Kisah Hikmah: Peristiwa Aneh Sebuah Jenazah (Kisah Nyata)

Cerita ini saya dapatkan dari milis. Saya copas ke sini agar dapat menjadi hikmah bagi orang yang membacanya. Meskipun kisah ini sepintas tidak masuk akal, tetapi apapun yang diluar nalar bisa ditunjukkan Allah SWT kepada hamba-Nya agar manusia dapat mengambil pelajaran.

Mudah-mudahan kita selalu diingatkan oleh Allah tentang mati dan selalu ditunjukkan jalan yang lurus agar semua langkah hidup kita berada di jalan yang di-ridhoi-Nya.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

PERISTIWA ANEH SEBUAH JENAZAH .. (Kisah Nyata) …

Ini adalah kisah nyata, kisah proses penguburan seorang pejabat di sebuah kota di Jawa Timur. Nama dan alamat sengaja tidak disebutkan untuk menjaga nama baik jenazah dan keluarga yang ditinggalkan. Insya Allah kisah ini menjadi hikmah dan cermin bagi kita semua sebelum ajal menjemput.

Kisah ini diceritakan langsung oleh seorang Modin (pengurus jenazah) kepada saya. Dengan gaya bertutur, selengkapnya ceritanya begini:

Saya terlibat dalam pengurus jenazah lebih dari 16 tahun, berbagai pengalaman telah saya lalui, sebab dalam jangka atau kurun waktu tersebut macam-macam jenis mayat sudah saya tangani. Ada yang meninggal dunia akibat kecelakaan, sakit tua, sakit jantung, bunuh diri dan sebagainya. Bagaimanapun, pengalaman mengurus satu jenazah seorang pejabat yang kaya serta berpengaruh ini, menyebabkan saya dapat kesempatan ‘istimewa’ sepanjang hidup. Inilah pertama saya bertemu cukup aneh, menyedihkan, menakutkan dan sekaligus memberikan banyak hikmah.

Sebagai Modin tetap di desa, saya diminta oleh anak almarhum mengurus jenazah Bapaknya. Saya terus pergi ke rumahnya. Ketika saya tiba sampai ke rumah almarhum tercium bau jenazah itu sangat busuk. Baunya cukup memualkan perut dan menjijikan. Saya telah mengurus banyak jenazah tetapi tidak pernah saya bertemu dengan mayat yang sebusuk ini. Ketika saya lihat wajah almarhum, sekali lagi saya tersentuh. Saya tengok wajahnya seperti dirundung oleh macam-macam perasaan takut, cemas, kesal dan macam-macam. Wajahnya seperti tidak mendapat nur dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kemudian saya pun ambil kain kafan yang dibeli oleh anak almarhum dan saya potong. Secara kebetulan pula, disitu ada dua orang yang pernah mengikuti kursus “fardu kifayah” atau pengurus jenazah yang pernah saya ajar. Saya ajak mereka mambantu saya dan mereka setuju.

Tetapi selama memandikan mayat itu, kejadian pertama pun terjadi, sekedar untuk pengetahuan pembaca, apabila memandikan jenazah, badan mayat itu perlu dibangunkan sedikit dan perutnya hendaklah diurut-urut untuk mengeluarkan kotoran yang tersisa. Maka saya pun urut-urut perut almarhum.

Tapi apa yang terjadi, pada hari itu sangat mengejutkan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berkehendak dan menunjukkan kekuasaannya karena pada hari tersebut, kotoran tidak keluar dari dubur akan tetapi melalui mulutnya. Hati saya berdebar-debar. Apa yang sedang terjadi di depan saya ini? Telah dua kali mulut mayat ini memuntahkan kotoran, saya harap hal itu tidak terulang lagi karena saya mengurut perutnya untuk kali terakhir.

Tiba-tiba ketentuan Allah Subhanahu Wa Ta’ala berlaku, ketika saya urut perutnya keluarlah dari mulut mayat itu kotoran bersama beberapa ekor ulat yang masih hidup. Ulat itu adalah seperti ulat kotoran (belatung). Padahal almarhum meninggal dunia akibat diserang jantung dan waktu kematiannya dalam tempo yang begitu singkat mayatnya sudah menjadi demikian rupa ? saya lihat wajah anak almarhum.

Mereka seperti terkejut. Mungkin malu, terperanjat dan aib dengan apa yang berlaku pada Bapaknya,kemudian saya tengok dua orang pembantu tadi, mereka juga terkejut dan panik. Saya katakan kepada mereka,”Inilah ujian Allah terhadap kita”. Kemudian saya minta salah satu seorang dari pada pembantu tadi pergi memanggil semua anak almarhum.

Almarhum pada dasarnya seorang yang beruntung karena mempunyai tujuh orang anak, kesemuanya laki-laki. Seorang berada di luar negeri dan enam lagi berada di rumah. Ketika semua anak almarhum masuk, saya nasehati mereka. Saya mengingatkan mereka bahwasanya tanggung jawab saya adalah membantu menguruskan jenazah Bapak mereka, bukan menguruskan semuanya, tanggung jawab ada pada ahli warisnya.

Sepatutnya sebagai anak, mereka yang lebih afdal menguruskan jenazah Bapak mereka itu, bukan hanya iman, hanya bilal, atau guru. Saya kemudian meminta ijin serta bantuan mereka untuk menunggingkan mayat itu. Takdir Allah ketika ditunggingkan mayat tersebut, tiba-tiba keluarlah ulat-ulat yang masih hidup, hampir sebaskom banyaknya. Baskom itu kira-kira besar sedikit dari penutup saji meja makan. Subhanallah suasana menjadi makin panik. Benar-benar kejadian yang luar biasa sulit diterima akal pikiran manusia biasa. Saya terus berdoa dan berharap tidak terjadi lagi kejadian yang lebih ganjil. Selepas itu saya memandikan kembali mayat tersebut dan saya ambilkan wudhu. Saya meminta anak-anaknya kain kafan.

Saya bawa mayat ke dalam kamarnya dan tidak diijinkan seorang pun melihat upacara itu terkecuali waris yang terdekat sebab saya takut kejadian yang lebih aib akan terjadi. Peristiwa apa pula yang terjadi setelah jenazah diangkat ke kamar dan hendak dikafani, takdir Allah jua yang menentukan, ketika mayat ini diletakkan di atas kain kafan, saya dapati kain kafan itu hanya cukup menutupi ujung kepala dan kaki tidak ada lebih, maka saya tak dapat mengikat kepala dan kaki.

Tidak keterlaluan kalau saya katakan ia seperti kain kafan itu tidak mau menerima mayat tadi. Tidak apalah, mungkin saya yang khilaf dikala memotongnya. Lalu saya ambil pula kain, saya potong dan tampung di tempat-tempat yang kurang. Memang kain kafan jenazah itu jadi sambung-menyambung, tapi apa mau dikata, itulah yang dapat saya lakukan. Dalam waktu yang sama saya berdoa kepada Allah “Ya Allah, jangan kau hinakan jenazah ini ya Allah, cukuplah sekedar peringatan kepada hamba-Mu ini.”

Selepas itu saya beri taklimat tentang sholat jenazah tadi, satu lagi masalah timbul, jenazah tidak dapat dihantar ke tanah pekuburan karena tidak ada mobil jenazah/mobil ambulance. Saya hubungi kelurahan, pusat Islam, masjid, dan sebagainya, tapi susah. Semua sedang terpakai, beberapa tempat tersebut juga tidak punya kereta jenazah lebih dari satu karena kereta yang ada sedang digunakan pula.

Suatu hal yang saya pikir bukan sekedar kebetulan. Dalam keadaan itu seorang hamba Allah muncul menawarkan bantuan. Lelaki itu meminta saya menunggu sebentar untuk mengeluarkan van/sejenis mobil pick-up dari garasi rumahnya. Kemudian muncullah sebuah van. Tapi ketika dia sedang mencari tempat untuk meletakkan vannya itu dirumah almarhum, tiba-tiba istrinya keluar. Dengan suara yang tegas dia berkata dikhalayak ramai: “Mas, saya tidak perbolehkan mobil kita ini digunakan untuk angkat jenazah itu, sebab semasa hayatnya dia tidak pernah mengijinkan kita naik mobilnya.” Renungkanlah kalau tidak ada apa-apanya, tidak mungkin seorang wanita yang lembut hatinya akan berkata demikian. Jadi saya suruh tuan yg punya van itu membawa kembali vannya.

Selepas itu muncul pula seorang lelaki menawarkan bantuannya. Lelaki itu mengaku dia anak murid saya. Dia meminta ijin saya dalam 10-15 menit membersihkan mobilnya itu. Dalam jangka waktu yang ditetapkan itu,muncul mobil tersebut, tapi dalam keadaan basah kuyup. Mobil yang dimaksudkan itu sebenarnya lori. Dan lori itu digunakan oleh lelaki tadi untuk menjual ayam ke pasar, dalam perjalanan menuju kawasan pekuburan, saya berpesan kepada dua pembantu tadi supaya masyarakat tidak usah membantu kami menguburkan jenazah, cukup tinggal di camping saja akan lebih baik. Saya tidak mau mereka melihat lagi peristiwa ganjil. Rupanya apa yang saya takutkan itu berlaku sekali lagi, takdir Allah yang terakhir amat memilukan.

Sesampainya Jenazah tiba di tanah pekuburan, saya perintahkan tiga orang anaknya turun ke dalam liang dan tiga lagi menurunkan jenazah. Allah berkehendak semua atas makhluk ciptaan-Nya berlaku, saat jenazah itu menyentuh ke tanah tiba-tiba air hitam yang busuk baunya keluar dari celah tanah yang pada asal mulanya kering.

Hari itu tidak ada hujan, tapi dari mana datang air itu? sukar untuk saya menjawabnya. Lalu saya arahkan anak almarhum, supaya jenazah bapak mereka dikemas dalam peti dengan hati-hati. Saya takut nanti ia terlentang atau telungkup na’udzubillah. Kalau mayat terlungkup, tak ada harapan untuk mendapat safa’at Nabi. Papan keranda diturunkan dan kami segera timbun kubur tersebut. Selepas itu kami injak-injak tanah supaya mampat dan bila hujan ia tidak mendap/ambrol. Tapi sungguh mengherankan, saya perhatikan tanah yang diinjak itu menjadi becek. Saya tahu, jenazah yang ada di dalam telah tenggelam oleh air hitam yang busuk itu.

Melihat keadaan tersebut, saya arahkan anak-anak almarhum supaya berhenti menginjak tanah itu. Tinggalkan lobang kubur 1/4 meter. Artinya kubur itu tidak ditimbun hingga ke permukaan lubangnya, tapi ia seperti kubur berlobang. Tidak cukup dengan itu, apabila saya hendak bacakan talqin, saya lihat tanah yang diinjak itu ada kesan serapan air.

Masya Allah, dalam sejarah peristiwa seperti itu terjadi. Melihat keadaan itu, saya ambil keputusan untuk selesaikan penguburan secepat mungkin.

Sejak lama terlibat dalam penguburan jenazah, inilah mayat yang saya tidak talqimkan. Saya bacakan tahlil dan doa yang paling ringkas. Setelah saya pulang ke rumah almarhum dan mengumpulkan keluarganya. Saya bertanya kepada istri almarhum, apakah yang telah dilakukan oleh almarhum semasa hayatnya.

1. Apakah dia pernah menzalimi orang alim ?

2. Mendapat harta secara merampas, menipu dan mengambil yang bukan haknya?

3. Memakan harta masjid dan anak yatim ?

4. Menyalahkan jabatan untuk kepentingan sendiri ?

5. Tidak pernah mengeluarkan zakat, shodaqoh atau infaq ?

Istri almarhum tidak dapat memberikan jawabannya. Memikirkan mungkin dia malu Untuk memberi tahu, saya tinggalkan nomor telepon rumah. Tapi sedihnya hingga sekarang, tidak seorang pun anak almarhum menghubungi saya. Untuk pengetahuan umum, anak almarhum merupakan orang yang berpendidikan tinggi hingga ada seorang yg beristrikan orang Amerika, seorang dapat istri orang Australia dan seorang lagi istrinya orang Jepang.

Peristiwa ini akan tetap saya ingat. Dan kisah ini benar-benar nyata bukan rekaan atau isapan jempol. Semua kebenaran saya kembalikan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala pencipta jagad raya ini.

Tulisan ini dipublikasikan di Kisah Hikmah. Tandai permalink.

81 Balasan ke Kisah Hikmah: Peristiwa Aneh Sebuah Jenazah (Kisah Nyata)

  1. KazuMi berkata:

    Masya Allah…
    sungguh mengerikan siksaan yg Allah timpakan bagi hamba-Nya yg kufur. Astaghfirullahal ‘aziim..
    Terima kasih ya Pak Rinaldi, atas cerita yang sangat memberi hikmah ini…

  2. Taufan berkata:

    Kenapa belatung dan kotoran, serta air kotor di kuburan tidak dibawa ke laboratorium ya? Untuk diperiksa agar ada yang bisa dipelajari secara ilmiah.

    Berdasarkan cerita di atas, saya tidak bisa memetik hikmah/pengetahuan/knowledge apa pun. Yang ada hanya superstition.

    • LAnd berkata:

      Harusnya ad hikmah yang bisa diambil..
      Harusnya kita bisa berfikir..
      Harusnya kita berusaha agar kita kelak nanti tidak bernasib demikian..
      banyak hal yang bisa kita lakuakn agar tidak bernasib demikian
      watawa.. saubil haq.. wa tawa.. saubisshabri..

    • andi berkata:

      kita tidak tau tentang kebenaran cerita itu…,tapi Allah berhak tuk berbuat apapun terhadap ciptaannya…

    • Syofian berkata:

      Hai taufan.., ntar lo rasain sendiri aja deh.., lo fikir ilmu manusia ini hebat..? seberapa hebat sih ilmu pengetahuan manusia.., Masya Allah..!

    • akbar berkata:

      sombong sekali kau taufan….!!!!!! lu punya agama ga ?? atau lu orang yang sangat bego…seperti firaun ??

      • Rio berkata:

        Yaa..nantilah belatung, air tanah dll yg menyertai jenazah bung Taufan baru diambil sampelnya…satu hal lagi bung…jika Allah SWT berkehendak tdk ada satu manusia pun yg sanggup mencegahnya. Atau anda mau coba menandingi kekuasaanNya..???

    • ARLINA berkata:

      Smbongnya hamba ALLAH si taufan ini,ntar sampel yang you bilang sampel dari belatung,air kotorn nan bau busuk adalah sampel dari kejelekanmu,mudah mudahan loe berikutnya ALLAH kasi contoh,,DASAR MANUSIA SOMBONG,memangnya ILMU loe bisa ngalahin ilmunya ALLAH SWT,,

    • PANDAN WANGI berkata:

      stiap ada orang beriman pasti ada setan disekitarnya,untuk merobohkan iman sesorang dan mempengaruhinya…
      semoga ALLAH memberimu hidayah untuk mengetuk pintu sampeyan..

    • Budi Hardi berkata:

      Wahai bung Taufan, jgn lh terlalu sombong selagi msh berdiri d bumi Allah. Krn ke sombongan itu hanya milik Allah semata, & ketahui lh setiap manusia yg di beri kelebihan berupa ilmu, karomah, harta dll itu hnya sebagian kecil dari kekuasaan Allah. Jika air yg ad d bumi ini sebagai tintax, tdk akn cukup untk menulis keAgungsn & kebesaran Allah.

    • Arza Wildan berkata:

      Berbahagialah bagi orang yang dibukakan hatinya untuk menerima hikmah atas segala sesuatu kejadian, karena itu adalah salah satu ciri mulianya kedudukan seseorang disisi Allah. Ketika kita jauh dari Allah maka hati kita sesungguhnya telah dikunci karena hati kita sudah sekeras batu untuk menerima hikmahNya, maka kesombonganlah adanya yang tampak.

    • alonehere joe berkata:

      anda tidak akan pernah tau apa yg bisa allah lakukan..
      kun fayakun yg terjadi maka terjadilah…spintar apapun anda tak akan mampu menerangkan kekuasaanya..
      jgan sombong dgan ilmu yg masih gak ada apa2nya dibandingkan dia…lihat dari mana anda berasal dan kemana anda akan kembali!!

    • alfi berkata:

      Semoga Taufan mendapat hidayah, jgn dihina teman”. Mungkin bung Taufan ini belum mengerti. Daerah rumah saya juga ada yg bernama Taufan, yang menurut saya memiliki sifat yg aneh. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita sendiri. Amin.

    • Ismail berkata:

      Tu Namanya Daya Tangkap Lw Lambat Taufan, Orang udah ke Bulan, Nah Lw masih mo meriksa air kotor. Ni cerita pengalaman tentang Kehidupan seseorang dan balasannya, bukan tentang penyakit yg bisa Lw periksa di Laboratorium, Menyedihkan Lw.

    • revan al anvi berkata:

      sangat beruntung sekali bagi hamba allah yang senantiasa diberi petunjuk Nya.

  3. novel berkata:

    Astagfirullah

  4. nuroh berkata:

    Semoga allah s.w.t mengampuni dosa2 x,dan memberikan limpahan rahmat bagi almarhum dan ahli warisx supaya bisa mengamalkan kebaikan dan mendoakanx,

  5. abdi berkata:

    Ahli watris seharusnya tidak menyembunyikan prilaku ayahnya secara pribadi kepada yang telah membantunya. untuk pelajaran bagi yang lain. ini namanya dakwah

  6. dyah sukmawati berkata:

    Itu adalah pelajaran buat kita yg masih hidup…. ya allah semoga amal ibadahx diterima disisi mu amieenn!!!!!

  7. Wulan berkata:

    Subhanalah. .
    Sungguh besar kuasa ALLAH. . .
    ALLAHU’AKBAR. .

  8. wans berkata:

    Allahu’Akbar…. Seberapa kuat ke benaran berita tsbt. Allah tak kan mau memberi hukuman lansung ke pd umatnya,krn semua peristiwa itu di tentukan oleh individu manusia itu sendiri,…pahami bacaan BISMILLAH…

  9. dian berkata:

    astaghfirullahal ad’ziim…..innalillahi wainnallillahi roji’un. smg alloh .s.w.t mengampuni semua dosa2ny . hrsnya kita berbuat baik pada siapapun. bnyk zikir, amal pada anak yatim piatu. sholat tiang agama..jgn tinggalkan.

  10. memeylia berkata:

    naudzubillah.
    semoga ini kita bisa memetik hikmah dari peristiwa ini.
    sesungguhnya azab Allah itu sangat menghinakan lagi pedih untuk hamba2Nya yg zalim.
    semoga Allah mengampuni dosa2 almarhum.amin

    • Reyminal Malik berkata:

      ya ALLAH…SUNGGUH BESAR KEMURKAAN MU…ingatkan lah aku senantiasa akan kemurkaan yg kau contohkan..agar aku jauh dari MURKA MU..dan berikanlah aku sebutir pahala agar aku termasuk orang2 yg KAU maafkan..Amin..Amin..ya ALLAH

  11. Kristina Supri berkata:

    Trimakasih telah mengingatkan kami semua

  12. Rizki berkata:

    terima kasih telah mengingatkan kami semua…
    semoga saya diberi kemudahan ketika saya meninggal… Amin ya Allah
    kabulkanlah
    ampunilah semua dosa2ku di dunia

  13. fiki berkata:

    masya allah,,,,, q jadi ikut terharu, semoga aj dengan kejadian tersebut dapat memberikan pelajaran kepada kita semua, dan berhati-hati dalam menjalankan hidup ini, jarena hidup tidak datang untuk kedua kali.

  14. miky berkata:

    semoga dgn crita tsb. kita bs sdar bhwa allah itu memang maha bsar..

  15. widya berkata:

    astagfirullah hal’adzim….
    subhanallah… la ilaha illallah., allahuakbaru,, semua itu atas kehendak allah..

  16. indri berkata:

    masya Allah hanya orang2 yg berhati batu yg tidak terketuk hatinya mendngr cerita ini,,,,, trimakasih untuk orang yg memberitakan cerita ini agar kita smua bs mnjadi orang yg lbh baik lagi

    • iskandar prasetia berkata:

      astagfirullah
      hal’adzim. .terimalah amal almarhum dan ampuni smua dosanya ya allah. . ambil hikma dalam setiap kejadian. . ,

    • iskandar prasetia berkata:

      astagfirullah
      hal’adzim. .terimalah amal almarhum dan ampuni smua dosanya ya allah. . ambil hikma dalam setiap kejadian. . ,!

  17. cerita nyata berkata:

    ditunggu kunjungannya !

  18. Siti gina at medan berkata:

    naudzubillah min zalik….. semoga semua itu dijauhkan Allah dari kita dan ini merupakan kabar pertakut agar kita sadar bahwa azab Allah itu amat pedih dan nyata.

  19. t,nks you berkata:

    Dalam suatu riwayat disebutkan, tatkala roh berpisah dari tubuh, maka ia dipanggil dari langit dengan tiga kai jeritan:

    Wahai anak Adam!!!

    Apakah kamu meninggalkan dunia, atau dunia yang meninggalkan kamu?
    Apakah kamu mengumpulkan dunia, atau dunia mengumpulkan kamu?
    Apakah kamu mematikan dunia, atau dunia mematikan kamu?

    Jika mayat diletakkan di tempat untuk dimandikan, maka ia dipanggil tiga kali teriakan:

    Wahai anak Adam!!!

    Dimanakah tubuhmu yang kuat, bukankah sekarang ini kamu menjadi lemah?
    Dimana mulutmu yang bijak, bukankah sekarang kamu diam?
    Dimana kekasihmu, bukankah mereka sekarang mengasingkan kamu?

    Dikala mayat diletakkan di tempat kafan, ia dipanggil tiga kali jeritan:

    Wahai anak Adam!!!

    Pergilah kamu ketempat yang jauh ke tanpa membawa bekal!
    Keluarlah kamu dari rumahmu, dan tidak usah kembali!
    Naiklah kuda, dan kamu tidak akan naik seperti itu selamanya, kamu akan menjadi sesuatu di dalam rumah yang penuh kesedihan!

    Sewaktu mayat itu dipikul diatas usungan, ia dipanggil tiga kali jeritan:

    “Wahai anak Adam!!!

    Sangat berbahagialah kamu jika kamu termasuk orang yan bertaubat.
    Sangat berbahagialah kamu jika amal kamu baik.
    Sangat berbahagialah kamu jika sahabatmu dalam keridhaan Allah, dan alangkah celakanya kamu jika para sahabatmu orang yang dimurkai Allah.”

    Sewaktu mayat diletakkan untuk disholatkan, maka ia dipanggil tiga kali teriakan:

    Wahai anak Adam!!!

    Segala amal yang telah kamu lakukan akan kamu lihat!
    Jika amal perbuatanmu baik, maka kamu akan melihat baik!
    Jika amal perbuatanmu buruk, kamu pun akan melihat buruk!”

    Kemudian apabila mayat sudah berada di tepi kubur, maka ia dipanggil lagi tiga kali teriakan:

    “Wahai anak Adam!!!

    Bukankah kamu menambahkan damai pada tempat yang sempit ini?
    Bukankah kamu membawa kekayaan di tempat kekafiran ini?
    Bukankah kamu membawa penerang di tempat yang gelap ini?

    Dan jika mayat diletakkan pada liang kubur, maka iapun dipanggil dengan tiga kali jeritan:

    Wahai anak Adam!!!

    Kamu di atas punggungku bersenda gurau, tapi kamu dalam perutku menjadi menangis.
    Kamu berada diatas punggungku bergembira ria, tapi kamu dalam perutku menjadi cemas dan duka.
    Kamu diatas punggungku dapat berbicara, tapi kamu dalam perutku kamu menjadi diam.”

    Setelah manusia pulang meninggalkan mayat yang sudah dikuburkan itu, lalu Allah SWT berfirman: “Wahai hamba-hambaKu, kamu tetap terpencil dan bersendirian, para manusia sudah pergi dan pulang meninggalkan kamu bersendirian dalam kegelapan kubur. Padahal kamu telah berbuat maksiat kepada-Ku karena para manusia, karena isteri dan anak. Namun Aku sangat kasihan kepadamu pada hari ini dengan limpahan Rahmat, yang denganya para makhluk semua kagum. Dan aku lebih kasihan kepadamu daripada kasih IBU kepada anaknya.”

    Wahai saudara muslimin ku, siapakah mayat itu, aku, kau, kamu semua sudah pasti akan menjadi mayat suatu hari nanti. Dikala itu kita pasti akan mendengar jeritan yang amat menggerikan itu hinggakan makhluk yang lain mendengarnya merasa takut dan kagum terhadap Maha Pencipta. Mana amalanmu, mana kebaikanmu sebagai Khalifah Allah dimuka bumi ini………………???????

    ***

  20. Wafi berkata:

    Nice Very Good

  21. ratna berkata:

    astafirullah al’asim…berarti apa yang kita tanam dan itu lah yang bakal kita panen…

  22. Invekci berkata:

    Maksi cerita’y
    Sy ambil hikmah’y

  23. joyobowo berkata:

    Saya heran kenapa pak modinnya kok menceritakan hal hal yang kayak gini,,seharusnya dipendam dalam dalam,,meskipun namanya disamarkan

    • romikosasih0790@gmail.com berkata:

      Kita lihat sisi positifnya. Mgk pak modin berharap kita yg membaca kisah ini dapat mengambil hikmah dan pelajaran untuk bekal kita menghadap Allah SWT

  24. tirca sako berkata:

    Nauzubillahmindzalik

  25. hanz berkata:

    apakah itu benar nyata?

  26. ayhu citcit berkata:

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIIM…
    pahamilah saudaraku sekalian…segala sesuatu ada dampaknya… dan tak semua hal dapat di buktikan oleh nalar manusia yang hanya insan biasa…sehebat apapun dia…

    Ya, ALLAH… Ampunilah dosa-dosa Hamba selama ini…
    Ampuni hamba dalam khilaf bertutur kata…
    Semoga Hamba terhindar dari Siksa Pedih dari-Mu ya ALLAH…
    ALLAH Maha Besar…

  27. Drian berkata:

    Subhanalloh Ijin COPAS pak

  28. ayu berkata:

    aq ercaya azab allah it ad,ayah tiri qu hoby berzina,bahkan ibu qu d usir dr rmah beserta ank2anya,demi keuasan dia dngan wanita laen.dia jg sring menzolimi aq.dia jg enjabat yg menyalah gunakan jabatannya.sya yakin azab allah akn turun utk dia.nauzubillah min dhalik

  29. Ri Rin berkata:

    tidak Percaya,tapi itu nyata.
    Thanks for infonya.

  30. juliapesek berkata:

    Smw tinggal kebaikan dan keburukan perbuatan qt di dunia…..keluarga yang paling tahu…tapi Allah Swt yang Maha Mengetahui………..

  31. Dyna berkata:

    maha suci ALLAH yang telah menciptakan langit dan bumi dan tidak ada yang bsa menandingi kekuasaanya … semoga dengan kejadian ini kita semua dapat disadarkan agar kita byk2 memperbaiki diri dan lebih mendekatkan diri kepada ALLAH SWT …

  32. (Gede)/Bram berkata:

    Segala sesuatu yang telah terjadi hanya Allah Swt,yang berhak menetukan kuasa Nya..Semoga
    Kita Mendapatkan Rahmat dan Ridhonya Amin…Ya Allah Ya Robb

  33. Febri berkata:

    Mantap

  34. naufal wiksa berkata:

    masya allah……

  35. banri flo berkata:

    astaghfirullah….

  36. junn berkata:

    terlepas benar ato tidaknya cerita ini, saya harap bung taufan dan joyoboyo lebih arif memberikan komentar agar kejadian ini tidak menimpa diri anda kelak, saya pribadi sampai bergetar badan membaca kisah ini

  37. nanda juliadi berkata:

    subhanallah,.,
    begitu besar dampak yang dialami almarhum itu,.,
    mudah2an allah., mengampuni segala dosanya,.,
    amieennn,., ya rab.,.

    dan ini adalh suatu hikamh yang sangat patut kita renungkan..,.,untuk dirikita dimasa yang akan datang dan diakhirat nanti,., amiiennn.,.,
    terimaksh atas cerita nya pak,.,
    :)

  38. Herri berkata:

    Terimakasih atas cerita ini, kematian adalah peringatan yang benar-benar nyata, qullu Nafsin daa iqotul maut, semua yang hidup pasti akan merasakan mati. Marilah kita renungkan dalam-dalam hidup kita selama di dunia ini, bilamana masih banyak kekurangan dan kesalahan, melalui peringatan mati dalam cerita ini, mari kita tingkatkan keimanan dan ibadah kita… Ya Allah ya Rohman Ya Rohim, kami hanya manusia yang lemah dan pernuh khilaf dan dosa, hanya dengan ampunanmu kami dapat Engkau selamatkan… Bimbinglah diri kami, keluarga kami, kaum muslimin dan muslimah pada jalan yang lurus dan benar yang Engkau Ridhoi… Semoga Allah mengampunkan dosa almarhumah… Amin.

  39. erwand berkata:

    Ya Allah Engkau maha Pengasih Lagi maha Penyayang………………………………….

  40. erwand berkata:

    Terima Kasih Cerita Bapak Yang Alami Ini Mudah@n BerMamFaat Bagi Umat Yg Ada Di Bumii….

  41. Robi Kurniawan berkata:

    subhanallah. Menjadi pemimpin sebenarnya penuh risiko jika kita tidak yakin bisa berlaku adil dan mampu mengemban amanah yang akan diberikan.

  42. suyoto berkata:

    Smoga qta umat islam sll mendapat rahmat dan hidayah allah swt amin….

  43. brajamustie berkata:

    ﺃﺳﺘﻐﻔﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﻌﻈﻴﻢ

    Merinding aq baca nya…!

  44. hesti berkata:

    terima kasih atas ceritanya, saya merinding mendengarnya, semoga saya tidak menjadi pribadi seperti almarhum. amin amin ya rabbal alamin…..

  45. RAHMAN berkata:

    Emg bnr kt si taufan itu. belatung, kotoran & air busuk itu harus d ambil buat sampel. tp bkn dari mayat itu, melainkan mayat si taufan atau keluarganya.. manusia sombong. mdh2an apa yg terjadi pd dirimu lbh memalukan dan menyakitkan..

  46. totok berkata:

    utk saudar2 kaum muslimin doa kn lah para kaum yg tidak mengakui kebesaran ALLAH doa kn lah mereka mendapatkn hidayah dr smua kejadian d muka bumi ini supaya mereka kembali mau rukuk n sujud menyembah ALLAH

  47. Carole berkata:

    Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide credit
    and sources back to your blog? My blog site is in the
    very same area of interest as yours and my users would truly benefit from a
    lot of the information you present here. Please let
    me know if this okay with you. Thank you!

  48. abdul mughits berkata:

    Kalau cerita itu nyata, jelas terkandung banyak hikmah yg hrs dipetik. tlng peristiwa itu terjadi dimana, alamatnya yang jelas.

  49. Erwan Yulianto berkata:

    …alhaduliilah kita masih diberi pelajaran dan belum terlambat untuk bertobat….sebagai sesama muslim sudilah kita mendoakan almarhum untuk diberi ampunan Allah….sungguh ampunan Allah lebih besar dari dunia seisinya… untuk ahli waris, ini adalah tarbiyah semoga bisa diambil hikmahnya..

  50. ARIFIN berkata:

    SUBHANALLOH MAHA SUCI ALLAH DENGAN SEGALA FIRMANNYA………HIDUP YANG CEPAT INI KADANG KITA TERUTAMA “SAYA” LALAI DENGAN GEMERLAPNYA DUNIA…. LALAI AKAN KEWAJIBAN KITA MENJADI KALIFAH DI BUMI….
    TERIMAKASIH BACAANNYA MEMBUAT SAYA LEBIH INGAT PADA SANG PENCIPTA

  51. subhannaulloh,
    apakah ini semua blasan kepada hamba hamba mu yang sering melakukan zina atau larangan larangan mu yang berlaku ?

    naudzu’billa ..,
    terima kasih pak , artikel ini sangat berarti untuk saya ..
    jujur , saya jarang sekali menjalankan kewajiban saya dalam menjalankan salat 5 waktu ..
    denagn membaca FP ini ,
    semoga saya lebih dekat lagi kepada sang pencipta ..

    ya allah , ampuni saya dan hamba hamba mu ,”
    yang seakan akan tak pernah mengikuti atau menjalankan semua peraturan mu ..
    ampuni saya ya allah .

    mendengar kalimah CAIRAN BERWARNA HITAM SERTA DI KOMBINASIKAN DENGAN AROMA BUSUK” membuat saya menjadi SADAR akan kuasa mu ..

    allah huakbar , allah huakbar , allah huakbar ..

  52. enni berkata:

    semoga yang baca sadar bahwahidup di dunia iniadalah kesempatan utk berbuat kebaikan bukan sebaliknya

  53. Asdiar berkata:

    hai kawan, ga perlu kita menghujat si taufan mungkin dia memang belum faham, untuk teman2 yg sdh faham mohon bimbingannya….. kita semua hanya manusia, sebenar2nya ilmu yang paling bermanfaat adalah ilmu yang dibagi kepada orang yang belum mengetahuinya.

  54. melly berkata:

    dasar belegug maneh taufan !! so tau lab sgala lw,periksain aja sekalian otak lw k dokter kandungan. muka ky muntah gw aja sombong lw!

  55. azis supyana berkata:

    Alloh itu maha kuasa,,,bagi Alloh tda ada yang tidak mungkin. cerita ini sebagai pelajaran bagi kita semua yng masih hidup,,,bawasannya hidup ini hanya sementara. masih banyak waktu bagi kita untuk mengumpulkan amal kebaikan bekal nanti menghadapi kematian.

  56. LILIK YULIANAH berkata:

    astaghfirullahal’adzhim…..irhamna ya arhamma roohimiin

  57. Nur Ramadhani berkata:

    Nauzubillahiminsalik
    Merinding baca ini…

  58. ace maxs berkata:

    Masya Allah sungguh menegrikan sksa Allah bagi umatnya yang kufur itu..
    Naudzubillah, jauhkan Ya Allah

  59. Naudzubillah…..sungguh mengerikan balasan n siksa Allah

  60. Rizki anditia berkata:

    Ass . . .
    Bismilahirrohmanirrohim.
    Alhmdulillah dngan saya mmbca crita tdi sya tmbh ykin dngan kbsaran Allah Swt.
    Dal lw saya bleh srankan, almarhum tdi hndakny d do’akan oleh kluargany agar bsa tnang d tmpatny skarang & do’a thlilkan bgi almarhum.
    Sekian . . .
    Was. . .

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s