Jangan menawar harga dari pedagang kecil semacam ini

Kalau  berbelanja di supermarket atau toko swalayan, kita tidak pernah bisa menawar harga. Harga barang sudah pasti, tidak bisa dikurangi lagi. Tetapi, jika kita berbelanja di pasar tradisionil, maka tawar menawar harga merupakan seni berbelanja. Kepandaian mendapat harga lebih murah bergantung pada kemampuan pembeli menawar harga. Kaum perempuan umumnya pandai menawar harga, sedemikian alotnya sehingga jika berhasil mendapat harga lebih murah, maka ada kepuasa tersendiri bagi mereka.

Namun, tidak selamanya kita harus menawar harga barang kepada pedagang tradisionil. Lihat-lihat dululah keadaan pedagangnya. Bagi pedagang kecil, pedagang yang sudah tua, pedagang yang tampak kepayahan, pedagang yang  dagangannya kurang laku, atau pedagang yang hanya mendapat keuntungan sedikit dari barang yang dijualnya, tidak usahlah kita menawar harga barangnya. Beli sajalah sesuai harganya, kalau perlu dilebihkan. Jika pun menawar, tawarlah dengan harga yang wajar. Mudah-mudahan ini menjadi amal sholeh. Sungguh miris jika kita masih menawar harga serendah mungkin kepada pedagang semacam di atas, sementara berbelanja di pasar modern kita tidak pernah menawar harga.

Mengapa kita tidak usah menawar harga barang dari pedagang kecil semacam yang saya sebut di atas? Bagi mereka uang sekecil apapun sangatlah berarti. Anak dan istrinya mungkin sedang sakit sehingga membutuhkan uang. Ketika kita menawar barangnya terlalu murah, boleh jadi mereka melepaskan barang jualannya karena terpaksa. Terpaksa butuh uang daripada tidak laku sama sekali, seperti kisah ini yang cukup banyak dibagi oleh netizen.

Di bulan Ramadhan ini mari kita perbanyak amal sholeh dengan membantu orang-orang kecil tersebut. Tidak usah berburuk sangka bahwa mereka mencari untung banyak. Dengan membeli dagangan mereka seharga yang layak, kita telah membantu kehidupan mereka.

Pos ini dipublikasikan di Renunganku. Tandai permalink.

3 Balasan ke Jangan menawar harga dari pedagang kecil semacam ini

  1. anjarmuslim21 berkata:

    bener banget bro, setuju banget gua sama postingan lu ini, kita jangan nawar mulu klo belanja

  2. Ismail Hasan berkata:

    kalau di pasar tradisional biasanya pedagang memang pasang harga agak tinggi. biasanya saya ngga mau repot, cuma bilang bisa kurang pak? dan bapaknya pun akan memberikan harga pas, menurunkan harga sesuai harga normal pasar.

  3. h.sutisna djaharudin berkata:

    saya setuju sekali bahwa semua tulisan adalah opini Anda, ada yang saya setuju dan juga tidak, tetapi bukan itu permasalahannya, yang jelas Anda telah membagi ilmu dan pengalaman dan sedikit banyak telah memberikan suatu inspirasi bagi saya khususnya serta mengamini opini-opini Anda tersebut, selamat berkarya dan membagi pengalaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s