Hoaks WhatsApp dan Ciri-cirinya

Berbahagialah orang yang tidak punya media sosial seperti Facebook, Instagram, twitter, atau aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, Telegram, MeChat, atau yang sejenis itulah. Mereka tidak terpapar gambar atau tulisan hoaks yang setiap hari masuk ke ponsel mereka, ke kamar tidur mereka, ke ruang-ruang privasi mereka. Selama Pemilu dan Pilpres  2019 kemarin saja misalnya, tidak terhitung tulisan dan gambar hoaks wara-wiri berseliweran masuk ke dalam ponsel kita. Parahnya lagi, masyarakat kita mudah percaya dan mudah terhasut oleh gambar dan tulisan palsu itu.

Umat manusia pada zaman digital sekarang suka mem-posting sesuatu  secara cepat ke medsos tanpa mikir, tanpa cek dan ricek terlebih dahulu apakah posting-an tersebut benar atau hoaks.  Mungkin karena terdorong rasa peduli atau sekedar berbagi informasi atau mungkin  ingin menjadi orang yang pertama mengabarkannya ke kolega, maka mudah saja bagi seorang sekali tekan tombol, share deh. Sedihnya, sebagian orang yang membacanya langsung  percaya begitu saja lalu bertindak sama dengan menyebarkannya  lagi ke media sosial lain. Viral deh. Kalau benar sih nggak apa-apa, tapi kalau hoaks, coba hitung berapa banyak orang yang sudah percaya sesuatu yang bohong namun diyakini kebenarannya.

WhatsApp (WA) merupakan aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan  oleh warganet di dunia, sekaligus media yang paling banyak pula digunakan untuk mengirim posting-an hoaks. Setiap pengguna WA umumnya memiliki grup percakapan lebih dari satu. Grup teman sekolah, grup teman kerja, grup keluarga, macam-macamlah. Di RT saya warga kami juga memiliki grup WA untuk berbagi kabar maupun sekedar sharing, jualan barang, atau diskusi apa saja. Nah, sangat sering warga mendapat posting-an dari seseorang atau dari grup lain lalu tanpa memverifikasi kebenarannya langsung share ke grup RT.

Dari pengalaman saya membaca posting-an hoaks, maka saya dapat dengan mudah mengindikasikan ini hoaks atau bukan.  Biasanya pada bagian akhir tulisan hoaks ada kata-kata seperti sebarkan, share, viralkan, forward-kan, dan lain-lain yang semakna. Nah, kalau sudah minta sebarkan, dapat diduga kuat informasi yang disampaikan diragukan kebenarannya.  Kalau memang bukan hoaks mengapa harus meminta orang lain untuk menyebarkan kalau tujuanya bukan untuk membuat ramai.  Saya membuat kesimpulan sederhana bahwa sebuah posting-an menyebar via WA dapat diindikasikan hoaks jika ciri-cirinya  adalah salah satu  (dua atau tiga juga boleh) dari berikut ini:

  1.  Mencatut nama orang lain, nama tokoh, atau nama pejabat. Tujuannya adalah untuk menguatkan bahwa posting-an tersebut dibenarkan atau berasal dari orang tersebut.
  2. Isinya provokatif untuk menimbulkan ketakutan, kepanikan, keresahan, dan rasa was-was.
  3.  Isinya mengandung unsur kebencian kepada suatu etnis, kelompok, agama, dan golongan. Tujuannya adalah untuk mengadu domba antar masyarakat.
  4.  Tulisan-tulisan tentang amal keagamaan yang sangat ringan namun memperoleh ganjaran pahala yang sangat besar, didukung oleh hadis-hadis palsu.
  5. Tulisan tentang manfaat tumbuhan tertentu dapat mengobati penyakit parah seperti kanker, stroke, diabetes, dll, padahal belum teruji secara medis.
  6. Nah, ciri utama adalah pada bagian akhir posting-an terdapat tulisan share, bagikan, sebarkan, viralkan, forward-kan, dan sejenisnya. Tujuannya adalah untuk membuat posting-an tersebut menjadi viral.

Jika anda mendapat pesan di WA dengan ciri-ciri seperti di atas, jangan ikut menyebarkan. Hapus saja. Kemungkinan besar pesan tersebut hoaks.

Cara lain untuk memverifikasi apakah posting-an di WA adalah hoaks  adalah dengan meng-copy paste tulisan tersebut ke halaman pencarian di Google, nanti anda akan menemukan beberapa laman web yang yang memverifikasi kebenarannya. Cara ini yang sering saya gunakan untuk memverifikasi kebenaran posting-an di WA. Situs-situs cek hoaks di Internet misalnya https://turnbackhoax.id, https://stophoax.id/, http://cekhoaxataufakta.blogspot.com, dan banyak lagi, termasuk situs di Kemkominfo.

Di bawah ini saya copas beberapa posting-an yang menyebar via WA yang merupakan tulisan hoaks. Pada bagian akhir tulisan biasanya ada kata-kata sebarkan, share, bagikan, viralkan, dsb (saya cetak tebal).

Posting-an ke-1:

TV One baru saja mengeluarkan berita bahwa hacker sudah mulai masuk WA, mereka menempatkan video seks/porno, atau permintaan dana dg berbagai alasan memakai nama anda pada teman2 anda, tanpa anda mengetahuinya.
Anda tidak dapat melihatnya, namun orang lain bisa melihatnya se-olah2 anda yg mempublikasikannya. Jadi, jika anda menerima suatu video atau permintaan dana (barangkali atas nama saya), maka itu bukan saya, mohon konfirmasikan ke saya!!!
Ternyata hal ini sdh terjadi bbrp kasus dlm bbrp group wa. Waspadalah, jangan sampai terjadi pd akun anda. Terimakasih.

NB: Sebarkan berita ini, demi keamanan anda.
Terimakasih.

Tulisan di atas adalah hoaks. Mulanya ditulis Metro TV lalu diganti TV One.

https://turnbackhoax.id/2018/01/06/hoax-metro-tv-baru-saja-mengeluarkan-berita-bahwa-hacker-sudah-mulai-masuk-facebook-bbm-dan-wa/

Ini penjelasan lainnya tentang posting di atas adalah hoaks:
http://cekhoaxataufakta.blogspot.com/2018/02/hacker-sudah-membobol-wa.html?m=1

Posting-an ke-2:

TOLONG DIBACA DAN DISEBARKAN INFORMASI PENTING INI​
“Copy paste dari Bpk. Agus Susanto – Sat Narkoba Polres Kab. Tangerang”

Yang Punya
ANAK gadis,
ADIK perempuan,
KAKAK perempuan
atau ANDA sendiri dan
semua yang ​PEREMPUAN…..!!!​

informasi penting …..

Telah beredar sebuah obat baru yg bernama ​”Progesterex”​
Obat ini adalah pil kecil yg digunakan untuk mensterilisasi.
Obat ini sekarang dipakai oleh para pemerkosa pada :
~Perayaan pesta
~Pub, Discotique
~Perayaan Reuni dsbnya untuk memperkosa & mensterilisasi korbannya.

Progesterex dasarnya dijual di beberapa dokter hewan & toko binatang,& digunakan untuk hewan besar.
Obat tersebut biasanya digunakan bersamaan dengan Rohypnol (Roofies) semacam obat bius.
Pembeliannya harus menggunakan resep dokter.
Rohypnol ini semacam ​effervescent tablet​ yang cepat larut didalam air.
Pelaku hanya tinggal memasukan ​Rohypnol & Progesterex​ kedalam minuman & Korban tidak akan pernah ingat apa yang telah terjadi pada malam/pagi/siang/ sore itu & Progesterex akan membuat si wanitaTIDAK AKAN HAMIL
Hingga si pemerkosa akan tetap bebas berkeliaran.
Tetapi yang perlu diperhatikan, ​EFFECT PROGESTEREX GAK SEMENTARA​
Progesterex dibuat untuk mensterilkan kuda, jerapah & binatang besar lainnya.
Setiap wanita yang telah meminumnya ​TIDAK AKAN PERNAH MENGANDUNG LAGI SEUMUR HIDUPNYA.​

Kalau bisa dishare sekarang juga!!!
​”PEDULI PEREMPUAN”​

Harap Di Share juga ke teman2 dan saudara yang lain karena sangat bermanfaat !!!

NB : ​Jangan Pernah menerima minuman dari laki laki yg tidak dikenal dgn alasan ingin berkenalan, atau orang yg tdk dikenal dgn baik.​

Semoga bermanfaat.
Informasi dari :
​Mabes POLRI,​ ​DepKes dan DPP YPKMI​​( *Yayasan​ Peduli Kesehatan Masyarakat Indonesia )*

Posting-an di atas mencatut nama pejabat di Polri (Bpk. Agus Susanto – Sat Narkoba Polres Kab. Tangerang).  Penjelasan bahwa tulisan itu hoaks dapat dibaca pada berita di Detik.com ini: https://m.detik.com/news/berita/d-3454922/broadcast-soal-ngerinya-progesterex-obat-yang-dipakai-pemerkosa.

Posting-an ke-3:

Mulai Malam ini (Ba’da Maghrib sudah masuk 1 Shafar. Rasullullah Bersabda “Barang Siapa Yang Memberitahukan Berita 1 Safar Kepada Yang Lain, Maka Haram Api Neraka Baginya”. Dan berdzikirlah mengingat اَللّهُ … “Subhanallah, Walhamdulillah, Walaa ilaaha ilallah, Allahu-Akbar, laa haula wala quwata illa billahil aliyil adzim” Sebarkan!, Anda akan membuat beribu-ribu manusia berzikir kepada Allah SWT آمِّيْنَ آمِّيْنَ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ … Jangan putus di tangan anda. Sebarkanlah, tak sampai pun 1 minit.. اَللّهُ maha besar 

atau dalam redaksional yang lain:

Tepat Jam 12 Malam , datangnya 1 Safar. Rasullullah Bersabda “Barang Siapa Yang Memberitahukan Berita 1 Safar Kepada Yang Lain, Maka Haram Api Neraka Baginya”. Dan tolong baca sebentar aja kita berdzikir mengingat اَللّهُ … “Subhanallah, Walhamdulillah, Walaa ilaaha ilallah, Allahu-Akbar, laa haula wala quwata illa billahil aliyil adzim” Sebarkan!, Anda akan membuat beribu-ribu manusia berzikir kepada Allah SWT آمِّيْنَ آمِّيْنَ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Tulisan di atas hoax. Zikirnya sih benar dan baik kita lakukan, tetapi hadisnya palsu. Baca penjelasannya di sini:
http://www.konsultasislam.com/2015/11/tentang-bulan-safar.html?m=1

Saya kutip di sini:

Pertanyaan:
Mohon penjelasan hadist dr pesan berantai dibawah ini ustadz, Syukron.

Tepat Jam 12 Malam , datangnya 1 Safar. Rasullullah Bersabda “Barang Siapa Yang Memberitahukan Berita 1 Safar Kepada Yang Lain, Maka Haram Api Neraka Baginya”. Dan tolong baca sebentar aja kita berdzikir mengingat اَللّهُ … “Subhanallah, Walhamdulillah, Walaa ilaaha ilallah, Allahu-Akbar, laa haula wala quwata illa billahil aliyil adzim” Sebarkan!, Anda akan membuat beribu-ribu manusia berzikir kepada Allah SWT آمِّيْنَ آمِّيْنَ آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Jawaban :
Palsu akhi, tidak ada asalnya. Jangan turut menyebarkan dan penyebarnya / pengirimnya ke antum jika mampu diingatkan.

مَنْ رَوَى عَنِّى حَدِيثًا وَهُوَ يَرَى أَنَّهُ كَذِبٌ فَهُوَ أَحَدُ الْكَاذِبَيْنِ

“Siapa yang meriwayatkan dariku suatu hadits yang ia menduga bahwa itu dusta, maka dia adalah salah seorang dari dua pendusta (karena meriwayatkannya).” (HR. Muslim)

Kalau menduga saja sudah dikatakan pendusta, apalagi yang sudah mengetahui ?

Dan ancaman berdusta atas nama Rasulullah/ menyebarkan hadits palsu :

لاَ تَكْذِبُوْا عَلَيَّ، فَإِنَّهُ مَنْ يَكْذِبُ عَلَيَّ فَلْيَلِجِ النَّارَ.

“Janganlah kamu berdusta atas (nama)ku, karena sesungguhnya barangsiapa yang berdusta atas namaku, maka pasti ia masuk Neraka.” (HR. Bukhari)

Naudzubillahi min dzalika. Wallahu a’lam

Posting-an ke-4:

Daftar kurma israel :

Jangan Dibeli

Dr. Anang Saifuddin, MA
Dosen UIN Antasari Bjm

Inilah daftar merk kurma import asal Israel,negara ini membunuhi kaum Muslimin :

Sehubungan dengan persiapan untuk Ramadhan, Harap diperhatikan dengan seksama agar JANGAN BELI KURMA dari Israeli, yang dijual dengan nama-nama merk sbb:

1.Bomaja
2.Carmel Agrexco
3.Delilah
4.Desert Diamond
5.Hadiklaim
6.Jordan Plains
7.Jordan River
8.King Solomon
9.Paradise Dates
10.Rapunzel
11.Red Sea
12.Royal Treasure
13.Shams
14.Tamara

BANTU SEBARKAN
Syukron

Postingan ini hoax pak. Kurma tsb dari Palestina, bukan dari Israel.

https://turnbackhoax.id/2018/05/13/benar-kurma-impor-produksi-israel/

Posting-an ke-5:

PENTING !!!!!
KHUSUS PENGGEMAR BAKSO !!

Seharusnya Dibuat Perda, Bahwa Kios yg jual Baso harus menyediakan KUNYIT dan TUSUK GIGI…
Yg lalai menyediakannya akan di tindak tegas dan atau di umumkan “diragukan Kejujurannya”

Berani ??

➖➖➖➖

Buat penggemar BAKSO !!!
BAWALAH : Tusuk Gigi & Kunyit ke- mana2.

🔘Dua siswi SMAN 3 Semarang, Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila telah menemukan cara mendeteksi BORAX dgn cara yg sgt mudah & praktis, yaitu hanya dgn TUSUK GIGI.

🔘Tusukkan “Tusuk Gigi” ke KUNYIT terlebih dahulu, lalu tusukkan pd makanan yg akan diuji selama 5 detik, maka akan kelihatan apakah makanan tsb mengandung BORAX atau Tidak, krn KUNYIT akan bereaksi terhadap bahan kimia.

🔘Bila ada kandungan boraxnya, maka tusuk gigi tsb akan berwarna MERAH
Mereka menamakan temuannya dgn SIBODEX (Stick of Borax Detector).

🔘Temuan mrk ini berhasil menyabet medali emas pd International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014, sebuah ajang kompetisi inovasi anak…

Selamat menikmati BAKSO bebas dari BORAX 👍

* Mohon dishare biar yg lain juga tahu bahkan mungkin menjadi inspirasi kita 

Ini adalah berita hoax, baca penjelasannya di sini:
https://stophoax.id/blog/post/salah-tusuk-gigi-dan-kunyit-pendeteksi-borax-2250 

“Pesan berantai ini ada kemungkinan benar isinya, terutama yang menyangkut penggunaan kunyit sebagai pendeteksi borax. Namun pesan yang mengatasnamakan siswi SMA 3 Semarang itu tidak benar atau hoax karena mereka belum mempublikasikan temuanya secara luas. Soal kunyit yang bisa mendeteksi borax, Dila mengaku tidak tahu apakah hal itu benar atau tidak. Selengkapnya di bagian PENJELASAN.”

Posting-an ke-6:

Maaf sebelumnya, ini kabar dari FB.
Khabar dr Ust Nazer (Thoha Travel) bersama Jemaahnya di Medina 3 jam yg lalu
Melalui FB nya
Salam untuk semua kaum muslim.
Palestine dikepung oleh pasukan Israel.
Israel akan melakukan serangan darat ke Gaza (spt juga diberitakan RCTI pkl 16.00)..

Pemimpin Hizbullah, Syed Hasan Nasrallah minta semua muslim utk dg ikhlas membaca surah al-Baqarah ayat 26-27 dan surah Yunus ayat 85,86,88 malam ini…

Tolong sebarkan forward kpd seluruh umat Islam.. bhw saudara seagama telah dikepung & keadaan amat dahsyat.
Itu Saja JIHAD kita…. minta tolong dgn sangat kpd sahabat2 sebarkan seluas mungkin….Labbaika Allahuma Labbaika .. minta tolong dgn sangat kpd sahabat2 sebarkan seluas mungkin…maaf untuk yg non muslim Indonesia

Yahudi akan menyerang darat mlm ini Kasihan saudara kita umat Islam, kita berdoa utk keselamatan atas rencana Israel utk menyerang dlm masa 24jam.

La illaha illa Anta Subhanaka Inni Kuntum Minazzaalimin.

Please foward to all of our friends…
even if U’ll not pray, just FORWARD

Astaghfirullah!
3x
*Hasbunallahu wa ni’imal wakil.
*Hasbunallahu wa ni’imal wakil.
*Hasbunallahu wa ni’imal wakil.
*Hasbunallahu wa ni’imal wakil.
*Hasbunallahu wa ni’imal wakil.
*Hasbunallahu wa ni’imal wakil.
*Hasbunallahu wa ni’imal wakil (7x)

…walaupun tak baca doa, forwardkan message ini
Selesai membaca tolong forward, krn dlm bbrp menit, berjuta org akan membaca…

Subhanallah. 😭😭😭

Tulisan di atas hoax dan sudah beredar sejak bertahun-tahun. Silakan copas tulisan ini di Google untuk menemukan penjelasannya.

Posting-an ke-7:

Restoran Sederhana sedang merayakan ulang tahun ke-15 di Indonesia dan untuk waktu yang terbatas, kami akan membagikan makanan gratis di salah satu restoran kami! Saya sudah menerima undangan untuk makan gratis!
https://sharen.win?s=sederhana 

Tulisan di atas hoaks. Sebelumnya juga ada pesan berantai makanan gratis di KFC dalam rangka HUT ke 15.
https://turnbackhoax.id/2019/10/08/salah-voucher-makan-gratis-promo-hut-ke-15-kfc/
Bisa dicek restoran Sederhana sudah berusia lebih dari 15 tahun.

Posting-an ke-8:

Alexander (Orang Yahudi) Yg Sudah Meninggal 2 Tahun ,
Pada Makamnya Terdengar Suara Berteriak,Menjerit Dan Merintih Seakan Seperti Orang Yg Sedang Merasakan Kesakitan ?
Kemudian Oleh Masyarakat Setempat Sepakat Untuk Menggali Makam Tsb (Guna Memastikan Suara Yg Terdengar) .

Namun Ketika Makam Tsb Digali Sangat Mengejutkan Semua Masyarakat Sekitar ?
Dan Ternyata Alexander Yg Telah Dikubur Dua Tahun Lalu Tsb Ternyata Masih Hidup (Kembali Dihidupkan Oleh Allah Swt) .

Setelah Jasadnya Di Angkat Dan Dibawa Ke RS Kemudian la Menceritakan Kejadian2 Yg Sangat Menyakitkan,Menakutkan,& Juga Mengerikan Banyak Orang ,
Yaitu Siksa Kubur .
Dari Kejadian Tsb Kemudian Alexander Meyakini Bahwa Siksa Kubur Tsb Benar2 Nyata Adanya .
Dan Dari Kejadian Tsb Pula Yg Membuat Orang2 Jerman Berbondong-Bondong Memeluk (Masuk) Islam .

Jika Allah Swt Berkehendak Segala Yg Tidak Mungkin Maka Akan Menjadi Mungkin .
Hikmah … Apa yg kita dapatkan … Banyak dalam benak kita, salah satu diantaranya saudaraku rajinlah beribadah di masjid janganlah lalai, berbuatlah yg terbaik untuk Agama Islam … Ini fakta bukan rekayasa …
Subhanallah ..
Alhamdulillah …
Allahu Akbar ..

Berikut Videonya 👇👇👇

Posting-an tentang orang Yahudi yang tetap hidup setelah dikubur selama dua tahun  adalah hoaks. Sebagai muslim kita memang percaya ada siksa kubur, namun menambah-nambahi dengan peristiwa yang tidak ada kaitannya justru adalah sebuah kebohongan. Alexander  merupakan korban penyerangan beruang di hutan wilayah Tuva, Rusia.  Dia berhasil diselamatkan, setelah para pemburu menemukannya di dalam sarang beruang. Penjelasan lebih lengkap dapat dibaca dari situs berita ini:
https://www.malangtimes.com/baca/42291/20190801/084500/beredar-video-pria-yahudi-dapat-siksa-kubur-kominfo-hoaks

Saya kutip penjelasannya sebagai berikut:

“MALANGTIMES – Beberapa hari terakhir, sebuah video memilukan tersebar melalui grup-grup WhatsApp (WA). Video berdurasi 34 detik itu menunjukkan seorang pria dengan tubuh tinggal kulit dan tulang serta penuh luka.

Narasi yang disampaikan bersama penyebaran video tersebut yakni gambaran sosok mayat yang hidup kembali setelah mendapatkan siksa kubur.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI dalam website resminya mengategorikan video dan narasi tersebut adalah hoaks. “Telah beredar sebuah informasi di media sosial yang menyajikan sebuah video seorang pria yang dinarasikan sebagai jasad pria Israel yang bangkit kembali dari kuburnya. Setelah ditelusuri, informasi terkait jasad pria Israel yang bangkit dari kubur tersebut adalah tidak benar,” demikian keterangan yang dilansir dari kominfo.go.id.

“Pria dalam video tersebut bernama Alexander. Beliau merupakan korban penyerangan beruang di hutan wilayah Tuva, Rusia. Beliau berhasil diselamatkan, setelah para pemburu menemukannya di dalam sarang beruang,” dikutip dari penjelasan yang diberikan Kominfo.

Demikianlah sedikit dari sejumlah posting-an hoaks yang bertebaran di tengah masyarakat dan menyebar via WA. Entah apa tujuan orang yang pertama kali membuat pesan tersebut. Meresahkan, membuat ketakutan, menanamkan kebencian, atau mengadu domba. Mungkin karena ada rasa iri dan dengki atau apa. Wallahu alam.

Oleh karena itu, bijaklah sebelum menekan tombol “kirim” ke oang lain jika menerima posting-an yang tidak jelas kebenarannya. Selalu cek dan ricek.

Pos ini dipublikasikan di Indonesiaku. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Hoaks WhatsApp dan Ciri-cirinya

  1. Indonesia Hebat berkata:

    Gampang sekali hoax menyebar skrg ya pak. Bahkan di group saya malah ada yg ngeyel ketika sudah diingatkan bahwa yg dishare adalah hoax dan sampai ada yg jawab begini pak: yg penting niatnya menyebarkan yg baik katanya pak, hadeh pusing saya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.