Pak Jokowi, Masih Ingatkah Bapak dengan Ucapan ini?

Di DKI Jakarta, berita penggusuran pemukiman-pemukiman kumuh yang dilakukan oleh Pemprov DKI,  mengingatkan saya pada curhat Pak Presiden Joko Widodo, ketika masa kampanye PilGub DKI beberapa tahun lalu. Jokowi menceritakan pengalaman pribadinya betapa sakitnya menjadi korban penggusuran.

“Saya ingat masih SD. Kami punya tempat tinggal kemudian digusur. Tahun 70-an. Tidak dapat ganti rugi. Itu sangat membekas di ingatan saya. Bahwa.. yang namanya tergusur itu sangat sakit sekali. Sangat sakit sekali”

Jokowi kemudian melanjutkan:

“Ingat ya di UUD 45 kita jelas bahwa pemerintah dan negara itu melindungi rakyatnya. Disitu jelas sekali tercantum. Tapi yang terjadi.. pemerintah malah seperti ini. Ini kekeliruan. Sudah melanggar undang undang menurut saya.”

gusur

Videonya masih tersimpan baik di sini:

Sekarang, setelah Pak Jokowi duduk nyaman menjadi Presiden, setelah sebelumnya menjadi Gubernur DKI, kemudian melihat penggusuran demi penggusuran yang bertubi-tubi di Ibukota yang dilakukan oleh Wakil Gubernurnya dulu (yang sekarang menjadi Gubernur DKI), bagaimana ya perasaannya? Masihkah dia  ingat dengan kata-kata yang pernah diucapkannya itu? Masihkah dia merasakan rasa  sakit para korban penggusuran? Semoga Pak Jokowi tidak lupa.

Tulisan ini sekadar untuk mengingatkan Pak Jokowi, bahwa mereka yang tergusur itu dulu memilih Bapak menjadi Gubernur dan menjadi Presiden.

Salam saya buat Pak Presiden!

Pos ini dipublikasikan di Indonesiaku. Tandai permalink.

7 Balasan ke Pak Jokowi, Masih Ingatkah Bapak dengan Ucapan ini?

  1. Ronny Setiawan berkata:

    Bukan digusur,pak jokowi justru hendak memulikan masyarakatnya melalui relokasi

  2. Adi Setiadi berkata:

    sudah lupa pak Jokowi…

  3. kodok berkata:

    jokowi: “maaf nak, saya sdh tdk ingat lagi smua itu, saya benar2 sudah lupa.. bahkan org tua saya sendiri sudah tdk saya ingat lagi entah siapa.. yg saya ingat saya hanya seorang petugas partai…”

Tinggalkan Balasan

