Arsip Kategori: Seputar ITB

100 Tahun Kampus ITB

Tahun ini merupakan tahun yang istimewa bagi kampus saya, Institut Teknologi Bandung. Pada tahun 2020 ini kampus ITB berusia tepat satu abad. Seratus tahun. Kampus ITB didirikan pada zaman kolonial Belanda pada tahun 1920. Memang dulu namanya bukan ITB, tetapi … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Seputar ITB | 2 Komentar

Ber-“lu gue” di Kampus

Ketika saya berada di kampus UKSW Salatiga mengisi sebuah seminar, terdengar mahasiswa ngobrol dengan sesamanya menggunakan kata “kau” dan “aku”.  Tampaknya mereka belum terkontaminasi pergaulan anak muda Jakarta yang pakai sapaan “elo”,”lo” “elu”, “lu”, “gua”, “gue, “gw”. Di kampus saya … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Seputar ITB | 3 Komentar

Mahasiswa Depresi lalu Bunuh Diri

Beberapa hari yang lalu ada peristiwa yang cukup menggemparkan warga kampus Ganesha ITB. Seorang mahasiswa S2 di kampus kami meninggal dunia di kamar kosnya karena bunuh diri (baca beritanya di sini). Siapa sangka, mahasiswa yang cerdas, berprestasi, ternyata mengakhiri hidupnya … Baca lebih lanjut

Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Pendidikan, Renunganku, Seputar ITB | 6 Komentar

Lorong dan Pilar di Kampus ITB

Kampus ITB di Jalan Ganesha adalah kampus yang indah dan unik. Banyak bangunan heritage yang dibangun pada zaman Belanda sejak tahun 1920. Sebut saja Aula Barat, Aula Timur, Gedung Teknik Sipil, Gedung Fisika, Gedung Teknik Lingkungan, dan Gedung LFM. Semuanya … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Seputar ITB | 3 Komentar

Prodi-Prodi (Program Studi) Baru di ITB

FYI, di ITB sekarang banyak Program Studi baru atau relatif baru (S1) yang mungkin tidak banyak diketahui oleh umum. Prodi-Prodi baru itu sebagian merupakan pengembangan dari Prodi yang sudah mapan (mainstream), sebagian lagi memang baru sama sekali. Sebagian besar Prodi … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Seputar ITB | 6 Komentar

Lumpiah Basah Jalan Ganesha yang “Ngangenin” Alumni ITB

Ada satu jajanan kaki lima di depan kampus ITB (Jalan Ganesha) yang menjadi nostalgia dan bikin kangen alumni ITB. Apa itu? Jajanan sederhana bernama lumpiah basah. Biasanya lumpiah itu digoreng, tetapi lumpiah yang satu ini, sesuai namanya, tidak digoreng, tetapi … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Makanan enak, Seputar ITB | 2 Komentar

“Tembok Ratapan” di Kampus ITB

Di Kampus ITB ada sebuah tembok (dinding) bangunan yang menjadi kenangan tak terlupakan bagi para mahasiswa dan alumni. Itulah tembok yang terdapat di Gedung Prodi Fisika FMIPA ITB. Gedung Fisika ini berusia sangat tua, setua Aula Barat dan Aula Timur. … Baca lebih lanjut

Dipublikasi di Seputar ITB | 2 Komentar