Memasak Nasi Liwet Instan Sendiri

Nasi liwet adalah nasi khas urang Sunda. Nasi ini berasal dari beras yang dimasak dengan bumbu, rempah-remah (bawang, daun salam, sereh), sedikit minyak makan, dan lauk pauk (biasanya ikan teri atau ikan jambal roti), dan sayuran (kacang panjang, pete, labu)). Nasi liwet dimasak dengan panci khusus di atas kompor kayu bakar. Karena dimasak dengan panci, maka ada kerak nasi yang tersisa di dasar panci. Rasa nasi liwet umumnya gurih seperti nasi uduk (tapi nasi liwet tidak pakai santan). Rasa gurih itu timbul karena paduan rempah-rempah, bumbu, sayyuran, dan ikan. Contoh resep nasi liwet khas Bandung bisa diklik pada pranala ini.

Untuk memasak nasi liwet cukup ribet dan lama. Kalau anda makan di Rumah Makan Sunda dan memesan nasi liwet, anda perlu menunggu nasi dimasak hingga setengah jam. Nasi liwet memang harus dipesan terlebih dahulu dan dibuat saat itu juga. Nasi ini hanya enak selama asapnya masih ngebul. Paduan makan nasi liwet adalah sambal terasi, ikan goreng, ayam goreng, atau tahu/tempe goreng.

Untunglah sekarang ada nasi liwet instan yang bernama “Nasi Liwet Instan 1001″. Nasi liwet instan ini dibuat oleh seorang anak muda dari daerah Garut (saya lupa namanya). Baru-baru ini pemuda tersebut mendapat Anugerah Inovasi Jawa Barat yang diserahkan oleh Gubernur Jabar.

Saya menemukan nasi liwet instan ketika jalan-jalan ke Garut. Nasi liwet instan dikemas dalam kemasan yang cantik. Ada tiga rasa, yaitu rasa jambal roti, rasa teri, dan rasa pete. Anehnya saya belum menemukan nasi liwet instan dijual di supermarket, tetapi dijual melalui agen-agen. Katanya nasi liwet isntan ini sudah diekspor ke mancanegara.

Kemasan nasi liwet instan

Di dalam kemasan ini sudah berisi beras seberat 300 gram, bumbu, rempah-rempah, dan minyak. Berasnya asli beras Garut yang terkenal enak itu.

Isi di dalam kemasan nasi liwet instan

Memasak nasi liwet instan cukup mudah, cukup dimasak dengan rice cooker, tapi bisa juga pakai panci masak biasa. Saya memasaknya dengan rice cooker saja. Masukkan beras, bumbu, rempah-rempah, dan minyak ke dalam panci rice cooker. Tambahkan air 600 ml, lalu aduk rata.

Nasi liwet siap dimasak

Masak nasi liwet di dalam rice cooker seperti memasak nasi biasa. Setelah setengah jam kurang menunggu, hmmm… nasi liwetnya sudah matang. Wangiii….

Nasi liwet sudah matang

Tidak sabar lagi, saya segera mengambil piring dan mengambil nasinya. Dimakan begitu saja nasi ini sudah enak, apalagi jika pakai ayam goreng atau ikan goreng plus lalapan. Rasanya sama sepeti nasi liwet biasa di rumah makan urang Sunda.

Yuk, makan nasi liwet

Seperti nasi liwet biasa yang meninggalkan kerak, nasi liwet yang dimasak dengan rice cooker juga meninggalkan kerak di dasar panci.

Kerak nasi liwet

Dengan sebungkus nasi liwet instan di atas, kita dapat memeperoleh tiga piring nasi liwet. Siang hari saya inigin makan nasi liwet lagi, tetapi sekarang pakai tahu goreng dan sambal terasi.

Kapan-kapan masak nasi liwet instan lagi ah…

Tulisan ini dipublikasikan di Makanan enak. Tandai permalink.

6 Balasan ke Memasak Nasi Liwet Instan Sendiri

  1. fetty berkata:

    Tampak enak,pak :). Kalau rempah-rempahnya ada bahan pengawetnya tidak?Penasaran juga sama masa kadaluarsanya berapa lama ya,pak?

    • rinaldimunir berkata:

      Kalau saya baca bahan2 yang digunakan di dalam kemasannya, tidak ada unsur bahan pengawet. Saya kira tidak ada yang perlu diawetkan karena semua rempah2 dan bumbu dalam keadaan kering (sudah dibuang kadar airnya).

  2. Info yang anda berikan SUNGGUH LUAR BIASA, dan semoga anda selalu SUKSES dalam berkarir.
    Serta dapat Kemudahan dalam semuanya.

    jika anda berkenan untuk hidup lebih baik lagi, ikuti workshop kami, yang akan
    di laksanakan di kota:
    SEMARANG
    Sabtu-Minggu
    29-30 September 2012
    Pkl. 10.00 – Selesai

    BANDUNG
    Sabtu-Minggu
    6-7 Oktober 2012
    Pkl 10.00 – Selesai

    JAKARTA
    Sabtu-Minggu
    13-14 Oktober 2012
    Pkl 10.00 – Selesai

    Dari :
    Pembicara Internet Marketing
    menjadikan jualan anda lebih terkenal dan banyak dikenal oleh masyarakat luas, menjadikan No 1 di semua halaman google, dengan menggunakan fasilitas GRATIS di INTERNET.
    anda berminat??
    hub Bpk. Agus Setiyawan
    081 333 841183 (Simpati)
    0817 537894 (XL)
    0341 5455330 (Flexi)
    atau kunjungi di

    http://www.pembicarainternetmarketing.com/training-speed-online-marketing.html

  3. shieni berkata:

    beli di mana ya nasi liwet instantnya ? boleh minta alamatnya ?

  4. Oyan berkata:

    Jadi pengin pindah mie instan ke Nasi liwet.
    saya pikir lebih sehat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s