Kebakaran di LabTek III (Teknik Industri) ITB

Kemarin pagi ketika membuka fesbuk ada status teman yang mengabarkan kebakaran di ITB. Wah, kaget saya, jangan-jangan kantor saya di LabTek V. Buru-buru saya cari beritanya di portal daring, ternyata benar ada kebakaran di dalam kampus. Yang terbakar adalah gedung LabTek III yang ditempati Prodi Teknik Industri. Sebenarnya di LabTek III itu ada dua Prodi lain berkantor, yaitu Prodi Matematika dan Prodi Astronomi, tetapi yang terbakar hanya bagian yang ditempati Teknik Industri saja.

Siang harinya saya menyempatkan diri ke TKP untuk melihat kejadian sebenarnya. Dari Pak Satpam saya mendengar kebakaran terjadi pada Jumat pukul 23.45 malam. Penyebab kebakaran diduga karea hubungan arus pendek (koslet). Di bawah ini foto-foto kebakaran yang saya jepret kemarin, parah juga dampak kebakarannya, dua lantai hangus terbakar. Dari keterangan teman saya yang dosen TI, ada 10 ruang dosen terbakar termasuk beberapa lab.

Di bawah ini beberapa foto kebakaran yang saya jepret kemarin.

290620133345

290620133350

290620133351

290620133349

290620133347

290620133353

Ketika saya tiba di sana, ada asap masih terlihat mengepul dari sisa kebakaran. Melhat hal itu, satpam yang berada di sana memanggil mobil pemadam kebakaran ITB untuk memadamkan asap, khawatir api membesar kembali.

290620133352

Kerugian materil dari kebakaran itu mungkin bisa diganti, tetapi ada kerugian lain yang tidak ternilai harganya, yaitu data/arsip akademik dan penelitian dosen/mahasiswa, baik berupa dokumen cetak maupun yang tersimpan di dalam komputer. Semoga kebakaran ini harap diambil hikmahnya, yaitu selalu membackup data dan menyimpannya di tempat lain (di rumah misalnya).

Pos ini dipublikasikan di Seputar ITB. Tandai permalink.

3 Balasan ke Kebakaran di LabTek III (Teknik Industri) ITB

  1. Hamba Allah berkata:

    Saya sebagai civitas akademika ITB turut prihatin atas kejadian yg tidak diharapkan ini, mudah-mudahan dengan kejadian ini kita dapat mengambil hikmah.

  2. nugroho berkata:

    WHA420355 SOC155694 YMH297433 WHA800477 JPL749250 APB800779

  3. Ping balik: Keselamatan Kampus Menjelang Libur Hari Raya | Catatanku

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.