Lagu yang berjudul The Greatest Love of All dinyanyikan oleh penyanyi Whitney Houston.

(jika ingin video yang ada lirik lagunya, silakan klik video ini)

Sosoknya yang penuh kontroversi dan penuh drama, mulutnya yang selalu sesumbar mengalahkan lawannya (sehingga dia dijuluki “si mulut besar”), keputusannya menolak dikirim ke medan perang di Vietnam, pilihannya menjadi muslim, dan penyakit parkinson yang membuatnya semakin lemah, telah membuat dunia bersimpati kepada Ali. Maka, kabar kematiannya pada tanggal 4 Juni 2016, setelah berjuang melawan penyakit parkinson yang sudah lama dideritanya, membuat dunia menangis. Tidak hanya warga AS yang berkabung,  tetapi saya kira hampir seluruh warga dunia.

Inna lillaahi wa inna ilaihi raajiun. Allaahummaghfirlahu warhamhu wa’afihii wa’fu ‘anhu waj’alil jannata matswaahu.

Selamat jalan Ali menuju Sang Khalik.

Pos ini dipublikasikan di Dunia oh Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s