Mengurus Negara Seperti Mengurus RT?

Bagaimana ya menggambarkan kejadian kemarin? Menteri ESDM yang baru, Arcandra Tahar, yang baru saja dilantik tiga minggu lalu, kemarin diberhentikan karena masalah kewarganegaraan. Dia memiliki paspor ganda, paspor RI dan USA. Ketika Arcandra mempunyai paspor USA, maka otomatis status kewarganegaraan WNI-nya hilang, sebab negara RI tidak menganut sistem dwi-kewarganegaraan. Ini artinya selama dua puluh satu hari negara besar RI memiliki menteri seorang warga negara asing. Bahkan, seorang pengamat mengatakan Arcandra sudah tidak punya warganegara lagi sejak mejabat Menteri ESDM.

Siapa yang salah? Mengapa Pemerintah begitu lalai dalam urusan administrasi yang sangat vital ini? Ini kedua kalinya Pak Presiden Jokowi melakukan kesalahan administrasi yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Kesalahan pertama dulu adalah pada kasus yang dikenal dengan I don’t read what I sign. Jokowi membatalkan Kepres yang baru saja dia tanda tangani berkaitan dengan kanaikan tunjangan pembelian mobil buat pejabat, dengan alasan dia tidak mungkin memeriksa satu per satu halaman yang dia tandatangani.

Kita kasihan kepada Arcandra yang menjadi korban kesalahan administrasi penyelenggara negara (anehnya, Pemerintah tidak mau mengakui disebut kebobolan), meskipun dari sisi dirinya juga ada unsur kesalahan karena tidak memberikan informasi yang jujur sebelum dilantik menjadi Menteri bahwa dia memiliki paspor USA selain paspor Indonesia. Tetapi, kita sebenarnya lebih kasihan kepada rakyat Indonesia yang menjadi “korban” dari orang-orang yang mengurus negara ini dengan gaya amatiran.

Satu keputusan dibuat lalu dibatalkan dengan mudahnya. Hey, apakah ini mengurus negara atau  mengurus RT? Jangan-jangan Presiden kita memang tidak punya kapabilitas mengurus negara yang besar ini. Maaf!

Pos ini dipublikasikan di Indonesiaku. Tandai permalink.

6 Balasan ke Mengurus Negara Seperti Mengurus RT?

  1. bhara berkata:

    alangkah lucunya (negeri ini).. mari kita dukung dan sukseskan revolusi cacat mental dan program nawacitra.. semoga negeri ini semakin jaya.. MERDEKAAAA…!!!??

  2. ardiologi berkata:

    saya ngebayangin grup wa kabinet kerja agak berisik pasca AT left grup
    😀

    • admin berkata:

      sementara menteri2 yang keluar dari kabinet seperti anies, jonan dan sudirman said pun bikin grup WA dan pasti pada tertawa. tertawa terhadap sekolah full day, tertawa terhadap terminal 3 soetta yang hancur, tertawa terhadap kewarganegaraan…

  3. aldi berkata:

    Salah kita jg, padahal sblm pemilu udh diingatin sm wakilnya kl dia yg kepilih bisa hancur indonesia, kejadian deh, maak..

  4. Bukan jangan-jangan lagi pak rinaldi, sudah terbukti sejak kampanye dulu.. Cuma karena banyaknya teman-teman kita yang dibodohi karena ketidaktahuannya (tertipu bacanya) dan campur tangan pihak-pihak yang berkepentingan, makanya si calon yang kapabilitasnya mungkin masih walikota bisa jadi RI 1.. bersabarlah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s