Jalan-jalan ke Candi Borobudur dan Candi Mendut

Ini cerita yang tercecer pas liburan anak sekolah pada akhir bulan Juni yang lalu. Saya membawa keluarga jalan-jalan ke Yogyakarta. Supaya ada pengalaman berbeda bagi anak-anak, maka kami pergi dengan pesawat dan pulang ke Bandung dengan kereta api. Sebenarnya saya sudah cukup sering ke Yogyakarta, tetapi membawa anak-anak ya baru kali ini.

Di kota Yogya tempat yang wajib dikunjungi apalagi kalau bukan Keraton dan Jalan Malioboro. Kota Yogya memang identik dengan dua obyek wisata itu. Kalau mau agak keluar kota ada beberapa kawasan yang perlu dikunjungi, yaitu ke utara Gunung Merapi (dengan bekas pondok Mbah Maridjan yang legendaris), dan ke selatan ke Pantai Parangtritis.

Jalan-jalan ke Yogya tidak lengkap ke Candi Borobudur. Borobudur identik dengan paket wisata ke Yogyakarta, padahal secara administratif candi ini terletak di propinsi Jawa Tengah, tepatnya d Kabupaten Magelang. Namun jarak Yogya ke Boroubudur jauh lebih dekat daripada jarak candi ini ke Semarang (ibukota Jawa Tengah), oleh karena itu candi Borobudur seolah-olah “milik” Yogyakarta.

Dari Yogya kami menyewa mobil travel (Kijang Inn*va) untuk jalan-jalan ke candi. Karena masa liburan, maka harga sewa mobil travel (plus sopir) cukup mahal juga, yaitu 400 ribu rupiah untuk paket 12 jam. Dari hotel tempat menginap (Hotel Abadi di depan Stasiun Tugu), kami pun menempuh rute yang cukup panjang ke Kabupaten Magelang. Memasuki Magelang hingga Muntilan kita bisa menyaksikan sisa-sisa lahar gunung Merapi yang meletus pada tahun yang lalu. Batu-batu besar di sungai terlihat dengan jelas masih baru dan berasal dari Gunung Merapi.

Setelah menempuh perjalanan sekitar satu jam, sampailah kami ke kompleks Candi Borobudur. Untuk masuk ke kawasan candi ini harga karcisnya sukup mahal, yaitu Rp30.000/orang. Kita tidak diperbolehkan membawa makanan berat seperti nasi bungkus karena khawatir mengotori atau merusak candi. Kalau membawa minuman masih dibolehkan. Ada petugas yanhg merazia tas pengunjung, jika ada makanan maka harus dititipkan di tempat penitipan tas. Dari tempat parkir kendaraan kita harus berjalan kaki cukup jauh (sekitar 1 km) ke areal candi, lumayan melelahkan juga di tengah cuaca panas terik.

Nah, perjuangan berikutnya adalah menaiki anak tangga yang lumayan panjang itu.

Setelah berjalan mendaki anak tangga, sampailah kami ke bagian atas candi Borobudur. Dari atas candi ini nampaklah lanskap alam Jawa Tengah dengan gunung Merapi di kejauhan.

Di bawah ini foto snapshot beberapa bagian candi yang termasuk keajaiban dunia itu. Melihat Candi Borubudur dari dekat terdecak rasa kekaguman kepada nenek moyang bangsa kita dulu. Sungguh pandai mereka membangun candi Borobudur dengan relief di dinding candi yang begitu detil. Relief itu menggambarkan perjalanan Sang Budha. Sungguh hebat sang arsitek candi yang bernama Gunadarma itu. Meskipun pemeluk agama Budha bukan mayoritas di Indonesia, tetapi keberadaan candi ini dilindungi dan dirawat dengan baik.

Saya dan “my beloved children”

Akhirnya sampai juga ke stupa utama, stupa tertinggi di puncak Borobudur

Tidak lengkap ke Borobudur tanpa mengunjungi satu candi lagi, yaitu Candi Mendut. Sebenarnya Candi Mendut ini lebih dulu kita lewati sebelum sampai ke Borobudur, namun memang sebaiknya Candi Mendut dikunjungi dalam perjalanan pulang setelah dari Borobudur.

Candi Mendut

Candi Mendut yang anggun

Istri dan ketiga anakku

Di selasar Candi Mendut

Sebenarnya belum puas mengelilingi kedua candi ini, tetapi karena waktu yang terbatas kami bergegs meninggalkannya karena mengejar sunset di Pantai Parangteritis. Mudah-mudahan pada lain kesempatan bisa ke sana lagi.

Tulisan ini dipublikasikan di Cerita perjalanan. Tandai permalink.

10 Balasan ke Jalan-jalan ke Candi Borobudur dan Candi Mendut

  1. desi berkata:

    mba 400 rb itu dah termasuk Bbm sama makan drivernya gk ?

  2. Selamat siang,Tulisannya sangat BAGUS SEKALI, Menambah PENGETAHUAN kita tentang KEINDAHAN kota JOGJA, sehingga membuat kita semua menjadi lebih tertarik untuk MENGELILINGI kota JOGJA.

    dari http://rentalmobilmotorjogja.blogdetik.com/ 0878 6053 4593

  3. winnymarch berkata:

    keren banget pak certiatnya saya malah tidak pernah kesana!!
    follow balik yah pak !

  4. dina berkata:

    pak, tulisannya bagus :) kalau boleh dishare no tlp rentalnya ya. karena minggu depan rencana kesana

  5. jejak si bolang berkata:

    borobudur emang keren gan…

  6. keren-keren fotonya gan…

  7. Makasih Infonya,
    sangat ngebantu
    rencananya minggu ini mau ke jogja

  8. Alnoviana berkata:

    wah… fotonya keren banget,,
    he..he..he..

  9. Alnoviana berkata:

    kapan2 lagi,buat ceritanya yang menarik ya…!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s