Jamu Tol*k An*in, Obat Sapu Jagat

Di rumah saya selalu menyediakan jamu Tol*k Ang*n (sengaja saya samarkan namanya supaya tidak dianggap iklan). Jika saya masuk angin, perut kembung, badan hangat, nggak enak badan, pusing, segera saya minum itu jamu. Alhamdulillah ampuh. Tidak lama kemudian badan saya enakan lagi. Obat sapu jagat, begitu sebutan untuk jamu itu, karena dapat digunakan untuk macam-macam keluhan sakit yang saya sebutkan di atas. Padahal bahan bakunya hanya jahe dan madu tetapi komposisinya pas. Memang jahe itulah zat aktifnya yang membuat badan terasa enak. Ditambah lagi dengan madu yang sudah disebutkan di dalam Al-Quran sebagai obat  dari segala obat.

Saya punya pengalaman tidak terlupakan dengan jamu tersebut. Pernah waktu saya naik haji tahun lalu, dalam perjalanan dari Masjid Bir Ali menuju Mekah untuk umrah, saya masih berpakaian ihram, hanya dua lembar kain itu yang saya pakai, tanpa pakaian dalam. Badan dan perut sedikit terbuka. Bus pakai AC. Dingin sekali. Kalau sudah seperti itu kondisinya gampanglah saya masuk angin. Perut saya kembung dan keras. Masuk angin. Di dalam bus yg melaju di jalan tol perut saya melilit sakit. Saya meringis menahan sakit. Mau berhenti tidak tahu kapan berhenti itu bus. Mekkah masih jauh. Lima jam lagi.

Bus akhirnya berhenti di sebuah rest area. Jangan bayangkan seperti rest area di Indonesia. Kecil saja. Saya cari warung atau toko yang menjual jamu Tol*k Ang*n di sana. Tidak ada. Saya lupa ini bukan di Indonesia yang segalanya ada. Melihat saya yang kebingungan, pak ustad pembimbing haji bertanya, mau beli apa. Saya jawab jamu tersebut. Oh, saya bawa, katanya. Diberinya saya satu. Segera saya minum. Beberapa menit kemudian saya mulai buang angin berturut-turut. Perut saya kempes dan enakan lagi.

Sejak kejadian di Mekkah tsb saya selalu sedia jamu Tol*k Ang*n di rumah maupun kalau bepergian ke luar kota. Di dalam tas saya selalu saya sediakan jamu tersebut. Pernah saya coba merek yang lain lagi karena di warung kosong, tetapi tidak cocok. Jadi kembali lagi ke jamu yang itu. Tadi siang anak saya masuk angin dan muntah-muntah, setelah minum jam Tol*k Ang*n badannya jadi segar lagi.

Nenek moyang kita yang menemukan jamu memang hebat ya.

Pos ini dipublikasikan di Pengalamanku. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Jamu Tol*k An*in, Obat Sapu Jagat

  1. Ismail berkata:

    Sama,saya selalu minum jamu itu.Langsung dari sasetnya.Sangat membantu ketika tubuh sedang tidak fit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.