Ketika Penampakan “Alien” Tertangkap di dalam Foto

Saya membeli ponsel baru bermerek SONY Xperia dengan sistem operasi Android. Alasan saya mengganti ponsel adalah karena faktor kamera. Ponsel yang lama resolusi kameranya masih rendah (3 MP), sementara saya hobi memotret gambar sebagai bahan untuk membuat tulisan. Naluri jurnalistik saya selalu muncul setiap kali melihat fenomena yang unik, nah kalau diabadikan dengan kamera beresolusi tinggi tentu fotonya lebih memuaskan. Benar kata sebuah peribahasa bahwa sebuah gambar bermakna lebih dari seribu kata. Kebetulan smartphone SONY Xperia yang saya beli ini memiliki resolusi gambar yang lebih tinggi yaitu 8 MP. Jadi alasan utama mengganti ponsel adalah karena kameranya, he..he..

Karena masih baru maka saya belum terlalu paham dengan fitur-fitur kamera di ponsel tersebut. Di dalam buku petunjuk ponsel tidak terdapat informasi yang detil tentang kamera maupun aplikasi di dalam ponsel itu sendiri. Selain kamera yang sudah tertanam di dalamnya, di dalam ponsel juga terdapat aplikasi kamera yang bernama Camera360. Iseng-iseng saya mencoba memotret dengan menggunakan aplikasi Camera360 di dalam kamar anak saya pada pagi hari. Saya memotret ke arah jendela, dan alangkah kagetnya saya ternyata di dalam foto hasil jepretan kamera ada gambar makhluk aneh seperti alien.

Penampakan makhluk alien di dalam foto.

Penampakan makhluk alien di dalam foto.

Saya agak merinding melihatnya, kenapa ada penampakan makhluk aneh di dalam foto tersebut. Jin kah? Setankah? Ada jin kah di dalam kamar anak saya? Saya sudah sering membaca kejadian aneh tentang penampakan makhluk halus yang tertangkap secara tidak sengaja ketika orang memotret dengan kamera. Jangan-jangan kamera ponsel saya juga berhasil menangkap penampakan makhluk halus.

Untuk sementara foto tersebut saya diamkan saja dan tidak saya ceritakan kepada siapa-siapa. Kalau saya tunjukkan kepada orang lain tentu dikiranya foto sotoshop alias foto hasil olahan program Photoshop. Untuk sementara foto tersebut beberapa hari terlupakan. Namun penampakan tersebut muncul lagi ketika pada siang hari yang terang benderang saya iseng-iseng memotret ruangan kerja di Lab saya dengan aplikasi Camera360, dan… makhluk alien itu lagi-lagi muncul di dalam foto seperti di bawah ini dengan posisi berdiri di atas lantai.

Lagi-lagi alien tersebut muncul di dalam foto, kali ini di dalam ruangan di Lab

Lagi-lagi alien tersebut muncul di dalam foto, kali ini di dalam ruangan di Lab

Anehnya tidak setiap kali penampakan alien itu muncul di dalam foto. Maksudnya, setiap kali saya menggunakan aplikasi Camera360 untuk memotret, alien tidak selalu terekam di dalam foto. Hi..hi..hi, apakah di dalam ruangan Lab saya ada makhluk halus seperti alien?

Hingga akhirnya, untuk menjawab rasa penasaran, foto alien di dalam ruangan lab itu saya unggah ke akun Facebook untuk meminta tanggapan dari para teman. Respon dari teman-teman FB hampir semuanya kaget melihat foto tersebut, nyaris tidak percaya itu benar-benar penampakan alien. Ada yang menyangka itu foto sotoshop, ada yang mengira semacam augmented reality (AR), ada yang percaya memang foto alien beneran.

Akhirnya ada seorang teman di FB yang pernah membaca kejadian yang mirip dengan saya. Dia memberikan tautan sebuah berita di sebuah media daring tentang penampakan alien di dalam foto di Filipina. Beritanya dapat Anda baca di sini atau di sini, sedangkan foto guntingan korannya di bawah ini:

Berita alien tertangkap kamera di Filipina.

Berita alien tertangkap kamera di Filipina.

Dari laman berita tersebut akhirnya diperoleh penjelasan bahwa penampakan alien di dalam foto merupakan efek yang secara acak ditambahkan oleh aplikasi Camera360 . Saya periksa fitur-fitur di dalam aplikasi Camera360 (yang sebelumnya tidak saya ketahui), ternyata memang ada beberapa fitur efek di dalamnya, salah satu efeknya bernama 2012. Rupanya jika fitur 2012 ini diaktifkan (atau teraktifkan secara default) maka kadang-kadang di dalam foto hasil jepretan kamera muncul penampakan alien dalam berbagai posisi.

Fitur efek 2012 dari aplikasi Camera360

Fitur efek 2012 dari aplikasi Camera360

Dikutip dari laman berita tersebut: “According to Jason McClellan of Open Minds Magazine, the photograph originally published on Wednesday, February 27, by the Visayan Daily Star with a photo showing a government employee posed with an extraterrestrial-looking creature outside the Bacolod City Government Center in the Philippines is a hoax generated by a new app for cellphones.”

Jadi inilah penjelasan mengapa muncul penampakan makhluk aneh di dalam foto-foto saya di atas. Namun, siapa orang yang mengetahui bahwa itu adalah efek kamera saja jika penjelasan tentang efek tersebut tidak terdapat sama sekali di dalam buku petunjuk (manual) ponsel? Jika orang yang membeli ponsel yang di dalamnya terdapat aplikasi camera360 tidak mengetahui hal ini, mungkin ia akan terkaget-kaget seperti saya, atau malah bisa merasa takut. Fitur efek di dalam aplikasi Camera360 tidak hanya alien, tetapi juga ada fitur Ghost. Jika fitur Ghost teraktifkan secara tidak sengaja, maka di dalam foto hasil jepretan kamera akan muncul penampakan bayangan hantu. Siapa orang yang tidak akan bergidik melihat foto hasil jepretannya dan merasa di dalam ruangannya ada hantu.

Menurut saya semua ini adalah kerjaan programmer “iseng” yang membuat aplikasi Camera360 dengan menambahkan efek aneh-aneh pada foto. Iseng bagi mereka tetapi membuat shock bagi orang lain yang tidak mengetahui asal muasalnya.

Pos ini dipublikasikan di Gado-gado. Tandai permalink.

7 Balasan ke Ketika Penampakan “Alien” Tertangkap di dalam Foto

  1. Alris berkata:

    hehe..kirain tadi serius alie-nya

  2. affajri berkata:

    wah kirain alien beneran bisa jadi booming ni post hehehehešŸ™‚

  3. nandar berkata:

    ha ha ha ha

  4. obet berkata:

    Hahahaaaa. Baca serius ternyata tidak. Tipuan kamera sj

  5. antoni berkata:

    Hahaha….
    Termasuk isteri saya kaget ketika memoto di kamar kami . Tidak sengaja muncul gambar bayi alien.
    Terimakasih atas penjelasannya .
    Sudah 1 minggu kami tidak tenang di rumah . Sekali lg kami berterimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s