Rahasia Sehat dan Umur Panjang PM Mahathir Muhammad

Pilihan Raya (Pemilu) Malaysia minggu lalu menarik perhatian publik di tanah air. Pasalnya Pilihan Raya tersebut menghantarkan Mahathir Muhammad terpilih kembali menjadi Perdana Menteri (PM) Malaysia, menumbangkan PM petahana Najib Razak yang telah berkuasa sejak tahun 2009. Mahathir dulu pernah menjadi PM beberapa periode,  cukup lama juga dari 1981 sampai 2009. Di bawah kepemimpinannya Malaysia tampil menjadi salah satu harimau Asia dengan pertumbuhan ekonominya yang mengagumkan. Setelah Mahathir turun dari PM, maka kepemimpinannya dilanjutkan oleh Najib Razak. Mahathir tampil kembali ke gelanggang politik untuk menumbangkan Najib Razak yang dulu adalah anak didiknya. Di Malaysia memang dimungkinkan kembali mantan PM mencalonkan diri kembali menjadi PM. Di Indonesia bukannya tidak boleh mantan presiden mencalonkan diri kembali menjadi presiden, UU tidak melarang, tetapi memang belum pernah ada kejadiannya.

mahathir

Mahathir Muhammad

Nah, yang menarik publik Indonesia bukanlah sekedar keberhasilan Mahathir Muhammad menjadi PM Malaysia kembali, tetapi faktor usianya. Mahathir saat ini berusia 92 tahun, usia yang sangat aki-aki kalau di Indonesia. Dengan uisia 92 tahun tersebut Mahathir menjadi pemimpin tertua di dunia. Meski usia sudah aki-aki, tetapi Mahathir Muhammad terlihat masih bugar dan sehat. Otaknya belum pikun, cara berbicaranya masih lantang.

Saya cukup kagum dengan umur panjang Mahathir. Dia bisa tampil prima sampai usia di atas kepala sembilan. Saya pernah diceritakan teman dari Malaysia, usia pensiun pegawai di Malaysia adalah 55 tahun, bandingkan kalau di Indonesia usia pensiun PNS adalah 58 tahun.  Pendeknya usia pensiun ini karena rata-rata usia hidup orang Malaysia sekarang mulai menurun, banyak orang Malaysia terkena penyakit diabetes dan stroke karena pola hidup yang kurang sehat, tuturnya.  Pak Mahathir mungkin adalah pengecualiannya.

Lalu, apa rahasia bugar Mahathir Muhammad? Dikutip dari berita ini: Jadi PM Malaysia Usia 92 Tahun, Ini Rahasia Bugar Mahathir, ternyata:

“Rahasianya? Tidak makan berlebihan,” kata Mahathir.

Kesehatannya, diimbangi pula dengan berat badan yang dijaga di Kisaran 62 kilogram (kg) sampai 64 kg selama tiga dekade terakhir.

Pria yang lahir pada Juli ini menegaskan, kunci kesehatannya yakni tidak merokok, tidak minum alkohol, serta tidak makan terlalu banyak. Ia makan secukupnya sesuai kebutuhan kalori.

“Ada kecenderungan bagi orang-orang di atas usia tertentu untuk menjadi gemuk. Mereka memiliki perut besar untuk memuaskan diri mereka, mereka minum dan makan berlebihan yang menempatkan beban pada hati mereka,” tuturnya.

Jadi, rahasia sehat Mahathir Muhammad hingga usianya sudah 92 tahun adalah makan tidak berlebihan, tidak merokok, tidak minum alkohol, dan selalu menjaga berat badan ideal. Selain itu saya membaca kalau Mahathir Muhammad rajin berjalan kaki setiap hari.

Nah, memang pola makan adalah nomor satu agar tetap sehat. Makan itu sebenarnya boleh apa saja, tetapi yang tidak boleh adalah berlebih-lebihan. Makan secukupnya saja, yang berlebih-lebihan itu menjadi penyakit.  Penyakit–penyakit modern seperti darah tinggi, stroke, sakit jantung, diabetes, gagal ginjanl, dan sebagainya, antara lain disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat atau makan yang terlalu banyak (berlebihan). Tubuh kita mempunyai kapasitasnya sendiri, jika ia diisi dengan makanan yang berlebihan, maka tubuh tidak mampu mengolah semuanya. Kelebihan nutrisi ditimbun menjadi lemak. Lemak yang menumpuk inilah yang menjadi sumber penyakit. Hal ini ditambah lagi dengan kebiasan orang modern yang kurang gerak. Klop deh menjadi penyakit di badan.

Rahasia sehat PM Mahathir Muhammad perlu kita contoh.

Pos ini dipublikasikan di Dunia oh Dunia. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.