Nasehat-nasehat dari K.H Maimoen Zubair untuk para pendidik

K.H Maimoen Zubair adalah ulama kharismatis dari Rembang, Jawa Tengah. Selain  memimpin Pondok Pesantren Al-Anwar Rembang, beliau juga adalah seorang politisi dari Partai Persatuan Pembangunan.

Meskipun sudah berusia sepuh (88 tahun), namun beliau masih tampak kuat. Pak kyai sering didatangi mulai dari orang biasa maupun para tokoh untuk meminta nasehat. Sebagai seorang yang sudah makan asam garam kehidupan, kata-kata yang terlontar dari K.H Maimoen Zubair sarat makna. Kata-kata mutiara dari Pak Maimun banyak dibagikan oleh netizen dalam bentuk meme melalui media dan jejaring sosial. Salah satunya pernah saya posting pada tulisan ini: Ketika tangan kita ditarik ke surga. Saya suka dengan kata-kata Pak Kyai, meskipun saya sendiri bukan dari kalangan kaum nahdliyin.

Beberapa  meme berisi nasihat yang lain dari K.H Maimoen Zubair saya kumpulkan dari Internet. Nasehat itu ditujukan bagi kami kalangan pendidik (guru, dosen, ustyad/ustadzah). Berikut ini beberapa nasehat dari Pak Kyai, yang meskipun bernuansa islami namun bersifat universal.

1) Jadi guru tidak usah punya niat bikin pintar orang. Nanti kamu hanya marah-marah ketika melihat muridmu tidak pintar. Ikhlasnya jadi hilang. Yang penting niat menyampaikan ilmu dan mendidik yang baik. Masalah muridmu kelak jadi pintar pada Allah. Didoakan saja terus menerus agar muridnya mendapat hidayah. Sumber gambar dari sini.

Maemun1

2) Yang paling hebat bagi seorang guru adalah mendidik, dan rekreasi yang paling indah adalah mengajar. Ketika melihat murid-murid yang menjengkelkan dan melelahkan, terkadang hati teruji kesabarannya, namun hadirkanlah gambaran bahwa diantara satu dari mereka akan menarik tanganmu ke surga. Sumber gambar dari sini.

Muhaimin Zubair

3) Nak, kamu kalau jadi guru, dosen, atau kiyai kamu harus tetep usaha, harus punya sampingan biar hati kamu nggak selalu mengharap pemberian atau bayaran orang lain, karena usaha dari jasil keringatmu sendiri itu barokah. Sumber gambar dari sini.

maemun3

Selain nasehat untuk kalangan pendidik, Pak Kyai pernah melontarkan kata-kata mutiara lain yang menuntun kita agar selalu taat adab, seperti meme-meme berikut:

4) Adab berdoa kepada Allah SWT. (Sumber gambar dari sini)

maemun4

5) Jangan mudah berburuk sangka. Sumber gambar dari sini.

maemun5

Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

2 Balasan ke Nasehat-nasehat dari K.H Maimoen Zubair untuk para pendidik

  1. Hafidh Frian berkata:

    Merinding sama quote yg pertama. Teladan bagi guru, dosen, atau pengajar, pendidik lainnya, supaya mindset dirubah. Semoga bnyak orang yg tergerak hatinya untuk menyalurkan ilmunya pada orang lain.. Aamiin..

  2. Endro Djumawan berkata:

    kita perlu dan menerima sekali nasehat orang lain, agar kita lebih mengenali lagi siapa kita ini sebenarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s