Ketika Kuliah di Informatika ITB Diisi oleh Aktor “Stand Up Comedy”

Dua minggu lalu saya mengundang Sam Darma Putra Ginting untuk mengisi kuliah tamu di tingkat 2 Informatika ITB. Tiap tahun memang saya selalu mengisi satu sesi kuliah dengan mendatangkan alumni Informatika untuk berbagi (sharing) cerita pengalaman mereka bekerja di ranah teknologi informasi. Semester ini saya mengundang seorang komedian bernama Sam Darma Putra alias Sammy yang sering tampil di TV pada acara-acara stand up comedy dan juga host beberapa acara di TV swasta.

Sam Darma Putra pada dalam sebuah acara stand up commedy.

Sam Darma Putra pada dalam sebuah acara stand up commedy.

Semula tidak mudah mendatangkan dia, maklum jadwalnya pasti sangat padat, tetapi karena saya dulu adalah dosennya waktu kuliah di ITB dan saya meminta kesediaannya, ternyata responnya cepat: bersedia datang dan mengisi kuliah dua jam, ha..ha..ha. Ya, Sam memang mantan mahasiswa saya dulu di Informatika ITB, tepatnya dia adalah mahasiswa Informatika (IF) angkatan 1994. Sejak kuliah dulu dia dikenal teman-temannya suka melucu (padahal saya sendiri dulu tidak tahu kalau dia senang melucu), dan akhirnya bakat melucunya itu kesampaian dengan melambungnya acara stand up comedy di TV-TV. Sekarang dia menjadi orang terkenal (artis) dan tentu saja bayarannya mahal, tapi untuk kuliah kali ini tentu saja gratis, he..he.

Setengah jam sebelum kuliah dia sudah datang bersama asistennya. Wah, artis profesional memang selalu pakai manager dan asistennya. Para asistennya juga ikut masuk ke kelas. Kelas saya hari itu penuh, karena memang sudah diumumkan minggu sebelumnya bahwa pengisi kuliah tamu adalah alumni Informatika yang menjadi aktor komedi.

Para mahasiswa saya mendengarkan kuliah dari Sam dengan penuh minat.

Para mahasiswa saya mendengarkan kuliah dari Sam dengan penuh minat.

Sam tidak hanya berprofesi sebagai aktor komedi, itu pekerjaan sambilan dia saja. Pekerjaan utamanya tetap saja di bidang teknologi informasi. Setelah lulus dari ITB dia bekerja di perusahaan-perusahan TI dan saat ini dia founder ASD-Consult, pemilik brand ST24-Pulsa dan Utama Bizniz Cell.

Dalam kuliahnya hari itu Sam memaparkan apa saja yang diperlukan seorang lulusan Informatika bila bekerja sebagai enterpreneur di bidang TI. Seorang mahasiswa sebaiknya tidak hanya belajar horizontal knowledge, tetapi juga vertical knowledge. Horizontal knowledge tentu saja materi yang perkuliahan yang dipelajari selama kuliah, tetapi vertical knowledge adalah pengetahuan tambahan yang diperlukan untuk menopang horizontal knowledge karena seorang lulusan Informatika nanti akan berhubungan dengan bidang ilmu lain. Dia mencontohkan pengalamannya yang belajar tentang akuntansi, hukum, dan sebagainya (baca ringkasan materi kuliahnya di sini).

Sam Darma Putra sedang serius memberi kuliah sekaligus melawak.

Sam Darma Putra sedang serius memberi kuliah sekaligus melawak.

Meskipun kuliah yang dibawakannya adalah materi yang cukup serius, namun karena dia seorang komedian maka tetap saja isinya ditimpali dengan humor segar khas stand up commedy. Seluruh isi kelas terpingkal-pingkal mendengar aksi panggungnya di ruang kelas dari awal sampai akhir, apalagi setelah saya minta dia secara khusus ber-stand up commedy selama 10 menit pada akhir kuliah (yang katanya kalau orang lain yang meminta maka harus lewat manajernya dan tentu saja bayarannya mahal lho).

Terima kasih banyak Sam, kapan-kapan Anda kami undang kembali mengisi acara di Informatika ITB.

(Dua foto di atas diambil dari dokumentasi STEI-ITB pada laman ini. Foto-foto lainnya saya ambil dengan kamera sendiri di bawah ini).

DSCF1386

DSCF1387

DSCF1389

DSCF1390

Pos ini dipublikasikan di Seputar Informatika. Tandai permalink.

7 Balasan ke Ketika Kuliah di Informatika ITB Diisi oleh Aktor “Stand Up Comedy”

  1. sandrosirait berkata:

    Bangga banget saya ngebaca anak ITB bs jd entrepreneur, sekalian jadi Stand Up komedian!🙂 thx utk sharingnya mas..

    Salam,
    Sandro Sirait TA09

  2. Alias berkata:

    Ada videonya tidak, Pak?

  3. wah menarik, Pak🙂 Dan saya baru tahu kalau Sam alumni ITB, bahkan Informatika…

  4. Ega Dioni Putri berkata:

    Waw ternyata doi senior saya.. nggak nyangka :-O Masih ada ya, Pak, kuliah ngundang guest star seperti ini.. tapi kok seingat saya dulu zaman kami cuma buat anak IF aja ya, yg ngundang Narenda itu.

  5. saya pernah dengar kalo sammy itu alumni Informatika, tapi gak tahu universitas mana.. wah ternyata alumni Informatika ITB ya pak =)

  6. Yose Sinaga berkata:

    Bangga liat bg sammy..salam saya . Yose Sinaga.Teknik Inofrmatika USU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s