Kisah Maryam di dalam Surat Ali Imran

Hari-hari ini bacaan mengaji Al-Quran saya kembali bersua dengan Surat Ali Imran (surat ke-3 di dalam Al-Quran). Kalau sudah khatam (tamat) membaca Quran, maka saya mulai lagi dari surat pertama.

Surat Ali Imran termasuk surat yang panjang (ada 200 buah ayat). Ali Imran adalah nama seorang lelaki yang keluarganya terpilih oleh Allah sebagai keluarga yang diberkati (yaitu keluarga Ali Imran). Nama Ali Imran diabadikan di dalam Al-Quran sebagai salah satu nama surat.

Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga ‘Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing), (3:33)

Ternyata maksud Allah memilih keluarga Ali Imran adalah karena dari pasangan suami istri ini lahir salah seorang wanita yang mulia dalam sejarah yaitu Maryam (atau Maria dalam Alkitab). Saya baru tahu kalau Maryam itu adalah putri Ali Imran.

Ketika Maryam masih di dalam kandungan, istri Imran bernazar akan “menyerahkan” anaknya itu kepada Allah sebagai Pemelihara agar kelak menjadi hamba yang soleh yang selalu berkhidmat di Baitul Maqdis (Yerussalem). Hal ini tertulis di dalam ayat ke-35 yang terjemahannya berbunyi:

(Ingatlah), ketika isteri ‘Imran berkata: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”. (3:35)

Ketika tahu anak yang dilahirkan itu adalah perempuan, istri Imran menamai anaknya Maryam, dan istri Imran meminta kepada Allah agar anaknya itu dipelihara oleh Allah dan melindunginya dari syetan.

Maka tatkala isteri ‘Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: “Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk.” (3:36)

Allah menerima nazar istri Imran lalu mememrintahkan Zakaria sebagai pengasuh dan pemelihara Maryam. Menurut para ahli tafsir Nabi Zakaria itu adalah paman Maryam. Berarti benar ya keluarga besar Imran adalah keluarga yang diberkati karena keturunannya menjadi orang-orang sholeh (Imran, Maryam, Isa putera Maryam, Nabi Zakaria paman Maryam, dan Yahya putera Zakaria).

Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya. (3:37)

Maryam tumbuh menjadi wanita yang kerjanya setiap hari hanya beribadah dengan berkhidmat kepada Allah di Rumah-Nya di Baitul Maqdis. Zakaria adalah “kuncen” Rumah Allah tersebut. Di sinilah Allah menurunkan Rahmat-Nya kepada Maryam. Setiap kali Zakaria menemui Maryam di mihrab, dia mendapati berbagai makanan yang lezat berada di samping Maryam. Dari manakah datangnya makanan itu? Setahu dia Maryam tidak pernah membawa makanan ke Rumah-Nya, Zakarilah yang selalu mengantarkan makanan kepada Maryam. Maryam menjawab bahwa makanan itu berasal langsung dari Allah, mungkin diturunkan dari langit atau melalui perantara malaikat-Nya.

Lanjutan ayat 37 di atas:

Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata: “Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?” Maryam menjawab: “Makanan itu dari sisi Allah”. Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. (3:37)

Di dalam Surat Ali Imran juga dikisahkan bahwa Nabi Zakaria sudah tua tetapi belum juga dikarunia anak. Mungkin terinspirasi dari keponakannya, Maryam, yang menjadi ahli ibadah, Zakaria juga bermohon agar dirinya diberi keturunan.

Di sanalah Zakariya mendo’a kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar do’a”. (3:38)

Ketika Zakaria sedang shalat di mihrab, berserulah malaikat Jibril kepadanya:

Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (katanya): “Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang puteramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang saleh”. (3:39)

Zakaria yang kaget mendapat wahyu dari malaikat Jibril merasa heran, bagaimana mungkin dia akan memperoleh anak seangkan sitrinya seorang yang mandul. Allah menjawab (melalui malaikat Jibril) hal itu mudah saja bagi-Nya, apapun yang Dia kehendaki maka akan terjadi (kun fayakun).

Zakariya berkata: “Ya Tuhanku, bagaimana aku bisa mendapat anak sedang aku telah sangat tua dan isteriku pun seorang yang mandul?”. Berfirman Allah: “Demikianlah, Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya”. (3:40)

Zakaria masih tetap belum yakin dia akan mempunyai anak, oleh karena itu dia meminta suatu tanda bahwa istrinya bakal mengandung. Allah mengatakan bahwa tanda-tanda istrinya mengandung adalah Zakaria tidak akan bisa berbicara selama tiga hari, kecuali pakai bahasa isyarat.

Berkata Zakariya: “Berilah aku suatu tanda (bahwa isteriku telah mengandung)”. Allah berfirman: “Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari”. (3:41)

Kelak anak yang lahir dari kandungan itu diberi nama Yahya dan menjadi Nabi yang ke-23 setelah Zakaria. Dari sini kita juga tahu bahwa Nabi Yahya semasa hidupnya dengan Maryam.

Kembali ke kisah Maryam tadi. Allah telah memilih Maryam sebagai wanita solehah yang dilebihkan dari wanita lain di dunia.

Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu). (3:42)

Sebagai bentuk ketaatan, Allah memerintahkan Maryam agar selalu menyembah Allah, selalu sujud dan rukuk kepada Allah bersama orang-orang lainnya lainnya yang menyembah Allah.

Hai Maryam, ta’atlah kepada Tuhanmu, sujud dan ruku’lah bersama orang-orang yang ruku’. (3:43)

Sampai suatu hari Allah akan memberikan suatu keajaiban yang tidak disangka-sangka bagi Maryam. Allah mengabarkan bahwa Maryam akan mengandung seorang anak lelaki yang namanya sudah ditentukan oleh Allah yaitu Isa Al Masih (atau Al Masih isa putera Maryam).

(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih ‘Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah), (3:45)

Ketika masih bayi Isa kelak memiliki mukjizat yaitu sudah bisa berbicara dengan manusia:

dan dia berbicara dengan manusia dalam buaian dan ketika sudah dewasa dan dia adalah termasuk orang-orang yang saleh.” (3:46)

Maryam tentu saja merasa kaget, bagaiman mungkin dia akan mengandung, padahal dia belum menikah, dan dia belum pernah disentuh atau berhubungan dengan lelaki manapun. Tentu saja, karena Maryam kerjanya setiap hari hanyalah berkhidmat kepada Allah di Baitul Maqdis. Dia jarang keluar dari Rumah-Nya, apalagi bergaul dengan lelaki. Allah menjawab seperti kasus Nabi Zakaria di atas, bahwa hal itu mudah saja bagi-nya, kun fayakun, maka apapunyang Dia kehendaki pasti akan terjadi. Dialah Sllah SWT yang Maha Pencipta.

Maryam berkata: “Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-lakipun.” Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): “Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: “Jadilah”, lalu jadilah dia. (3:47)

Kisah kelahiran Isa akan saya ceritakan pada tulisan yang lain. Allah memilih Isa sebagai Rasul-Nya, memberinya kitab Injil dan mengajarkannya kitab-kitab yang terdahulu yaitu Taurat dan zabur.

Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil. (3:48)

Allah mengutus Nabi Isa kepada Bani Israil. Kepada Bani Israil Nabi Isa menjelaskan tanda-tanda kenabiannya yaitu mukjizat menghidupkan burung dari tanah liat, menghidupkan orang mati, menyembuhkan orang buta dan berpenyakit kusta.

Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): “Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mu’jizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman. (3:49)

Nabi Isa berkata kepada kaumnya bahwa dia membenarkan kitab-itab terdahulu yang telah diturunkan kepada Nabi Musa (Taurat) dan Nabi Daud (Zabur), lalu menghalalkan apa yang dahulu diharamkan.

Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mu’jizat) daripada Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan ta’atlah kepadaku. (3:50)

Lalu Nabi Isa meminta kaumnya agar menyembah Allah SWT sebagai jalan yang benar.

Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus”. (3:51)

~~~~~~~~~~

Demikianlah sekelumit kisah Maryam di dalam Surat Ali Imran. Kelak saya akan menceritakan dalam tulisan yang lain tentang kelahiran Nabi Isa a.s sesuai Firman Allah di dalam Al-Quran

Pos ini dipublikasikan di Agama. Tandai permalink.

116 Balasan ke Kisah Maryam di dalam Surat Ali Imran

  1. nana suhana berkata:

    Subhanalloh…..jadi yg disebut2 bunda maria oleh kaum nasrani itu,adalah siti mariam ?

  2. anan berkata:

    akhirnya aku tau,mksh🙂

    • ✂ƅiαnɡkαlα berkata:

      quran ude salah om…jelas Maryam ibu Isa yg dimaksud quran adalah Maryam anak Imran sodare Musa ama harun:

      Qs 3:36…istri Imrαn melαhirkαn…αnαk perempuαn…menαmαi diα Mαryαm

      Qs 19:28. Hαi sαudαrα perempuαn Hαrun, αyαhmu sekαli-kαli bukαnlαh seorαng penjαhαt, dαn ibumu sekαli-kαli bukαnlαh seorαng penzinα’,

      Qs 7:150…Musα…memegαng kepαlα sαudαrαnyα, sαmbil menαriknyα ke αrαhnyα. Hαrun berkαtα: ‘Hαi αnαk ibuku

      dαri Ibnu Abbαs rα: sαw bersαbdα:
      Musα ANAK Imrαn. (HR.Muslim,240)

      1. Harun, Musa dan Maryam anak Imran hidup di zaman fira’un.
      2. Isa anak Maryam hidup di zaman Romawi.

      quran ude salah dalam menempatkan Maryam Ibu Isa pada zaman fira’un.

      • rinaldimunir berkata:

        Imran yang dimaksudkan di dalam Al-quran sebagai bapak Maryam tidak sama dengan Imran yang disebutkan pada zaman Nabi Musa. Dua orang Imran ini hidup pada zaman berbeda. Quran tidak pernah salah, hanya penafsiran yang salah.

  3. Nita berkata:

    Maaf sodaraku. jika dikaitkan dgn Maria Alkitab, ini merupakan Ulasan yang sangat2 keliru mengenai Maryam (Maria dalam Alkitab).
    Maria dlm Alkitab bukanlah anak Imran (Ayah Musa, Harun, Maryam), karena perbedaan zaman mereka mncapai 1000an tahun. Zaman Maria (Ibu Yesus) itu bukan pada zaman Musa.

    sodara boleh cek kembali sejarah Musa, Harun, Maryam, serta ayah mereka Harun, dan Bani Israel pd kitab Keluaran.
    sdangkan untuk Maria, paman Maria “Zakaria”, dan Yahya anak Zakaria, silahkan sodara cek di kitab Injil.

    Semoga bermanfaat.

    • Rinaldi Munir berkata:

      Tentu saja keliru menurut pandangan saudara-saudara kami di kristiani sebab rujukan kitab sucinya tidak sama, tetapi tidak keliru bagi kami. Menurut Alquran yang kami yakini kebenarannya memang begitulah kisah Siti Maryam yang diimani oleh umat Islam.

      Tentang ayahanda Maryam yang bernama Imran, di dalam Al-quran nama lengkapnya adalah Ali Imran. Di dalam Alquran tidak ada ayat yeng menyebutkan bahwa nama ayahanda Nabi Musa adalah Imran (CMIIW), jadi nama ayah Nabi Musa tidak pernah diketahui. Mungkin saja nama ayah Nabi Musa benar bernama Imran, tetapi Ali Imran yang disebutkan di sini tidak sama dengan Imran ayah Nabi Musa. Nama orang boleh saja sama, bukan?

      Maryam hidup jauh sesudah Nabi Musa. Di ayat mana di dalam surat yang saya ceritakan itu yang menyatakan Maryam hidup pada zaman Nabi Musa? Tidak ada, bukan? Semua bahan tulisan saya di atas hanya bersumber pada kitab suci Al-Quran dan tidak memgambil bahan dari Al-Kitab (Perjanjian Lama).

      Tentang nama Maryam, itu adalah bahasa Arab untuk nama Maria (bahasa Ibrani). Maria dan Maryam adalah orang yang sama, yaitu ibunda Isa Almasih (Yesus).

      Jika ada perbedaan kisah Maryam (Maria) menurut pandangan Kristiani dan Islam, saya kira bukanlah perbedaan yang perlu diperdebatkan atau dipertentangkan, silakan masing-masing kita mingimani menurut keyakinan masing-masing.

      • rianti berkata:

        coba anda search google blok islam “silsilah nabi musa” semoga anda tercerahkah. itulah gunanya sejarah.

      • Y berkata:

        luar biasa Rinaldi singkat dan akuratt …
        Nama Maryam, itu adalah bahasa Arab untuk nama Maria (bahasa Ibrani). Maria dan Maryam adalah orang yang sama, yaitu ibunda Isa Almasih (Yesus).

      • Jefri Jacob berkata:

        saya pikir tidak usah diperdebatkan, tapi bagi saya yang beragama kristen sangat takjub dan mejadi mengerti bahwa Allah kita sungguh hebat. bayangkan cerita mengenai Maria Ibu Yesus ternyata sangat lengkap dalam Kitab Suci Al Quran, Injil sendiri tidak menceritakan mengenai silsilah Maria Ibu yesus. bagi saya ini merupakan awal bagi kita yang beragama kristen dan Muslim untuk merenungkan kembali makna dari semua cerita mengenai Maria dan Yesus.

      • JURIJUJUR berkata:

        QS< tidak salah OM, tetapi QS, memberikan data dan fakta " isa almasih di QS =/= Tuhan Yesus di Alkitab.

        Maryam bin Imran Ibunya Isa lahir di abad ke 4. SM. ( Musa , Harun, Imran , Nabi Zakaria hidup tahun aantar tahun 450 an SM). Maryam layak mendapat Nobel Perempuan tertua di dunia melahirkan Bayi.

        Maria bin Yusuf Ibunya Tuhan Yesus lahir di Abad 1 Masehi zaman Romawi, dan Maria masih perawan ting ting saat melahirkan Tuhan Yesus.

        JADI SEJAK DARI AWAL IBU ISA & ISA =/= IBU TUHAN YESUS & TUHAN YESUS.

        QS dan Alkitab yang menyatakannya. << PERCAYALAH.

    • Fatimah Zahra berkata:

      #Nita
      Jls sj berbeda di Al-Qur’an dgn di Al-kitab (kitab nasrani), krn Al-Kitab itu sdh dirubah2 oleh manusia jahil.
      Apa yg ada di dlm Al-Qur’an itulh yg sbnr2nya, ucapan dr Allah, Tuhan Yang Satu, Yg tidak beranak maupun diperanakkan.

      • rianti berkata:

        saudaraku , apakah allah yang maha tahu dapat berbuat kesalahan? kita diberi akal dan fikiran untuk berfikir. alquran membenarkan injil dan taurat dengan kata lain mengakui apa saja yang tertulis didalamnya, bila keduanya sudah dipalsukan , seharusnya ungkaplah buku yang aslinya sejelas jelasnya , bukankah seseorang dapat mengatakan palsu kalau dia mengetahui yang asli, tentu kita semua ingin mengetahui kitab yang asli.itu. bila benar injil sudah dipalsukan mengapa ada ayat yang mengatakan bahwa umat yang mengikut yesus (christian ) kedudukannya nanti diatas orang2 kafir? padahal diayat setelah itu jelas quran mengatakan orang kafir termasuk yahudi dan christian. apakah ini tidak membingungkan??.sama saja dengan ayat mengenai agamaku agamaku, agamamu agamamu , tidak ada paksaan…., tapi setelah dimadinah turun ayat perangilah orang2 kafir sampai mereka memeluk islam .bisakah anda menerangkannya?

      • Ryusuke Samuel berkata:

        Dari mana anda tau bahwa Al-Quran itu semua kata kata yang sama persis dari Allah? Bukankah Alkitab lebih lama diciptakan dari pada Al-Quran?

      • Hamba Allah berkata:

        Maaf boleh sedikit komen fatimah..
        Coba baca di surat maryam ayat 35.. Yang isinya :
        “Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia.Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya “JADILAH”, maka jadilah ia…

        Boleh juga di baca ayat 34nya sambungan dari ayat 35…

        Terimakasih semoga bermanfaat

    • nurr hasmah berkata:

      aminn….
      i like it

      • lukas berkata:

        yg bikin + pusing QS 3:37= ,,,,,,,,,,,, Zakaria mendidiknya
        maka Maria tumbuh menjadi wanita yg kerjanya beribadah dgn hikmah kep. Allah di rumahnya di Baitul Magdis ( al agsa baru dibangun th 701M ) perhatikan Mariam ibu Isa Almasih ( abab 1 Masehi dgn masjid Al agsa dibangun khalifah Marwan 710 M sebelumnya kuil Kerajaan Byzamtium Yupiter.
        ini juga keanehan soal Isra miraj Nabi dr mekkah ke Al agsa 1 malam rajab 27 th 10 kira2 620 M .di al agsa masih berupa kuil Yupiter

      • rinaldimunir berkata:

        Baitul Maqdis sudah ada sejak zaman sebelum Islam (sejak zaman Nabi Sulaiman). Rumah Allah itu beberapa kali mengalami kehancuran dan perombakan. Masjid Al-Aqsa yang kita lihat sekarang dibangun pada lahan bekas Baitul Maqdis oleh khalifah sesudah Nabi Muhammad.

    • alif berkata:

      Anda tahu nama kakeknya Tuhan anda ? Ngomong2 ini Nita mana ya ???

    • yudi berkata:

      Yang perludiprtanyakan kamu yakin injil kamu itu asli……, ?

    • Lunnardo berkata:

      Menurut saya Siti Mariam memang Bunda Maria di dalam Alkitab. Sebab Zakharia merupakan ayah dari Yohanes(Yahya) kemudian Zakharia diberikan tanda oleh Allah dengan membisukannya. Kalau di Alquran selama 3 hari sedangkan di Alkitab sampai Yohanes(Yahya) lahir. Mengenai Ali Imran, gereja Katolik menyebutnya dengan nama Yoakim menurut saya beda tipis namanya mungkin beda bahasa satu dari arab satu lagi dari ibrani. Kemudian di bacaan diatas, terdapat tulisan Siti Mariam di di lebihkan diantara wanita lainnya oleh Allah sama seperti di agama Katolik, Bunda Maria dilebihkan dari segala wanita dan dihormati. Jadi bisa disimpulkan Siti Mariam dengan Bunda Maria keduanya sama dengan perbedaan di nama

    • otis saputra berkata:

      Maaf aku kurang paham maksudnya, bisa lebih rinci dan terstruktur ?

  4. ahmad berkata:

    koreksi sedikit aja. ali-imron itu artinya keluarga imron. Ali = keluarga. sedangkan Imron adalah ayahnya maryam sekaligus kakek nabi Isa. jadi Ali itu bukan nama.

    • Rinaldi Munir berkata:

      Terima kasih atas koreksinya Mas Ahmad

    • rianti berkata:

      itu bukan masalah , yang jadi masalah dalam sejarah imron adalah bapak dari musa , imron mempunyai anak musa, harun dan miryam. sedangkan bapak maria ibu yesus bukan imran (silahkan search google tentang silsilah nabi) . kalau maksud muhamad mengatakan kebiasaan orang zaman itu menyebutkan saudara nama2 nabi lalu bagaimana dengan cerita diatas yang jelas2 mengatakan maria punya bapak bernama imran????

      • alif berkata:

        Anda tahu nama kakeknya Tuhan anda ? Ngomong2 ini rianti mana ya ???

      • Melati berkata:

        Maaf, saya mau tanya, karena saya tertarik dengan topik ini, saya mencoba meng-google silsilah Maryam (atau Maria). Namun saya bingung, hasil yang saya dapatkan menyebutkan kalau berdasarkan kitab non-Kanonik, orang tua Maryam adalah Eli dan Hana. Tapi saya tidak menemukan jawaban dari kitab yang pro-Kanonik. Sebenarnya perbedaan antara kedua kitab ini apa ya? Terimakasih.

      • rinaldimunir berkata:

        Sudah dijelaskan berkali-kali, bahwa Imran bapak Maryam di sini tidak sama dengan Imran yang disebut bapak Nabi Musa. Kedua orang itu hidup pada zaman yang berbeda ribuan tahun.

      • sugeng el ghani berkata:

        dalam quran tidak ada disebut bapak nabi musa bernama Imron. Miryam saudari Musa dan Harun berbeda dg Maryam ibunda Nabi Isa (anda yakini sbg Yesus), bukankah dlm Injil ada disebutkan bahwa Yesus berasal dr keturunan Daud (David)– Lukas 1:32. maka jelas beda garis keturunan, Miryam saudari Musa &Harun keturunan Levi, sedangkan Daud (yg berketurunan Imron-Maryam-Isa) adalah Ketyrunan Yudah-adik Levi.

    • nora berkata:

      alhamdulillah. terima kasih atas penjelasannya sbb sy pun mula2 terpikir apa maksud ali. skrg dah tahu🙂

  5. Asep tea tuh berkata:

    Makasih kepada semuanyah tlh menberi tahu kepada saya!

  6. zainul.... berkata:

    Saya yakin akan kebenaran alquran….termakasih kpd saudraku yg telah menulis cerita diatas…smg Allah mencatat dan menerima amal baik saudara..amin…

  7. anton berkata:

    Allah menerima nazar istri Imran lalu mememrintahkan Zakaria sebagai pengasuh dan pemelihara Maryam. Menurut para ahli tafsir Nabi Zakaria itu adalah paman Maryam. Berarti benar ya keluarga besar Imran adalah keluarga yang diberkati karena keturunannya menjadi orang-orang sholeh (Imran, Maryam, Isa putera Maryam, Nabi Zakaria paman Maryam, dan Yahya putera Zakaria).

    Salam bapak, ibu sebangsa dan setanah air Indonesia.
    saya melihat ada dua penafsiran !

  8. Aghata berkata:

    Trimakasih kepada penulis..dan untuk saudara-saudaraku imanilah yang menurut saudara yakini dan bukan untuk dipertentangkan ..trimakasih..BD …

  9. enakidabi berkata:

    Terima kasih untuk kisah yang indah tentang Maria yang sudah disampaikan. Memberi banyak inspirasi & memperkaya iman saya pada Allah sambil terus hormati Maria, orang yg sungguh beriman pada Allah. Kisah keluarga Maria tidak ada dalam Injil, namun saya percaya Allah tidak memilih sembarang orang untuk mengandung Sang Sabda – Kalimat Nya…

  10. putri berkata:

    thank for information,,,,semoga apa yang benar kan selalu benar

  11. Aditya Albar berkata:

    wkkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw

  12. arya berkata:

    Menurut saya, kalimat bahwa orang yg mengikuti yesus berada diatas orang2 kafir maksudnya adalah,,,,,,,,yesus = isa putra maryam yg menyembah allah, yg diberi kitab injil oleh allah,,,,an diajarkan kitab lain jabur dan taurat,,,,alqur’an membenarkan kitab2 sebelumnya maksudnya adalah menyempurnakan ,,,,,,jadi yesus adalah penyembah allah,,,,,dan jelas pengikutnya akan masuk sorga,,,,tetapi sebelum injil di rubah,,,dan injil yg asli sudah ditemuka di turki,,,,,paus aja sudah sollat,,,,kenapa anda ribut,,,

    • Tania berkata:

      Mas Arya, Injil yg ditemukan di Turki itu Injil barnabas, yg ditulis tahun 1500 Mesehi. Silahkan cari lagi info yg sejelas-jelasnya tentang itu.

      Yang Anda maksud Paus Benediktus XVI sholat itu adalah saat Paus berkunjung ke Masjid Biru yg dibuat sebagai tandingan Gereja Haghia Sophia (Hikmat Kudus) sebagai kunjungan persahabatan, jadi bukan sholat sebagaimana yg dibikin Hoax oleh beberapa muslim.

      Taurat asli berbahasa Ibrani yg ditemukan terakhir adalah Gulungan Laut Mati, yg isinya tetap sama dengan Alkitab yg dipegang Yahudi dan Kristen saat ini. Injil Asli berbahasa Yunani Kuno, manuskripnya masih bisa ditemukan di berbagai Museum Nasional seperti yg di Roma, London dan Israel.

      Salam.

      • abdul kadir berkata:

        kalau kita cerdas, melihat foto Paus seperti sedang sholat tapi memakai pakaian kebesaran paus anda yang mengatakan Paus masuk islam hanya dengan melihat foto ini berarti anda tidak mikir dan gampang percaya, intinya bila paus masuk islam dia harus melepaskan segala atributnya sebagai paus

    • rianti berkata:

      yesus tidak pernah diberi kitab injil, injil ditulis oleh pengikut yesus setelah kematian yesus.

    • rianti berkata:

      berarti Allah swt mubazir menurunkan ayat2 untuk mengimani injil dan taurat , apakah Allah swt tidak tahu kalau injil akan dipalsukan, di quran tertulis ayat yang mengatakan Allah akan menjaga firmannya untuk selama lamanya. kalau injil palsu berarti Allah swt gagal menjaga firmannya,.kalau demikian ayat mengimani diquran lebih baik tidak tertulis sebab tidak ada gunanya bukan begitu? kecuali kaum muslimin memang punya simpanan injil yang asli yang kalian yakini yang kebanyakan muslim bilang injil barnabas injil yang asli (katanya lhooo)

  13. ela berkata:

    begini saudara saya yang menulis ini adlah sesutu hal yang di sebutkan di alquran dan saya sebagai orng muslim saya percaya akan apa yang di tulis oleh saudara saya ini
    klu menurut para kristiani ini slah yah itu keperyaan anda untuk apa kita ribut dan jangan sampai membuat orng lain tersinggung sampai mengeluaRKAN kata alquran merusak keturunana nabi
    jika kau percaya agamamu yah percayailah mungkin suatu saat di mana raga ini sudah tdak bersama dengan jasat disitulah kita mengetahuii agama apa yang benar dan siapa yang salah
    maka dari itu apa yang di tulis olehh saudaraku ini hax sebagai bentuk dakwa tpi jika ada orang yang tersinggung kami minta ma,af tak aDA NIAT SEDIKIT PUN seperti itu tapi bagi yang merasa ini adalah betul semoga amal dan ibahah kita bermanfaat

    • Jiles berkata:

      Betul itu, namanya keimanan seseorg tidak dapat dipaksa klo mmg yakin ya jalani. Hendaknya keimanan yg dimiliki jg dg ilmu pengetahuan jgn asal-asalan. Menurut sy pribadi jg gitu Al-Qur’an adalah kitab suci yg jg menyempurnakan kitab2 sblmnya sbg muslim sy prcaya itu kebenaran dg ilmu pengetahuan yg sy miliki yg alhamdulillah sy diberi Hidayah ALLAH SWT.

    • rianti berkata:

      kebenaran sejarah tk dapat dirubah, kalau berubah artinya ada yng salah diantaranya

  14. lutfianasari berkata:

    Reblogged this on Lutphi's Weblog.

  15. Michy berkata:

    saya beragama Kristen dan mahasiswa STFK Ledalero, NTT, tetapi saya punya minat tuk menulis tentang Maria dalam pandangan Islam. Hemat sya, pandangan kita tentang Maria (baik Islam maupun Kristen) dapat menjadi ajang bagi kita untuk membangun dialog. Sebuah dialog yang bermartabat adalah dialog untuk saling memahami bukan untuk mencari siapa yang benar dan siapa yang salah. Kebenaran iman, bukanlah suatu kebenaran universal yang mesti diakui oleh semua orang (agama). Kalau ada buku tentang Maria dalam Islam tlong diinformasikan ya…..

    • Slamet Afif berkata:

      Ali imron maryam zakariya yahya ketrangan komplit di Al Quran silahkan mempelajarinya, tapi harus dengan ulama yang ahli ilmu tafsir Al Qur’an sebab dalam alQuran ada ayat mukhkamat ada mutasyabihat dan lain2 , sehingga ada ilmunya untuk memahaminya.

  16. Atin Paramani berkata:

    Makasih……………

  17. ishak berkata:

    ‘Ali Imran’ artinya ‘keluarga Imran’ (pk ‘alif’ bukan ‘a’in ..hehe

  18. sugiman berkata:

    yaaaaaahhhhhh,…….pusiiiiiiinnnggggg

  19. Manunggaling Kawula Gusti berkata:

    Kebenaran Mutlak hanya milik Allah,Tuhan yg maha ESA. Segala bentuk tafsir tdklah sempurna,yg penting kita yakin bahwa Tuhan itu satu,berbuat baik demi kemanusiaan insya_Allah akan selamat. Berdebat boleh,asal tetep Yakin Tuhan itu SATU, bukan tiga,empat,atau lima

  20. sabiq berkata:

    wajar jika umat kristiani merujuk pada google,karena jelas penyusunnya adalahorang kristen. saya meyakini konsep ketuhanan dalam islam yang paling sempurna. itu pasti dibenarkan oleh orang orang yang berakal. islam memuliakan nabi Isa, bkn menghinakan krn islam meyakini nabi Isa tidaklah disalib. Islam juga tidak mengakui penebusan, setiap manusia bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri. dan benar bahwa qur’ an tidak boleh ditelaah oleh sembarang orang, apalagi oleh non muslim, krn bs menyesatkan. hal itu sudah diperingatkan. untuk umat kristiani, sebaiknya anda tela ah sendiri agama anda, pasti akan banyak kejanggalan.

  21. Roban kaboa berkata:

    Mau kah anda punya tuhan yang bisa nikah?kalau bisa nikah apa beda nya dengan saya ?

  22. nabi palsu berkata:

    Abraham mempunyai istri sarai yang melahirkan ishak, ishak lah anak yang dikurbankan. dari keturunan ishaklah lahir nabi- nabi dan raja- raja. dan ini menjadi bukti nyata yang tidak seorangpun dapat menyangkalnya bahwa garis keturunan ishaklah ALLAH berkenan. bagaimana dengan hagar. hagar bukan istri abraham, hagar adalah hamba sarai, sarai meminta kepada abraham supaya menghampiri hagar untuk mendapat keturunan maka dari seorang budak/hamba hagar inilah lahir ismail. dari sinilah lahir istilah anak-anak ALLAH untuk kristen dan hambah – hambah allah untuk islam. sebagai anak- anak ALLAH tentulah ia sangat dekat dengan Bapaknya yaitu ALLAH itu sendiri melalui pribadi Yesus Kristus, setelah Yesus Kristus kembali ke surga, anak -anak ALLAH selalu dekat dengan BApaknya melalui pribadi Roh Kudus hingga akhir jaman. mengenai ismail yang lahir dari rahim seorang hambah akan tetap selalu menjadi hambah, sebagai seorang hamba maka selalu melalui perantara malaikat JIbril kepada tuhannya. sebagai seorang hambah maka perintah dari tuhannya adalah wajib, makanya di islam ada istilah wajib hukumnya.

    • suparno.broto berkata:

      1. yg dikorbankan, adalah ismail
      2. urusan siapa yg jadi nabi, itu pilihan tuhan. terserah tuhan
      3. kenabian muhammad, sudah dinubutkan dlm perjanjian lama & baru., termasuk yesus
      4. kristen ada setelah nabi yesus.
      5. semua nabi termasuk yesus , islam. artinya taat, tunduk, patuh kpd tuhan.
      6. istilah anak allah, adalah orang yg mendamaikan, yg taat kpd allah
      7. tidak ada yg salah dengan ismail anak budak.
      8. kalau taat kepada yesus, maka akan taat kepada muhammad.
      seperti yg diucapkan yesus, sebelum beliau meninggalkan dunia
      9. hanya islam (tunduk, taat, patuh kpd tuhan) yg berhak surga

  23. Ahmad berkata:

    To: Nabi Palsu. Masa sih tuhan yang anda maksudkan begitu rendahnya sehingga harus melahirkan anak-anak? begitu hinanya tuhan yang anda jelaskan sehingga punya hasrat sex seperti makhluk antara lain manusia? Masa sih pandangan anda terhadap tuhan disamakan dengan pribadi Yesus (nabi Isa) yang disalib? Tentunya kalau Yesus itu dekat dengan Bapaknya tidak akan tega Yesus disalib? Tuhan anda itu aturannya memiliki kekuasaan untuk mencegahnya dan melindungi Yesus dari disalib. Kenapa harus menjadikan tuhan itu begitu tidak berdaya? Pandangan kami umat Islam, Tuhan itu yaitu ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA tidak beranak dan juga tidak diperanakkan. ALLAH SUBHANAHUWATA’ALA itu tidak sama dengan makhluk ciptaan-NYA dan tidak ada yang setara dengan NYA. Cara pikir dan logika terhadap Tuhan anda sangat keliru dan tidak masuk akal, mas Nabi Palsu.

  24. AB berkata:

    Yesus Kristu bin Allah Tuhan Bapak,sedang Isya Almasih Alaihisalam bin Maryam (Maria). Rasul Paulus bin … Jadi seorang Rasul tetapi tdk ketahuan nama Bapaknya apalagi nama ibunya. He…he…he.

  25. nugroho berkata:

    asslm. pak rinaldi minta tausiyah lagi yaa

  26. saban kholid berkata:

    ass
    sekarang jalanilah agamamu masing masing, biarkan itu jadi pelajaran bagimu, agama ini bagi orang yg berkal, baik buruk kita pasti tahu, namun kebenaran mempunyai arti yg banyak..

  27. alamsyah berkata:

    sobatku…kisah maryam seperti ini….seorg pemuda (Imran)yg sedang dalam perjalanan mendapatkan buah jatuh dr pohonnya, lalu memakannya. baru 2-3 gigitan baru sadar kalao yg dimakannya adalah haknya, kemudian mencari pemilik buah yg jatuh tersebut. dalam pertemuan tersebut terjadi perbincangan dan permohonan maaf dari pemuda tersebut kepada pemiliknya..

    pemuda: saya mau bertanya apakah sdr pemilik buah yang jatuh dan sudah sy makan?
    pemilik: iya..
    pemuda: sy minta maaf krn sy dalam perjalanan dan sedang lapar..dan sy hrs memohon maafmu krn selama hidupku sy tidak pernah memasukan makanan yg bukan hak ku
    pemilik : (dalam benaknya) mulia sekali pemuda ini dan sy mau jadkikan menantu krn sudah lama sy hidup namun baru kali ini sy mendapatkan pemuda seperti ini, dan menjawab kepada pemuda tersebut ” sy tidak akan memaafkanmu sebelum menuruti permintaanku..
    pemuda: apakah persyratan tersebut?
    pemilik: Kamu harus menikahi putriku
    pemuda: (dalam benak) kebenaran sy masih lajang dan apalah arti hidupku kalo tidak ada maaf dari bapak ini…dan tanpa dipikir menjawab ” Iya in sha Allah sy akan menikahi anak sdr.
    pemilk: tapi yg harus kamu ketahui anak sy Bisu, tidak bisa jalan, buta, tuli,
    pemuda : apapun itu sy tidak peduli karena sy mengahrap maaf Sdr..

    maka terjadilah nikah antara pemuda tersebut dgn anak pemilik buah tersebut dan resmilah pernikah tersebut, pemuda tersebut pamit kepada mertuanya untuk menemui istrinya…
    pemilik: hai Imran masuklah temui istrimu
    pemuda : baik

    pemuda membuka tirai tempat /kamar istrinya dan alangkah kagetnya pemuda tersebut melihat istrinya dan pemuda hanya bisa terdiam…dan kembali menemui nertuanya..

    pemuda: sdr bilang anak bapak Bisu, tuli buta dan tidak bisa jalan namun ternyata sangat jauh terbalik dari perkataan sdr.
    pemilik: mmg seperti itulah istrimu, buta krn tidak pernah melihat hal yg tidak pantas dilihat, Bisu krn istrimu tidak pernah mengeluarkan kalimat kasar hanya bisa membaca Al-quran, tidak bisa jalan krn istrimu tidak pernah ke tempat tempat yg tidak boleh didatangi hanya ke tempat ibadah dan tuli krn istrimu tidak pernah mendengar selain suara ngaji..

    demikianlah kisah Nenek nabi Isa AS..(maaf kalo kalimatnya acak2n maklum bukan penopel..)

    • mujahid berkata:

      subhanallah…sungguh ali imran, keluarga imran yg dimuliakan Allah SWT…yaitu suami istri imran, maryam, nabi isa as, nabi zakaria as dan nabi yahya as…nabi muhammad SAW penutup para nabi dan rasul, tempat beliau terindah di sisiNya, mdh2an kita umat islam selalu bershalawat untuk beliau…Yaa nabi salam ‘alaaika…Allahumma shali ‘alaa Muhammad..

    • Alamin Rayyiis berkata:

      kisa seperti di atas ada yg mengatakan kisah imam Syafi’i, ada juga yang mengatakan kisah Imam Mubarak… klw kisa nenek nabi isa sepertinya tidak🙂

  28. ali arman berkata:

    assalamu’alaikum bagi umat muslim dan salam bagi nasrani.bukan ikut campur.saya hanya memberi tau tentang hal yang paling remeh dalam agama kalian.cara berdoa kalian coba analisis kan dgn orang yang meminta-minta uang di jalanan.jika kalian(nasrani) tidak mengerti patut kalian tidak mau masuk Islam.dan untuk memperkuat agama(Islam)kita analisis juga ya!jika tau kenapa,beri alasan.assalamu’alaikum umat muslim.salam nasrani.

  29. naziullah berkata:

    Ass.Untuk semuanya coba kalian pahami perjalanan hidup nabi isa & nabi muhammad
    agar mendapat banyak manfaat,pelajaran & petunjuknya.Amin

  30. arif berkata:

    saya hanya tersenyum melihat kalian berebut benar… tapi benar versi kalian. perlu anda ketahui bahwa kitap2 suci itu semua ciptaannya manusia. RENUNGKAN.

    • suparno.broto berkata:

      1. Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,
      2. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka,
      3. dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Qur’an) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.

      jadi, klo msh ragu, silahkan bikin yg semisal itu.

  31. Salwa berkata:

    terimaksih saya pernah mengdengar kisah ini dari guru saya dan saya juga telah membacanya dalam al-quran. semua yang ditulis disini berdsarkan dalil alquran. da itu sudah pasti kebenarannya, kebaikan penulis ini dibalas oleh sang maha esa, Allah swt. Berguna banget pokoknya jazzakumullah khairon katsiiro

  32. Alamin Rayyiis berkata:

    untuk semua: dalam al-Quran jarang menyebutkan hal2 yang detail, karena memang ibrahnya bukan nama orang, hubungan keluarga, nama tempat, tahun, bukan itu, tapi ibrahnya adalah hikmah dan nilai apa yang bisa diambil dari kisah tersebut.

    di dalam Quran memang tidak disebutkan: ayah nabi Musa dan Harun. sebagaimana tidak disebutkan juga apakah Imran itu saudara Zakariya… sejauh yg disebut al-Quran adalah “Zakariya mengasuh Maryam” itu saja. yang pasti adalah Maryam putri Imran.

    temen kristiani Mbak Rianti, dalam al-Quran memang ada ayat yang memuat redaksi/sapaan “Ya Ukhta Harun” untuk merujuk Maryam ketika dituduh berzina (semoga kita sama2 yakini bahwa Maryam bukan pezina). tapi oleh dosen saya dikatakan kata2 Harun di sana bukan merujuk Harun-nya Musa, penamaan nabi2 di waktu itu sangat wajar sebagaimana nama saya ada Muhammad-nya atau mungkin pemain sepak bola ada Jesus Navas dll.🙂

    • rianti berkata:

      sangat jelas alur ceritanya pak, apa bapak gak baca kata2″Maria binti Imran?” ini berarti bapaknya adalah Imran, belum lagi ditambah saudara Harun dan Musa . klop bahwa maksud ayat ini Maria ibu yesus adalah saudara kandung harun yang bapaknya bernama Imran. tambahlagi deh biar tambah yakin, ayat yang menyatakan istri Imran bernazar berarti gak salah lagi maksudnya adalah Imran yang notabene bapaknya Harun, di puter2 jawabnya supaya gak keliatan salahnya tetep aja mentok pak.

  33. daisy berkata:

    dear pak Alamin Rayyiis
    tetapi dikatakan Maryam selain saudara harun adalah puteri Imran sepertinya ini memasudkan Miriam saudara Musa deh

    Taurat, bilangan 26:59 Dan nama isteri AMRAM ialah Yokhebed, anak perempuan Lewi, yang dilahirkan bagi Lewi di Mesir; dan bagi Amram perempuan itu melahirkan
    HARUN dan MUSA dan MIRYAM, saudara mereka yang perempuan.

    Taurat ada lebih dulu dari Al Quran ,apakah Gabriel malaikat Allah yang setia sudah lupa sehingga bisa salah memberi info?

  34. Islam agamaku berkata:

    Ga logis merujuk kepada sesuatu yang palsu wahai saudara saudarakunyg diseberang. Yang asli mah al qur’an. Pasti beda baik dengan injil,taurat dan zabur yang kalian yakini karena hal kalian yakini palsu. Lalu yang asli mana? Jawabannya yang asli al qur’an. Oh iya,kenapa ya kalian itu tidak boleh membaca injil kalian? Tidak sama seperti kami yang bisa kapan saja membaca al qur’an.

    • rianti berkata:

      tapi selama ini muslim selalu merujuk pada injil yang katanya palsu sebab gak ada yang aslinya lagi,contoh ttg nubuatan nabi muhamad

      • suparno.broto berkata:

        benar
        injil yg ada sekarang, bukanlah injil yg dimaksud quran
        wahyu tuhan kepada isa putra maryam, itulah injil
        wahyu tuhan kepada isa musa, itulah taurat
        wahyu tuhan kepada david, itulah zabur

        sementara yg kita punya sekarang, adalah alkitab
        yg versi kristen t.a 66kitab & katolik 73kitab

        itu urusan pencatatan sejarah
        andaikan
        musa, david, & yesus menuliskan, ketika wahyu turun, seperti halnya muhammad
        maka, tidak akan ada perbedaan, krn dari sumber yg sama
        bukan ratusan tahun, setelah para beliau tidak ada

        tapi itulah, mungkin sebagai ujian
        ada yg ribut, ada yg hati-hati
        ada yg taat, ada yg bangkang

        kita lihat juga
        kitabnya sama aja, ribut
        memang manusia sukanya gitu
        umumnya, x

  35. daisy berkata:

    dear islam agamaku,

    bagaimana Al Quran bisa dinyatakan asli? pasti ada penjelasannya kan? boleh saya tahu?

    sebab kami yang berpegang pada kitab yang lebih tua diperintahkan untuk meng uji dulu setiap pernyataan yang dikatakan terilham ,apakah betul itu datang dari Allah yang benar?
    (1 yohanes 4:1)

    • suparno.broto berkata:

      0. bagus sekali, sesuatu yg dikatakan datang datang dari allah, diuji. s7
      1. asli, sejak turun, ditulis, dihafal, dipraktekkan, hingga hari ini
      2. baca sendiri qurannya
      3. alkitab yg ada sekarang, ada beberapa versi
      4. versi kristen ada 66kitab, katolik 73kitab mana yg sah?

  36. Gladyssea El-Real berkata:

    D kolom comentar juga ada Banyak Ilmu yg b^_^ˊmanfaat
    Terima kasih kakek Google

  37. yoga berkata:

    dear saudaraku umat kristiani

    wahai saudaraku jika ditanya mengapa kalian lebih mengimani al kitab dripda Al-Qur’an ? jika klian menjawab karena al kitab lebih dahulu turun dripda Al-Qur’an, terus mengapa kalian tidak mengimani kitab zabur ataupun taurat yg jelas2 lebih dahulu turun. dan mengapa kitab injil diturunkan ? karena untuk menyempurnakan kitab sbelumnya yg sudah tidak asli akan isinya. dan sma juga mengapa kitab Al-Qur’an diturunkan ? mka jawabannya sma yaitu untuk menyempurnakan kitab sebelumnya yg sudah tidak asli akan isinya.

    wahai saudaraku sebenarnya kitab injil yg diturunkan kpd nabi isa itu asli kebenarannya sebelum ada perubahan2 yg dilakukan manusia. dan saudaraku sekarang ini kita hidup masuk dlm zamannya nabi Muhammad bukan lagi nabi isa mka dri itu kita seharusnya mengikuti ajaran nabi muhammad karena kita umat nabi muhammad.

    jika seorang mendapat hidayah dari Allah mka tak satupun orang yg bisa menghalanginya.
    dan jika seorang tertutup hidayah dari Allah mka tak satupun orang yg bisa mengajak dia kejalan yg benar.
    semoga kalian mendapat hidayah dari Allah SWT amin..

  38. daisy berkata:

    Dear Yoga,

    Apakah anda sedang mengatakan Allah sering salah bicara sehingga perkataan Nya harus sering di ralat? Allah kami bukan Allah yang seperti Itu

    saya tidak cocok dengan ajaran Mohammad karena saya merasa ajarannya bukan betul betul mendekatkan dan membantu upaya saya untuk mengenal Allah,
    kita ambil contoh berdoa, kami bebas berdoa apapun dimanapun dengan respek sebab demikianlah kami diajar melalui Alkitab (gabungan dari Taurat, zabur, kitab lain di perjanjian lama dan perjanjian baru) dengan demikian kami bisa membina hubungan emosional dengan Pencipta kami
    demikian lah Yakub, Daud, Elia, Hana, Samuel (dll) mengungkapkan keprihatian ataupun syukur mereka dengan bebas dan kami juga dilarang untuk mengatakan doa berulang ulang (matius 6)

    • Sadri HNS berkata:

      Maafkan saya pak jika pengetahuan ku ini kurang baik ..

      Tentang bagaimana bapak tidak merasa islam lebih mendekatkan kpd Allah ..
      Dalam islam keimanan yg paling utama , ada banyak kitab karangan para ulama yg bersumber dari al quran tentang mendekatkan diri dengan yg maha kuasa- Allah
      misalnya kutipan ayat berikut :
      )Allah yang tiada serupa denganya sesuatupun) seperti inilah saya mengenal tuhan saya ..
      Pengertian ayat diatas adalah perbedaan antara pencipta dgn yg dicipta ,
      manusia – tumbuhan-hewan-bumi-galaksi-jin-saythan-malaikat- semuanya berbentuk Material atau tersusun dari sub atom,atom,molekul,dan Sel sehingga menjadi benda ..
      Nah yang menarik adalah semakin kita hancurkan suatu benda atau materi maka semakin lenyap dari pandangan kembali jadi Nol .. Hal ini memngisyaratkan manusia dan semua material sebenarnya dalam islam berasal dari sesuatu yg tidak ada, maka disinilah eksistensi Allah berlaku, allah merubah sesuatu yg tidak ada itu atau yg tidak bernilai itu menjadi sesuatu yg mempunyai nilai maka jadilah manusi dan jagat raya ..
      Zat Allah swt dan materi atau zat penyusum makhlukh hidup itu sangat jauh berbeda ,seperti angka satu dan nol ..angka satu diumpamakan sebagai zat allah dan nol seumpama zat makhluk..
      Nol tidak akan pernah menjadi angka yg bernilai, dan satu adalah angka yg tidak akan pernah jadi nol ..hanya saja angka satu bisa merubah nol menjadi sepuluh ,seribu dan seterusnya ..dan tiap tiap jumlah bilangan yg banyak pasti di sertai angka satu ..seraratus tidak akan jadi seratus tanpa ada angka satu ..
      Begitulah kiasanya ..
      Begitulah allah yang menyatakan dirinya maha esa dalam al qu’ran
      yg berarti tidak akan ada sesuatupun dari kehipan ini melainkan darinya saja, karna Dia adalah pemberi the Energi in you’r life .. Menjadikan segalanya mempunyai nilai/hidup ..
      Begitulah muslim mengenal tuhannya ..dgn pengetahuan al qur an kita semakin dekat dengan jat yg tiada batas ..

      Dan tentang doa yang ber ulang2 ,saya tau maksut bapak adalah bacaan sholat ..
      Saya ingin menjawab ,
      para ilmuan sudah lama mengenal istilah alam bawah sadar ..jika orang takut akan ketinggian atau pobia tinggi maka ia mengalami suatu ketetapan ketakutan dilam mentalnya atau batinya yang disebut juga bawah sadarnya ..nah cara merubah agar dia tidak takut tinggi lagi maka dia harus ambil perubahan mendasar , yaitu revolusi mental ..
      Yg saya ingin katakan adalah alam bawah sadar tidak akan pernah bisa diajak berkomunikasi terkecuali dengan dua cara yaitu ..
      1 .Visualisasi(menggambarkan)
      2. Affirmasi(mengulang kata)
      maka mengulang doa hingga meresap ke dalam jiwa merubah cara seseorang untuk hidup lebih baik dan mempertahankan kebaikan ..
      Islam itu agama baik dan hanya memerintahkan sesuatu dgn cara yg baik pula ..
      nah itulah yg di ajarkan dalam islam misalnya sholat pengulangan baca’an sampai empat kali .. Dan lima waktu sehari semalam ..makanya yg menjaga sholatnya jadi kelihatan berbeda gaya hidupnya ..hidupnya lebih tenang,gampang,bahagia,kaya dan sebagainya ..makanya kalo islam tidak di ganggu org non muslim mereka jadi org kaya semua dan jadi penguasa cerdas dengan sholatnya ..dan itulah yg tidak di inginkan orng barat
      ..lihat saja uni emirat arab dan negara muslim yg tidak di ganggu barat .. mereka semua sejahtera..
      Uni emirat taxi nya aja perrary..dan menara tertinggi di dunia terletak disana .. (menara burtz khalipah) hehe
      mudah mudahan bermanpaat yha pak ..maap jika salah-salah tulis
      #salam

  39. yoga berkata:

    mohon maaf sebelumnya komentar saya tdk menyebutkan bahwa “Allah sering salah bicara sehingga perkataan Nya harus sering di ralat ” maksud saya bukan itu kak, tetapi maksud saya adalah jika kitab Allah(perkataan Allah) sudah tidak lagi asli dan sudah diganti oleh manusia2 itu sendiri maka cara Allah untuk mengingatkannya(manusia) ialah dgn menurunkan kitab yg (baru) dgn tujuan supaya mereka kembali ke jalan yang benar, supaya pedoman mereka kembali benar,

    untuk masalah berdoa, dlm islam kita diperbolehkan berdoa kpn pun dan dimana pun tetapi kita diberi adab2 dlm berdoa, karena berdoa itu hubungan kita dengan Allah. kami diajarkan untuk sangat memuliakan tuhan kami sehingga kita diberi adab2 dlm berdoa. di dalam islam kita boleh berdoa berulang kali karena itu mrupakan salah satu cara mendekatkan diri kita dengan Allah, karena dlm berdoa kmi diajarkan untuk rendah hati dan menyadari bahwa kita hanyalah makhluk(ciptaan) yg mempunyai banyak kekurangan, lebih lengkapnya carilah buku yg menjelaskan berdoa dlm ajaran islam, semua permasalahan di dunia ini ada jawabanya dlm Al-Quran, sebelum terciptanya iptek yg modern ini Al-Quran sudah mengetahui, Islam adalah agama bagi orang2 yg mau berpikir.

    terimakasih

  40. daisy berkata:

    dear Yoga, terima kasih komentar anda

    Allah macam apakah yang perkataannya (firmannya) bisa diganti ganti oleh manusia?

    menurut saya, Alkitab dan Al quran adalah dua buku yang berbeda, memiliki nilai nilai moral yang berbeda dan berasal dari Allah yang berbeda, gambaran tentang Allah nya pun berbeda, pengaruh bagaimana hubungan antara manusia dengan Allah juga berbeda, Allah Alkitab mengatakan “AKU” sedangkan Allah Al quran mengatakan “KAMI”

  41. yoga berkata:

    mohon maaf yaa… boleh saya bertanya, apakah al kitab itu masih asli sesuai dgn kitab yg diturunkan kpd nabi isa ? dan knp bisa ada perjanjian lama dan perjanjian baru ? dan bisakah anda menjelaskan kristen ortodoks ?

    terima kasih

  42. jurijujur berkata:

    Isa Lahirnya dibawah Pohon Korma itu kata QS.
    Yesus Lahir di kandang Domba. TOTAL BERBEDA, anah kelas 1. SD juga Tau.

    1. Yoga !. Tuhan TIDAK PERNAH, menurunkan Kitab kepada Yesus. nggak tau kalau ke nabi Isa, Asli atau Palsu itu urusan Nabi Isa. Perjanjian Lama atau baru juga demikian.
    .
    2. Kristen Ortodoks, saya Tidak ada urusan tanya saja sama orangnya sana.

    Pertanyaan buat Yoga.
    1. Dimana Muhammad sekarang ????.
    2. Dimana Tuhan Yesus berada Sekarang ??. kalau ini saya jawab saja, di SORGA. dan Dia Orang Sorga (Tuhan) turun ke bumi, dan Mati masuk ke ke liang kbur, bangkit kembali lalu berangkat ke Sorga, karena Dia Orang Sorga (Tuhan).
    3. Akan datang kembali / Segera. sudah siapkah Kamu ???.

  43. maya berkata:

    Allah yang sesungguhnya itu tidak beranak dan tidak diperanakan🙂

  44. Pengikut Almasih berkata:

    Maryam dimaksud memang saudara kandung Harun, Musa dan Imran:
    Surat Maryam 19:28,: “Hai saudara perempan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina”.
    Catatan kaki Alquran Depag: maryam dipanggil “saudara perempuan Harun” karena ia seorang wanita yang shaleh seperti kesalehan Nabi Harus a.s.
    Ini kesalahan Fatal. Coba dibandingkan dengan Maryam yang sama yang memelihara kehormatannya benar anak Imran:
    Qs.At-Tahrim 66:12 :”dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-Kitab-Nya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat.
    Sepertinya penjelasan tentang Qs.Ali-Imran menjelaskan Keluarga Imran Bapaknya Maryam, Harun dan Musa disambungkan dengan keluarga Zakaria. Pembaca bisa mengambil kesimpulan ada kesalahan penyusunan teks dan konteknya. Dan sepertinya memang berasal dari perjanjian lama yang bisa diurutkan kembali. Misalkan nazarnya Zakaria, kelahiran Yohanes bisa diambil dari sana dan baca
    Taurat, bilangan 26:59 Dan nama isteri AMRAM ialah Yokhebed, anak perempuan Lewi, yang dilahirkan bagi Lewi di Mesir; dan bagi Amram perempuan itu melahirkan HARUN dan MUSA dan MIRYAM, saudara mereka yang perempuan
    Maria ibu Yesus berbeda dengan Miriam saudara Harun putri Imran. Zamannya saja beda 1500 tahun.
    Catatan kaki Alquran Depag menjadi sia-sia, seperti menegakkan benang basah.
    Akibatnya Sdr. Muslim nggak mampu membedakan antara Miriam saudara Harun dengan Maria ibu Yesus dan kepalang basah rekan-rekan muslim sulit untuk mengakui karena sudah terlanjur didoktrin bahwa Alquran itu wahyu Allah yang asli azali tidak diubah-ubah. Padahal kalau sedikit saja berfikir, maka apa iya, bukankah ini kutipan dari Alkitab kisah Keluarga Imran dan keluarga Zakaria? Tetapi keliru nulisnya karena tidak paham betul. Memang ini sebetulnya Fatal sekali!. Saudara belum terlambat untuk terus mencari kebenaran.

    • sugeng el ghani berkata:

      baca lagi lukas 1:32, Isa/Yesus mnurut anda adalah keturunan Daud(David)yg merupanan cucu/cicit Yudah, sedangkan Miryam,Harun,Musa keturnan Levi-kakak dr Yudah.
      jadi jelas beda garis keturunan dan beda zaman.
      dan jg cerita kelahiran nabi Isa dlm QS Maryam, secara jelas berplot waktu di Jaman Zakaria bukan jaman Musa, buat ikhwan dan ukhti fillah, jangan pernah ragukan kebenaran Al-Quran.

      Qur’an InsyaAllah pasti lebih otentik drpd Injil maupun Taurat yg ada beredar sekarang, diturunkan dlm bahasa Arab, dibaca dan dihafal dlm bahasa Arab-tetap asli, dan diterjemahkan ke semua bahasa dunia dg tata aturan dan berdasar ilmu yg baku, nahwu,shirof,lughot dan 12 macam Ilmu lain, sehingga tafsir dan terjemahannya tak akan berbeda dr aslinya.

      Injil tersedia dlm banyak versi, dalam injil ada pasal atau ayat yg disertai tanda [ ….] yg berarti tambahan dr gereja/vatikan, beberapa aliran kristen di Eropa dan USA sudah tidak mau mengakui kebenaran-& menghilangkan sebagian ayat yg bertanda tsb, sayangnya Dewan Gereja di Indonesia, entah tidak tahu atau tidak mau dg perubahan tersebut.

      Wallahualam bisshowwab
      Maha Benar Allah- Hamba sekedar fakir yg berbagi sedikit pengetahuan

  45. yudiichsan berkata:

    cerita sejarah yg menarik utk ditelaah , krn ada kesimpang siuran data dan info didalamnya .

  46. Jefri Jacob berkata:

    sudahlah sebaiknya disimpulkan saja…keimanan kita memang berbeda Islam dan kristen, namun kita sama-sama menyembah Allah… kalau ada perbedaan dalam cerita Isa Almasih / Yesus tentu karena sumbernya yang berbeda, namun saya berpikir alangkah indahnya kalo riwayat Maryam /Mariam Ibu Isa Almasih / Ibu Yesus ditarik sebuah benang merah bahwa memang Yesus mempunyai seorang Ibu yang diceritakan pada Al Quran maupun Al Kitab. memang harus diakui bahwa riwayat Maria Ibu Yesus / Maryam Ibu Isa Almasih lebih banyak kita temukan pada Al Quran. Hal ini tentunya akan membuka sebuah dialog baru antar agama bahwa ada benang merah antara Al Quran dan Al Kitab. Soal keimanan sebaiknya tidak usah dipertentangkan. saya berterima kasih kepada penulis yang membuat saya menjadi mengerti bahwa sebenarnya dengan cerita tentang Maryam Ibu Isa Almasih dalam Al Quran , lebih menjelaskan silsilah Yesus dari sisi Maryam yang tidak secara jelas diceritakan dalam Al Kitab. semoga hal ini menjadi sebuah dialog awal kita untuk saling tidak mempertentangkan satu sama lain. Kembali lagi Soal Iman Menjadi Urusan masing-masing. terima kasih. Syalom

    • JURIJUJUR berkata:

      BERDASARKAN DATA DAN FAKTA ISA =/= DENGAN TUHAN YESUS KARENA

      1. AWALNYA BEDA 1. ISA > IBUNYA MARYAM BINTI IMRAN

      2. TUHAN YESUS > IBUNYA MARIA BINTI YUSUF.

      3. MARYAM BINTI IMRAN BERADA DI ZAMANNYA MUSA

      4. MARIA BINTI YUSUF BERADA DI ZAMAN ROMAWI

      2. AKHIRNYA BEDA. 1. ISA TIDAK DISALIBKAN MALAINKAN DIGANTIKAN DENGAN
      PERAN PENGGANTI.

      2. SI YESUS (karena sat ini Yesus adalah asli manusia) DI
      SALIBKAN, DAN DIKUBURKAN KE DUNIA ORANG MATI UTK
      MEMBERITAKAN KESELAMATAN KEPADA ORANG YG SUDAH
      MATI SEBELUM TUHAN YESUS TURUN KEDUNIA

      3. TUHAN YESUS BANGKIT DARI LIANG KUBUR KARENA DIA
      TUHAN, SEMENTARA NABI ISA SUDAH 3 HARI BERSAMA
      ALLAHNYA.

      4. DARI HARI KEBANGKITANNYA TUHAN YESUS MASIH BER
      ADADI BUMI 40 HARI LAGI, BARU TERANGKAT KE SORGA
      SEMENTARA NABI ISA SUDAH BERADA 43 HARI BERSAMA
      ALLAHNYA DAN JUGA BIDADARI2 CANTIK DISANA

      5. LALU TUHAN YESUS TERANGKAT KE SORGA DISAKSIKAN
      OLEH ORANG BANYAK, SEMENTARA NABI ISA DIANGKAT
      OLEH ALAHNYA TIDAK ADA YANG MENYAKSIKAN ALIAS
      MISTERIUS.

      6. SETELAH TUHAN YESUS 10HARI BER ADA DI SORGANYA
      TUHAN YESUS MENEPATI JANJINYA MENGIRIMKAN ROH
      KUDUS KEPADA PARA MURID2 NYA BERUPA LIDAH API
      SEMENTARA NABI ISA ASYIIKKK DI SORGANYA BERSAMA
      PARA BIDADARINYA YANG PERAWAN TERUSSSS.

      semoga Penjelasan diatas bermanfaat untuk memastikan Nabi Isa BUKAN Tuhan Yesus, dan SORGANYA nabi Isa BUKAN SORGANYA Tuhan Yesus.

  47. Adam berkata:

    Mariam dan maria 2 pribadi yang berbeda, maryam anak ali imran, dan lokasi mereka di mekah , sedangkan maria anak Eli, di Israel dari lokasi juga sudah jauh.

    Isa dan Yesus juga beda, Isa lahir di bawah pohon korma , Yesus lahir di betlehem.

    Isa nabi sedangkan Yesus Tuhan , dia duanya benar larna mereka 2 pribadi yg berbeda hanya mirip doank

    • pikado4suplemen berkata:

      1. kalau mariam, ibunya isa almasih berbeda dengan maria, maka tidak perlu quran mengkoreksi kesalahan yg diyakini umat kristiani.
      – maria, diyakini sebagai bunda allah
      padahal, tuhan tidak berayah & beribu
      – isa almasih atau yesus, di di lukas, tidak dibunuh tidak disalib
      persis dengan kabar dari quran, beliau tdk dibunuh tidak disalib
      – isa almasih adalah tuhan atau anak tuhan
      padahal tuhan, adalah satu-satunya tuhan
      ini juga ditulis di alkitab, & alquran

      2. jangan berlebihan
      “Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu,
      & janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar.

      Sesungguhnya Al Masih, Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah
      & yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam,
      & (dengan tiupan) roh dari-Nya.
      Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya & janganlah kamu mengatakan:
      “(Tuhan itu) tiga”,
      berhentilah (dari ucapan itu).

      (Itu) lebih baik bagimu.
      Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa,
      Maha Suci Allah dari mempunyai anak,
      segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya.
      Cukuplah Allah sebagai Pemelihara.” [4:171]

      3. Langit Pecah

      “Dan mereka berkata:
      “Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak”.
      Sesungguhnya kamu telah mendatangkan sesuatu perkara yang sangat mungkar,

      hampir-hampir langit pecah karena ucapan itu, dan bumi belah, dan gunung-gunung runtuh,
      karena mereka mendakwa Allah Yang Maha Pemurah mempunyai anak.
      Dan tidak layak bagi Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil (mempunyai) anak.

      Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi,
      kecuali akan datang kepada Tuhan Yang Maha Pemurah selaku seorang hamba.” [19:88-93]

  48. Ping balik: Kisah Ibunda Maryam | ilalang bunda

  49. Ping balik: Kisah Bunda Maryam | ilalang bunda

  50. ahmad gunady berkata:

    penuh imfotmasi dan pngtahuan menarik, makasih..
    .

  51. Pengikut Almasih berkata:

    Allah Swt. Tidak tahu sejarah.

    Masalahnya ada dibawah ini:

    Penulis sesuai alquran perkataan Allah swt, mengatakan:
    “Allah menerima nazar istri Imran lalu mememrintahkan Zakaria sebagai pengasuh dan pemelihara Maryam. Menurut para ahli tafsir Nabi Zakaria itu adalah paman Maryam. Berarti benar ya keluarga besar Imran adalah keluarga yang diberkati karena keturunannya menjadi orang-orang sholeh (Imran, Maryam, Isa putera Maryam, Nabi Zakaria paman Maryam, dan Yahya putera Zakaria).
    Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya. (3:37)”

    Kita ulas teks dibawah ini:
    Maka tatkala isteri ‘Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: “Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk.” (3:36)

    Dari teks diatas Maryam diamaksud adalah benar-benar anak istri Imran, disini saja sudah kelihatan Maryam ini bukan ibu isa almasih.

    Yang tidak masuk akal yaitu : Allah menerima nazar istri Imran lalu mememrintahkan Zakaria sebagai pengasuh dan pemelihara Maryam. Padahal Zakaria saat itu Zakaria belum lahir. Ia ada kira-kira 1500 tahun setelah Maryam lahir (dari Keluarga Imran yaitu istri Imran). Ini sejarah yang benar.

    Jadi Saudara-saudaraku Muslimin, segeralah mengerti bahwa Allah swt tidak tahu sejarah. Jangan mengeraskan hati bahwa Alquran itu asli azali didikte oleh Allah. Apalagi menuduh kitab orang lain sudah dipalsukan dll. Kalo demikian selidikilah lagi Alquranmu dan coba renungkan bahwa Alquran itu berasal dari mana?

    Salam sejahtera selalu, Tuhan Yesus pasti memberi hidayah kepada kita.

    • Pigeats Butcher berkata:

      @Pengikut Almasih

      Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama ZAKHARIA dari rombongan Abia. ISTERINYA JUGA BERASAL DARI KETURUNAN HARUN, namanya ELISABET. (Lukas 1:5)

      Dan sesungguhnya, ELISABET, SANAK-mu (Maria) itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu. (Lukas 1:36)

      Paham ?

      sekarang saya tanya siapa nama bapak dari Yusuf suami Maria ?

      …YAKUB MEMPERANAK-KAN YUSUF suami Maria…(Matius 1:15-16)

      atau

      …YUSUF ANAK ELI, anak MATAT…( Lukas 3:23)

      Yusuf itu Anak Yakub atau anak Eli ? ….dan siapa nama bapa Maria bila bibel Lukas menyatakan Eli adalah mertua Yusuf ??? Yoakim ? dapat darimana nama Yoakim ?

      Kalo masih belum tau apa-apa isi bibel jangan ngeyel….dari mana kamu dapat “al masih” tau artinya ?

      • Pengikut Almasih berkata:

        @Pigeats Butcher
        Saudara mengatakan:
        “…YUSUF ANAK ELI, anak MATAT…( Lukas 3:23)
        Yusuf itu Anak Yakub atau anak Eli ? ….dan siapa nama bapa Maria bila bibel Lukas menyatakan Eli adalah mertua Yusuf ??? Yoakim ? dapat darimana nama Yoakim ?
        Kalo masih belum tau apa-apa isi bibel jangan ngeyel….dari mana kamu dapat “al masih” tau artinya ?”

        Saudaraku, saya tidak ngeyel, coba dipahami beberapa teks ini, barangkali menambah wawasan:

        Keterangan mengenai nama orang tua Maria dalam injil Apokrif yaitu Yoakim & Anne (Hanna) tidak dilengkapi penjelasan tentang silsilah Maria atau kedua orangtuanya. Malah tradisi Islam mencampur adukan antara nama ayah Maria (Maryam) dalam Quran yaitu Imran dan mengambil nama ibunya Anne (Hanna) dari injil Apokrif.
        Pseudo Matthew Gospel. Chap. 4. … And having weaned her in her third year, Joachim, and Anna his wife, went together to the temple of the Lord to offer sacrifices to God, and placed the infant, Mary by name…
        Ini penjelasannya:
        Yoakim nama ayah Maria dalam injil Apokrif bisa saja perubahan nama dari Eliakim yang disingkat Eli. Keduanya mengandung nama ilahi Yo=Yehovah dan El=Elohim. Contoh perubahan dapat dilihat dalam PL dari Elyakim menjadi Yoyakim:
        * 2 Raja 23:34
        Firaun Nekho mengangkat Elyakim, anak Yosia, menjadi raja menggantikan Yosia, ayahnya, dan menukar namanya dengan Yoyakim.

        Selain itu dalam kitab Judith versi Yunani (Septuaginta) pada pasal 4 tertulis nama imam besar Yoakim sedangkan dalam versi Latin (Vulgata) dengan nama Eliakim:
        “..Sacerdos etiam Eliachim scripsit ad universos qui erant contra Esdrelon..”

        Perbedaan ini terletak pada perbedaan teks dari beberapa manuscript yang menandakan adanya variasi penyebutan Eliakim-Yoakim yang bersifat interchangeable.

        Memang point mengenai nama Eli/Eliakim/Yoakim terkesan spekulatif. Namun jika ditambah dengan penjelasan budaya Special Adoption & pendapat bapa gereja seperti John Damascus, serta penjelasan tentang figur Maria yang menjadi sentral utama dalam narasi Injil Lukas. Maka pendapat bahwa silsilah di Injil Lukas adalah silsilah Maria cukup kuat & masuk akal.
        “This conjecture finds some support from the fact that the Matthean birth narrative focuses more on the role of Joseph than of Mary, while Luke’s narrative makes Mary the more central figure in the drama. It also comports with the ancient conjecture that Joseph is ultimately the source of much of the Matthean birth narratives, while Mary is the source for most of Luke’s material. ….” Green, Joel G.; McKnight, Scot; Marshall, I. Howard; editors, Dictionary of Jesus and the Gospels, (Downer’s Grove, IL: InterVarsity Press) 1998, c1992.

        Pertanyaan Saudara:
        Kalo masih belum tau apa-apa isi bibel jangan ngeyel….dari mana kamu dapat “al masih” tau artinya ?
        Sebelum saya jawab pertanyaan Saudara diatas,
        Pertanyaan saya, menurut Saudara dari mana kata “ al masih” didalam Alquran berasal? Nanti baru saya jelaskan darimana kata “al masih” itu?.

        Tuhan Yesus memberkati Saudara.

  52. Pengikut Almasih berkata:

    Ya menjadi jelas bahwa Maria anak Eli yang menjadi ibu Yesus dalam Alkitab. Silsilah Yesus diambil dari garis keturunan Daud yang memperanakkan Nathan menurut Injil Lukas 3:23-33.
    Nah sekarang baca Maryam yang sama binti Imran yang memelihara kehormatannya…..dst. Qs.At-Tahrim 66:12.
    Kisah Maryam di dalam Surat Maryam dan Ali Imran.
    Maryam dimaksud memang saudara kandung Harun, Musa, putri Imran:
    Surat Maryam 19:28,: “Hai saudara perempan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina”.
    Catatan kaki Alquran Depag: maryam dipanggil “saudara perempuan Harun” karena ia seorang wanita yang shaleh seperti kesalehan Nabi Harus a.s.
    Ini sebetulnya sama dengan uraian panjang lebar untuk menyatakan Maryam Ibu Yesus ini bukan anak Imran yang saudara Harun dan Musa.
    Namun demikian dengan Qs.Surat Ali Imran 3:35-37 Sepertinya menjelaskan Keluarga Imran Bapaknya Maryam, Harun dan Musa disambungkan dengan keluarga Zakaria. Inipun bedanya 1500 tahunan.
    Ini Argumen yang kuat dari Alquran sendiri, coba dibandingkan dengan Maryam yang sama yang memelihara kehormatannya yang melahirkan Isa benar anak Imran:
    Qs.At-Tahrim 66:12 :”dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-Kitab-Nya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat.
    Maryam disini bukan keponakan Zakaria yang melahirkan Yesus Kristus (Isa Almasih, karena binti Imran). Sampai disini tidak ada alasan lagi untuk mengatakan bahwa Maryam ibu Isa Almasih bukan saudara kandung Harun sebab ayahnya yaitu Imran Qs.66:12.
    Penjelasan panjang lebar yang melibatkan ayat-ayat alkitab tersebut diatas dan catatan kaki Alquran Depag menjadi sia-sia, seperti menegakkan benang basah.
    Injil Lukas pasal 1:5-80 Kisah lengkap Kelahiran Rasul Yahya (Yohanes Pembabtis) anak Nabi Zakaria bisa dibaca dalam Alkitab Perjanjian Baru, dibandingkan dengan Alquran Surat Ali Imran kisah yang sama.
    Di Qs. Ali Imran, Maryam anak Imran dengan Maryam keponakan Zakaria membuat bingung pembaca yang tidak mengerti sejarahnya. Keduanya dikiranya sama “Siti Mariam”.
    Taurat, Bilangan 26:59 Dan nama isteri AMRAM ialah Yokhebed, anak perempuan Lewi, yang dilahirkan bagi Lewi di Mesir; dan bagi Amram perempuan itu melahirkan HARUN dan MUSA dan MIRYAM, saudara mereka yang perempuan.
    Maria ibu Yesus berbeda dengan Miryam saudara Harun putri Imran. Zamannya saja beda 1500 tahun. Salam sejahtera Tuhan Yesus memberkati.

  53. Krislam berkata:

    Setelah melihat banyaknya persamaan nabi dan cerita antara Alquran dan Alkitab, sebenarnya ALLAH kita sama, hanya cara kita yang berbeda tapi tujuan yang sama, jadi buat apa kita saling bermusuhan dan saling menghina.. Suatu saat di surga kita akan berada disurga yg sama, suatu saat di neraka kita akan berada dineraka yang sama…

  54. Cinta Damai berkata:

    Sebagai orang yang minim pemahaman terhadap Alqur’an dan Alkitab saya tertarik dengan aneka ragam argumen yang di paparkan baik yang pro maupun yang kontra, sehingga saya dapat ilmu yang bermanfaat untuk menambah pemahaman terhadap Alqur’an dan Alkitab terutama kisah kisah para nabi yang terdapat di antara kedua Kitab tersebut.Bagi kami umat manusia saja yang sanggup menciptakan kedamaian semoga kita termasuk di dalamnya,
    Ada Kata bijak yang patut direnungkan ” Lawan pendapat kawan berfikir, Lawan akidah kawan berdialog” jadi selamat berargumen masing-masing, namun sejatinya lawan kita adalah kawan kita.

  55. kanca berkata:

    Kenapa alquran dan kitab barnabas berbeda dalam masalah siti maryam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s