“Minal Aidin Wal Faizin” Bukan “Mohon Maaf Lahir dan Batin”

Alhamdulillah, tinggal besok satu hari lagi ummat Islam akan menyelesaikan ibadah puasa Ramadhan. Setelah sebulan penuh berpuasa, maka insya Allah hari Jumat nanti kita akan memasuki bulan Syawal. Alhamdulillah juga, puasa tahun ini di Indonesia tidak terlalu berat sebab meskipun sekarang ini musim kemarau, tetapi hujan turun terus hampir setiap hari karena anomali cuaca.

Mulai hari ini sudah banyak orang mengirim SMS lebaran, padahal lebaran masih 2 hari lagi. Saya saja sudah menerima 3 SMS. Diperkirakan besok SMS lebaran yang masuk ke ponsel setiap orang akan makin banyak lagi setelah waktu berbuka puasa yang terakhir (setelah Maghrib). Itu belum termasuk ucapan melalui akun jejaring sosial, email, dan blog.

Kalimat apa yang banyak diucapkan orang untuk memberi ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri? Kalau bukan “minal aidin walfaizin”, ya “(mohon) maaf lahir dan batin”. Seringkali penulisan kedua kalimat itu disatukan menjadi “minal aidin walfaizin, (mohon) maaf lahir dan batin”. Bagi orang yang tidak mengerti Bahasa Arab mungkin beranggapan bahwa “minal aidin walfaizin” itu artinya “maaf lahir dan batin”. Bukan saudara-saudara.

Tadi saya mendapat email dari milis sebelah yang menjelaskan arti “minal aidin walfaizin”. Berikut saya kutipkan sebagian isi email tesrebut”

Kata-kata “Minal Aidin wal Faizin” adalah penggalan sebuah doa dari doa yang lebih panjang yang diucapkan ketika kita selesai menunaikan ibadah puasa yakni : “Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin” yang artinya “Semoga Allah menerima (amalan-amalan) yang telah aku dan kalian lakukan dan semoga Allah menjadikan kita termasuk (orang-orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) kemenangan”.

Sehingga arti sesungguhnya dari “Minal Aidin wal Faizin adalah “Semoga
kita termasuk (orang-orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) kemenangan”.

Nah, begitu artinya, mudah-mudahan kita sekarang sudah memahami kalimat itu. Menurut penulis emal tadi, hati-hati juga kesalahan penulisan sebab dalam bahasa Arab berbeda satu huruf saja artinya sudah lain.

1. Minal ‘Aidin wal Faizin = Penulisan yang benar.
2. Minal Aidin wal Faizin = Juga benar berdasar ejaan Indonesia.
3. Minal Aidzin wal Faidzin = Salah, karena penulisan “dz” berarti huruf
“dzal” dalam abjad Arab.
4. Minal Aizin wal Faizin = Salah, karena pada kata “Aizin” seharusnya
memakai huruf “dal” atau dilambangkan huruf “d” bukan “z”.
5. Minal Aidin wal Faidin = Juga salah, karena penulisan kata “Faidin”,
seharusnya memakai huruf “za” atau dilambangkan dengan huruf “z” bukan “dz” atau “d”.

Selain ucapan “minal adin wal faizin, diantara kita juga sering menerima ucapan sebagai berikut: Taqabalalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, yang artinya “Semoga Allah menerima (amalan-amalan) yang telah aku dan kalian lakukan, puasaku dan puasa kalian”.

Oh ya, saya juga mendapat email dari teman yang berisi ucapan selamat hari raya, bunyinya cukup unik dan lucu, begini:

Selamat datang di penerbangan RAMADHAN AIR, Flight no 1431 H, dng tujuan IDUL FITRI. Jarak tempuh 2 hari lagi, dengan jelajah ketinggian TAQWA tanpa batas. Penerbangan ini bebas asap maksiat. Kenakan sabuk pengaman berlandaskan AL-Qur,an. Tegakkan sandaran kursi keimanan, lipat meja nafsu dan syahwat, Penerbangan ini bebas asap maksiat. Kenakan sabuk pengaman berlandaskan AL-Qur,an. Tegakkan sandaran kursi keimanan, lipat meja nafsu dan syahwat, serta buka jendela sodaqoh melalui infaq dan zakat. Jika cuaca buruk, perbanyak dzikir serta tilawah, dan beramallah secara luar biasa. Matikan semua alat komunikasi dng Syaetan, krn dpt mengganggu sistem navigasi ketaqwaan. Insya Allah kita mencapai tujuan surga.
Atas nama awak kabin yang bertugas, Pilot NurulSugiPamilih dan Co-Pilot , mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITHRI 1431 H.MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN. TAQOBALALLAHU MINNA WAA MINKUM

Apapun kalimat ucapan itu, intinya sama yaitu mendoakan orang lain untuk mendapat kebaikan dari Allah SWT. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H, taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, wa ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin”.

Tulisan ini dipublikasikan di Agama. Tandai permalink.

20 Balasan ke “Minal Aidin Wal Faizin” Bukan “Mohon Maaf Lahir dan Batin”

  1. reiSHA berkata:

    Wah terima kasih infonya Pak. Jadi tercerahkan, terutama soal ejaannya itu. Minal aidin wal faizin Pak. :)

  2. Alris berkata:

    Assalamualaikum ww,
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H. Mohon maaf lahir dan batin.
    Salam sukses selalu.

  3. bahtiar berkata:

    Selamat datang, di Pusat Rehabilitasi Korban Teroris kepada Bapak atau Ibu yang mengetahui anaknya mengikuti kegiatan Gerombolan Teroris NII NKA KW9 (Indonesia) atau Gerakan Pemuda Kahfi (Malaysia). Website ini ada untuk membantu Bapak atau Ibu menyadarkan dari kegiatan Gerombolan Teroris tersebut.

    Caranya mudah dan bisa dipraktekkan secara langsung, cukup baca satu atau dua tulisan saja, maka Bapak dan Ibu sudah bisa menyimpulkan motif apa dibalik Gerombolan Teroris NII NKA KW 9 atau Pemuda Kahfi dan langkah-langkah apa yang harus segera dilakukan untuk menyadarkannya.

    Bila membutuhkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di :

    Telpon / SMS : +62 8132 8484 289
    E-mail : mantanii@yahoo.co.id
    Web : http://niikw9.wordpress.com
    Identitas Bapak Ibu kami rahasiakan, karena kami juga pernah mengalami hal demikian.

  4. wak berkata:

    1). Bln Ramadan adalah bulan Rahmat, kesempatan yang Allah beri utk kita meningkatkan ibadah dan memohon keampunan kpd Nya, apabila Allah menerima ibadah dan taubat dosa2 kita, keadaan kita adalah bersih spt bayi baru lahir (kembali kpd fitrah). 2). Maka yang tinggal adalah dosa antara manusia dgn manusia, oleh itu pada hari lebaran kita dikehendaki bersalaman dan memohon kemaafan antara satu sama lain, maka bersihlah dosa antara kita dengan manusia. 3). Oleh sebab itu pada hari lebaran, kita dikehendaki mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin, Maaf Lahir Dan Batin, maka lengkap terhapus dosa kita dgn Allah dan dosa kita dengan manusia.

  5. otidh berkata:

    Mohon maaf lahir batin ya pak. Taqabbalallahu minna wa minkum, wa ahalahullahu ‘alaik.

    Saya juga punya ucapan selamat idul fitri yang lucu pak. Tapi sudah lama, zaman SMA dulu untuk sesama teman saja… hehehe. Menyebutkan semua iklan kartu operator seluler (mungkin bapak sudah pernah dengar):

    HALO, FREN…

    Di hari nan fitri ini saya ingin buka KARTU, ASal tahu saja kalo hati saya tidak sebening PRO XL dan tidak juga secerah MENTARI, tapi sinyal hati ini sekuat IM3 dan selalu berusaha untuk berbuat yang terbaik seperti STAR ONE yang menerangi langit gelap di atas sana dan dunia seESIAnya…

    Oleh karena itu, di tengah permasalahan kehidupan yang begitu FLEXIbel dan pelik seperti hitung-hitungan MATRIX ini, saya memohon SIMPATImu untuk BEBASkan hati ini dengan maaf darimu. Selamat Idul Fitri ya,,, semoga amalan ibadah kita di romadhon kemarin dapat HOKI dan acungan JEMPOL dari Allah SWT… amin (^_^)

  6. vera berkata:

    Ikut berbagi dikit ya, Pak. Setahu saya arti kata minna dlm taqabbalallahu minna bukan “dari aku” tapi “dari kami” karena kalau “dari aku” harusnya minni.
    Jadi taqabbalallahu minna wa minkum artinya “semoga Allah menerima (amalan-amalan / ibadah-ibadah) dari kami dan dari kalian…”

  7. isdiyanto berkata:

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 Hijriyah,
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin,
    mari kita sambut hari esok dengan hati baru,
    dengan tingkah laku baru yang lebih baik,

    (.s.a.a.t.n.y.a…m.a.k.a.n…k.e.t.u.p.a.t.)

  8. Nurdiansyah berkata:

    Syukron ya akhii… Izin share :)

  9. ray rizaldy berkata:

    daku ga ngerti artinya. jadi smsnya ucapannya mohon maaf lahir batin saja

    eh iya, mohon maaf lahir batin Pak. selamat idul fitri :)

  10. edratna berkata:

    Info yang mencerahkan..
    Walau belum pernah bertatap muka, namun mungkin ada komentar-komentar yang sengaja atau tak sengaja menyinggung….
    Mohon maaf lahir batin…..

  11. ozan berkata:

    Terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat sekali buat saya.

  12. Taufik berkata:

    text arabnya spt apa si

  13. agusaguslah berkata:

    Terimakasih atas tulisannya…
    Selamat Idul Fitri

  14. iyon berkata:

    Terimakasih atas pencerahannya, Selamat Idul Fitri MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN. TAQOBALALLAHU MINNA WAA MINKUM

  15. yandidotcom berkata:

    Alhamdulillah, terima kasih gan sudah berbagi

  16. faisal berkata:

    siapa adminya

  17. Bang Uddin berkata:

    Minna wa minkum taqabbalallah

  18. rapih berkata:

    Apakah bangsa arab mengenal bermaaf-maafan pd hari raya idul fitri?
    Apakah doa yg diucapkan untuk memohon / memaafkan lahir bathin tsb?

  19. beny septo aji berkata:

    Ini pembahasan yg saya cari…terima kasih
    minal ‘aidin wal faizin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s