Kacang Kawangkoan dari Minahasa

Ketika pulang dari Manado (Sulawesi Utara), mahasiswa bimbingan TA saya di sana memberi oleh-oleh kacang sangrai (kacang garing) khas Minahasa, namanya kacang Kawangkoan.

Kawangkoan adalah sebuah daerah di Kabupaten Minahasa. Jika anda bepergian menuju Tomohon terus ke Gunung Lokon, maka anda melewati daerah kecamatan yang bernama Kawangkoan. Di sepanjang jalan di daerah ini kita dapat melihat kebun-kebun kacang tanah. Banyak kedai yang berjualan kacang, baik kacang yang masih mentah, maupun kacang yang sudah disangrai (digoreng tanpa minyak).

Saya sudah beberapa kali makan kacang ini, menurut saya ini kacang terenak yang pernah saya makan, lebih enak dari kacang Gar*da atau kacang Dua Kel*nc* yang dijual di mnimarket. Ukuran kacangnya termasuk jumbo, besar-besar bo!

Yuk saya buka kulit kacangnya. Seperti ukurannya yang jumbo, biji kacang di dalamnya juga besar-besar. Ada dua macam kacang Kawangkoan, yang pertama biji kacang yang berwarna merah (warna kulit arinya yang merah) dan yang kedua yang berwarna putih. Yang saya makan ini yang berwarna putih. Kalau dapat yang berwarna merah rasanya lebih enak.

Kalau anda mampir ke provinsi ini, jangan lupa membawa oleh-oleh berupa kacang kawangkoan selain klappertaart dan kue kenari.

Tulisan ini dipublikasikan di Makanan enak. Tandai permalink.

7 Balasan ke Kacang Kawangkoan dari Minahasa

  1. alex berkata:

    siapa bilang kacang kawangkoan manado enak. kacang paling enak ya..garuda gays…
    kecuali kalau minuman cap tikus sulawesi utara rajanya maboook. 95% tindak kriminal
    di manado di sebabkan minuman keras.. jadi lihat dulu masa kacang dua kelinci kalah
    sama kawangkoan. kecuali lautnya masih agak bagus. biarpun masih ada sampah sedikit dari kali tondano. karena tahun lalu saya pernah ke bunaken tanks alex timous

  2. guys…….mampir aah…lihat lihat…ajah yaah..hehhe..salam kenal..gak bisa banyak komentar belum pernah makan Kacang Kawangkoan dari Minahasa

  3. nadiaananda berkata:

    Nice Informasinya gan,, sangat membantu sekali.. :)

  4. nadiaananda berkata:

    Weleh weleh.. Begini ya.. Ketika Orang Berilmu memberikan Ilmunya hanya ada 1 Kalimat “Semoga ilmu itu Berguna Untuk Orang Lain”.. :)

  5. Soetedjo Soeardi berkata:

    Bagai mana kalau kita mau pesan Kacang sangrai kawangkoan?
    Yang saya pernah tau kacang sangrai Kawangkoan untuk oleh2 di kemas dengan kaleng.
    Tolong informasinya cara pemesanan nya ,

  6. iwan berkata:

    Aku baru tau ternyata ini yah yg namanya Kacang kawangkoan, ternyata nama suatu daerah yah. Pertama aku denger nama “kacang kawangkoan” itu dari syair sebuah lagu. ( Lagu pop dari suriname). Di suriname ko bisa yah merka nyebut kacang kawangkoan. Apa munkin ada hubungan history yang kuat yah, antara suriname dan minahasa.
    Trims untuk infonya. Jadi lebih tau.

    Iwan h
    Iwanh44@gmail.com

    • rinaldimunir berkata:

      Pengaruh Belanda di tanah Minahasa cukup kental dan berkerabat karena faktor agama (Kristen). Banyak orang Minahasa yang tinggal di Belanda. Suriname adalah salah satu koloni Belanda, penduduknya banyak didatangkan dari Indonesia (khususnya dari Jawa). Ada kemungkinan orang Minahasa juga ada di Suriname, atau orang Minahasa yang tinggal di Belanda pernah ke Suriname dan mempopulerkan kacang kawangkoan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s