Generasi kedua tahu Mang Yadi

Sudah beberapa bulan saya tidak melihat Mang Yadi lewat di depan rumah menjajakan tahunya. Tahuuuuu…, begitu teriaknya setiap kali lewat di depan rumah saya.

Saya sudah berlangganan tahu Mang Yadi sudah cukup lama. Dia menjual tahu cibuntu, salah satu produk tahu yang terkenal di kota Bandung. Tahu cibuntu berwarna kuning karena diberi kunyit pada lapisan luarnya agar tahan lama). Mang Yadi tinggal di kampung Cibuntu juga, yang merupakan sentra perajin tahu di kota Bandung (baca postingan saya tahun 2012 di tentang tahu Mang Yadi: Tahu Mang Yadi dan Perjuangannya)

Akhirnya dua minggu lalu saya dapat kabar dari sesama tukang tahu bahwa Mang Yadi sudah tiada tiga bulan lalu. Innalilahi wa inna ilaihi raajiun. Mang Yadi adalah penjual tahu yang ramah. Pelanggannya banyak di Antapani.

Sekarang jualan tahu keliling diteruskan oleh anaknya yang nomor dua (yang nomor 1 sudah meninggal juga). Namanya Yudi, hanya tamat SMA. Yudi sekarang menggantikan Mang Yadi sebagai kepala keluarga dan pencari nafkah buat ibu dan adik-adiknya yang masih kecil.

Yudi mengendarai motor bapaknya dan setiap hari dia melewati jalan-jalan di Antapani yang merupakan rute keliling bapaknya, seakan-akan menapaki kembali jejak jalur yang dilalui Mang Yadi. History repeat itself.

mangyadi3

Kiri: (alm) Mang Yadi, Kanan: Yudi, putra Mang Yadi

Tadi pagi saya ketemu putra Mang Yadi ini persis di depan rumah tempat saya mengambil foto Mang Yadi tahun lalu, bulan Maret 2020. Perhatikan motor, kotak penyimpanan tahu, dan keranjang di atas motor, persis sama.

Pos ini dipublikasikan di Romantika kehidupan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Generasi kedua tahu Mang Yadi

  1. nola berkata:

    Maret dan September selalu bertaut, enam bulan yang menjadi jarak hal menjadi sebab musabab, entah mengapa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.