Anak-anak Pemburu Telolet. Telolet itu Palindrom!

Tiba-tiba saja deman telolet menjadi fenomena dan viral di  dunia maya dengan tagar #OmTeloletOm. Awalnya fenomena telolet itu berasal dari kebiasaan anak-anak yang berburu suara klakson bus yang berbunyi khas. Suara klakson itu terdengar seperti “telolet…telolet..telolet…”. Mereka meminta bus-bus yang lewat untuk membunyikan suara klakson telolet. Suara telolet tersebut direkam oleh anak-anak itu dengan menggunakan ponsel. Koleksi suara-suara telolet itulah yang membuat anak-anak ketagihan sehingga mereka setiap sore berdiri di pinggir jalan raya untuk berburu suara telolet.(Baca: Sopir Ungkap Rahasia Klakson Bus Bisa Berbunyi ‘Telolet’). Ini videonya:

Demam telolet juga merambah ke orang-orang dewasa dengan memasang kertas bertuliskan “Om Telolet Om” di sepanjang jalan yang dilalui bus  hingga akhirnya menjadi fenomenal dan viral di media sosial. Demam telolet membawa kesenangan dan kebahagian tersendiri bagi orang-orang. Bahagia itu ternyata sederhana ya. (Baca:Ini Cerita Bus ‘Telolet’ Saat Berada di Jalan)

Atau video yang ini:

Menyaksikan anak-anak yang berburu telolet mengingatkan saya pada masa kanak-kanak. Telolet bukan hal yang baru, ia sudah digemari sejak dulu. Anak-anak suka mendengar suara klakson bus yang berbunyi telolet. Saya pun juga begitu. Dulu bus-bus di sepanjang jalan Lintas Sumatera membunyikan klakson telolet yang khas itu. Sebut saja bus ALS, ANS, IPS,  Sibual-buali, Bintang Kejora, dan lain-lain. Anak-anak  berdiri di sepanjang jalan menunggu bus-bus yang lewat. Supir-supir bus merasa terhormat disambut anak-anak yang melambai-lambai sepanjang jalan. Sebagai bentuk penghargaan kepada anak-anak itu, supir bus membunyikan suara klakson telolet sebagai tanda menyapa anak-anak itu. Anak-anak pun bersorak kegirangan.

ans

Bus ANS tahun 70-80-an

Sekarang telolet telah mendunia. Telolet adalah sebuah ungkapan yang istimewa, sebab kata  TELOLET jika dibaca dari depan dan dari belakang bunyinya teap sama yaitu TELOLET. Di dalam teori lingustik hal ini dikenal sebagai bentuk palindrome. Contoh kata atau kalimat lain yang palindrom adalah KATAK, MALAM, NABABAN, KASUR RUSAK, dan lain-lain. Jadi, jika sekarang sedang ramai istilah “OM TELOLET OM” maka ia menjadi palindrom pula jika ditulis “MO TELOLET OM” yang artinya mau telolet om. 🙂

Pos ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

2 Balasan ke Anak-anak Pemburu Telolet. Telolet itu Palindrom!

  1. Bang Ardin berkata:

    Oh iya betul telolet = telolet *mindblown

  2. Abe berkata:

    Setelah di teliti video di Utube baru aku faham apa itu TELOLE… Meriah juga tapi agak bahaya pada kanak kanak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s