Merdu dan syahdunya suara Muzammil Hasballah

Di awal Ramadhan hingga hari ini masyarakat muslim Indonesia dibuat terpesona dengan video yang berisi lantunan suara Muzammil Hasballah ketika mengimami sholat Maghrib dan Isya di Masjid Al-Lathif Bandung bulan Maret 2016.  Anda mungkin sudah pernah melihat beritanya di TV atau membaca profilnya dari berita daring. Kalau belum tahu, sila klik salah satu videonya di Youtube di bawah ini. Video Muzammil menyebar secara viral di dunia maya.

Muzammil Hasballah dulunya adalah mahasiswa Arsitektur ITB angkatan tahun 2011 yang berasal dari Aceh (sekarang sudah lulus). Suara Muzammil Hasballah ketika melantunkan bacaan sholat terdengar merdu dan syahdu sekali, enak didengar telinga. Suaranya mirip dengan suara Mishari Rasyid, qori asal Kuwait yang terkenal itu.

Kalau video di bawah ini adalah bacaan Surat Ar-Rahman full. Perhatikan pada menit 00.52 ada bayangan sekelabat di belakang jamaah. Jin Islam kah itu? Wallahu alam bissawab.

Saya tidak mengenal mahasiswa ini secara pribadi, juga belum pernah bertemu muka, namun saya pernah menjadi jamaah sholat di Masjid Salman ITB dengan dia sebagai imam sholatnya. Muzammil saya dengar adalah aktivis Masjid Salman ITB semasa kuliahnya. Ketika dia mengimami sholat, bacaan surat Alfatihah dan surat pendek lainnya terdengar sangat indah dan menggetarkan hati. Rasanya tidak akan “bosan” seandainya pun dia membaca surat yang panjang-panjang atau bahkan satu juz dalam sekali sholat. Video di bawah ini adalah ketika dia mengimami sholat Tarawih di Masjid Salman ITB tahun 2014, yaitu dua tahun sebelum video yang paling atas menjadi viral.

 

Dalam pandangan saya Muzammil bagaikan seorang hafidz yang sedang membaca Al-quran dengan indahnya. Mungkin kita perlu menunggu rekaman suaranya dalam format MP3 untuk seluruh surat di dalam Al-quran.🙂

Jarang-jarang ada orang dikaruniai suara indah seperti Muzammil. Sekarang mungkin dia sedang laris diminta untuk mengimami sholat di berbagai masjid. Mungkin pula Muzammil  menjadi calon menantu idaman para orangtua yang memiliki anak gadis🙂. Semoga Muzammil tetap rendah hati setelah menjadi seorang yang terkenal, jangan sampai terperosok dalam puja-puji yang dapat membuat riya. Amiin.

Pos ini dipublikasikan di Agama, Seputar Bandung. Tandai permalink.

3 Balasan ke Merdu dan syahdunya suara Muzammil Hasballah

  1. Sekar berkata:

    maasya Allah.. tartil ya bacaannya. beliau memang belum hafidz ya mbak?

  2. aldi berkata:

    Saya lebih suka imam yg iramanya simpel, jelas, tegas tanpa mendayu-dayu yg kadang bikin ngantuk.

  3. Dian berkata:

    jangan dimasukan opini jin jin gitu lah…. -___-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s