Jalan-jalan ke Lombok (lagi), Sebuah Itenary

Tanggal 21-23 November yang lalu saya bersama teman-teman di kantor jalan-jalan ke Pulau Lombok, ceritanya rapat kerja sekaligus rekreasi. Tahun 2013 saya sudah pernah ke Lombok (Baca artikelnya di sini) dalam rangka konferensi nasional KNSI. Nah, kali ini dalam rangka acara fakultas di kampus saya. Saya akan menceritakan jalan-jalan ini dalam bentuk itenary 3D2N (3 hari 2 malam), jadi kalau anda nanti punya rencana liburan ke Pulau Lombok, maka itenary ini dapat dijadikan referensi.

Hari ke-1: Bandung-Lombok

Dari Bandung ada penerbangan langsung satu kali sehari ke Lombok yang dilayani oleh maskapai Citilink. Pesawat berangkat jam 10.45  WIB dari Bandara Husein Bandung, dan tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah, pukul 12.30 WITA. Waktu tempuh dari Bandung ke Lombok adalah 1 jam 35 menit. Oh ya,selain Citilink, alternatif lainnya naik maskapai Lion Air atau Garuda Indonesia tapi transit dulu di Surabaya atau Denpasar.  Ongkos pesawat Citilink dari Bandung ke Lombok normalnya 900 ribu rupiah.

Tiba di bandara BIL di Praya, kami dijemput oleh tour guide. Setelah makan siang di restoran, kami menuju desa Sukarara di Lombok Tengah. Di desa ini kita mengunjungi toko yang menjual kain songket dan tenunan Lombok. Tenunannya bagus-bagus lho, harganya juga tidak murah, berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, maklum tenunan tangan.

DSC_1147

Kita juga dapat menyaksikan di luar toko perempuan-perempuan dari suku Sasak sedang menenun songket. Mereka adalah pegawai yang dipekerjakan oleh pemilik toko untuk menenun dengan alat tradisionil. Para perempuan Sasak itu bekerja dari pukul 8 pagi hingga pukul 17 sore, duduk dengan posisi kaki menjulur ke depan sembari menenun sehelai demi sehelai benang. Dalam satu hari mereka mampu menenun kain sepanjang 15 cm.

 

DSC_1142

Perempuan suku Sasak sedang menenun.

Para perempuan penenun songket itu adalah tulang punggung keluarganya. Suami mereka pada musim kemarau ini (saat kami ke sana masih musim kering) sedang menganggur tidak bekerja, karena sawah-sawah sedang dilanda kekeringan, tidak bisa diolah. Sawah-sawah itu milik orang lain, suami mereka hanya buruh penggarap saja. Di Lombok Tengah tidak ada irigasi karena posisi sungai lebih rendah dari sawah. Semua sawah di sana tergolong sawah tadah hujan, sawah hanya panen sekali atau dua kali setahun. Perempuan Sasak yang menjadi penenun songket itu hanya mendapat upah Rp600 ribu per bulan  plus makan dua kali sehari. Mereka bekerja setiap hari, dari Senin sampai Minggu, kemudian Senin sampai Minggu lagi, duduk dari jam 8 pagi sampai pukul 5 sore seperti pada gambar di atas. Begitu seterusnya. Mata saya memerah mendengar gaji yang tidak seberapa itu. Sedih. Inilah nasib bangsaku yang hidup dalam kemiskinan. Makanya tidak heran jika banyak perempuan Lombok mengadu nasib dengan menjadi TKI di luar negeri, teutama ke Malaysia.

Dari Desa Sukarara, rombongan kami bertolak ke desa wisata yang bernama Desa Sade, masih di Kabupaten Lombok Tengah. Desa Sade adalah model perkampungan suku Sasak yang ditujukan untuk pariwisata.  Di perkampungan ini terdapat rumah adat Sasak dengan atapnya dari daun-daun padi kering, sedangkan lantainya dari campuran kotoran kerbau dan tanah.

DSC_1154

Penanda Desa Sade

DSC_1158

Gapura Perkampungan Sasak

DSC_1153

Rumah Suku Sasak

Setelah melihat-lihat perkampungan suku Sasak, kami meneruskan perjalanan ke Pantai Kuta di selatan pulau Lombok untuk mengejar sunset. Nama pantainya sama dengan Pantai Kuta di Bali, bedanya lebih sepi. Beberapa turis asing  terlihat sedang berjemur.

DSC_1161

Narsis di Pantai Kuta, Lombok

Senja di Pantai Kuta,Lombok

Senja di Pantai Kuta,Lombok

Puas berfoto-foto di Pantai Kuta, kami melanjutkan perjalanan menuju hotel di Pantai Senggigi, Lombok Barat. Wah, ternyata kami sudah mengunjungi dua kabupaten di Pulau Lombok, yaitu Kabupaten Lombok Tengah dan sekarang Lombok Barat. Kami check-in di Hotel Holiday Resort yang terletak persis di pinggir pantai Senggigi. OK deh, selamat malam dulu ya, kami mau beristirahat dulu setelah lelah berjalan-jalan pada hari pertama.

Salah satu cottage di Hotel Holiday Resort

Beberapa cottage di Hotel Holiday Resort

Catur seukuran anak-anak di kawasan hotel

Catur seukuran anak-anak di kawasan hotel

Hari Kedua: Pulau Gili Terawangan

Pariwisata di Pulau Lombok kebanyakan wisata pantai saja. Tujuan utama wisatawan ke sini adalah Pantai Senggigi, lalu rute selanjutnya adalah ke Gili Terawangan. Belum lengkap ke Senggigi jika tidak terus ke Gili Terawangan.

Jam 9 pagi bis sudah menjemput rombongan dari hotel untuk menuju pulau Gili Terawangan di Lombok Utara. Gili artinya pulau, sedangkan terawangan artinya terowongan. Sepanjang perjalanan dari Senggigi menuju pelabuhan penyeberangan, kita disuguhi pemandangan yang sangat indah. Sebelah kiri jurang dengan lautan luas yang dalam (Selat Lombok) di bawahnya, sedangkan di sebelah kanan bukit-bukit batu. Dari atas jurang kita dapat menyaksikan garis pantai yang indah menawan, salah satunya bernama  Pantai Malimbu. Subhanallah, sungguh indah ciptaan Tuhan.

Pantai yang indah sepanjang Senggigi hingga ke Lombok Utara.

Pantai yang indah sepanjang Senggigi hingga ke Lombok Utara.

Pantai Malimbu

Pantai Malimbu

Setelah menempuh perjalanan selama 30 menit, sampailah kita di pelabuhan penyeberangan menuju Gili Terawangan. Untuk menuju ke Gili Terawangan, kita bisa naik perahu shuttle yang berangkat tiap satu jam sekali. Ongkosnya Rp45.000, namun shuttle hanya berangkat jika jumlah penumpang sudah mencapai 20 orang. Jika belum mencapai 20 orang, kita harus menunggu dulu. Jika tidak mau menunggu, kita bisa menyewa perahu yang mengantar kita pergi dan pulang. Ongkosnya sekitar Rp 1,5 juta. Oh iya, jika naik perahu shuttle, jadwal shuttle  kembali dari Gili Terawangan ke Lombok terakhir pukul 16.00.

Pelabuhan penyeberangan ke Gili Terawangan

Pelabuhan penyeberangan ke Gili Terawangan

Perjalanan menuju Gili Terawangan sekitar 40 menit. Air lautnya sangat jernih. Selain Gili Terawangan, masih terdapat dua pulau lagi di sekitarnya yaitu Gili Meno dan Gili Air.

Perjalanan menuju Gili Terawangan.  Tampak Gili Terawangan di kejauhan.

Perjalanan menuju Gili Terawangan. Tampak Gili Terawangan di kejauhan.

Apa yang menarik turis pergi ke Gili Terawangan? Pertama pasir pantainya yang putih, kedua di sekitarnya terdapat taman laut yang indah. Wisatawan bisa melakukan snorkeling ke taman laut itu. Jika tidak mau menyelam, wisatawan bisa melihat pemandangan taman laut dengan menaiki perahu yang  dasarnya berupa kaca, ongkosnya Rp75.000 per orang. Sayangnya ukuran kacanya hanya satu meter dengan lebar 50 cm, kurang puas rasanya melihat taman laut yang indah itu. Kekhasan taman laut di Gili Terawangan adalah terdapat kerang berwarna biru yang katanya pada  malam hari terlihat bercahaya jika.

Pulau Gili Terawangan adalah pulau kecil dengan pasir putih. Udara di sini sangat panas. Tidak ada sumber air tawar di sini. Air di pulau rasanya payau. Kebutuhan air tawar dan bahan makanan didatangkan dari daratan Pulau Lombok. Tentu saja harga makanan di pulau ini dua kali lipat mahalnya.

Pantai Gili Terawangan

Pantai Gili Terawangan

Pantai Gili Terawangan

Pantai Gili Terawangan

Banyak turis asing berseliweran di Gili Terawangan dengan memakai pakaian ala kadarnya (bikini). Berada di Gili Terawangan serasa berada di Pantai Kuta Bali. Di sepanjang pantai berjejer puluhan penginapan dan hotel dari harga murah hingga mahal, lalu pemandangan bule-bule berjemur di pantai. Mayoritas pengunjung Gili Terawangan adalah bule. Waktu terbaik ke Gili Terawangan adalah dari bulan Juli hingga November, saat itu belum musim hujan.

Penginapan turis di sepanjang pantai Gili Terawangan, mirip di Kuta Bali.

Penginapan turis di sepanjang pantai Gili Terawangan, mirip di Kuta Bali.

Di Gili Terawangan juga terdapat tempat konservasi penyu (Turtle Conservation). Di sini kita bisa melihat tukik (bayi penyu) ditangkar di dalam sebuah akuarium besar.

Rumah penangkaran penyu

Rumah penangkaran penyu

Rumah konservasi penyu

Rumah konservasi penyu

Tukik (bayi penyu)

Tukik (bayi penyu)

 

Jangan khawatir mencari mushala di Gili Terawangan. Di sini terdapat sebuah masjid besar. Cuma kalau berwudhu airnya payau.

Setelah puas di Gili Terawangan, saatnya kembali ke Pulau Lombok. Pukul dua siang kami kembali naik perahu ke Pulau Lombok. Agenda berikutnya adalah wisata belanja mutiara di Senggigi. Lombok terkenal sebagai tempat penghasil mutiara air tawar dan mutiara air laut. FYI, di manapun kita berhenti di rumah makan, tempat wisata, pantai, dan-lain, kita akan ditawari mutiara oleh padagang asongan. Harus hati-hati memilih mutiara, karena belum tentu semuanya asli. Tidak semua mutiara di Lombok berasal dari Lombok, ada juga mutiara (entah asli entah palsu) yang berasal dari Tiongkok. Mutiara harganya bermacam-macam bergantung kualitasnya, mulai dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu. Kami berbelanja mutiara di sebuah toko yang khusus menjual mutiara. Bermacam-macam perhiasan mutiara ada di sana, mulai dari cincin, gelang, kalung, bros, hingga tasbih dan rosario. Semua mutiara terlihat menarik hati dan begitu menggoda, terutama menggoda isi dompet. Para wanita terlihat begitu antusias dan bernafsu memborong mutiara-mutiara itu.

DSC_1219

DSC_1212

DSC_1214

DSC_1216

DSC_1217

DSC_1218

DSC_1213

Hari sudah sore. Sekarang saatnya untuk mengejar sunset di Pantai Senggigi  dari pinggir hotel tempat kami menginap. Kita dapat menyaksikan pergerakan matahari hingga terbenam di laut dari Pantai Senggigi. Pantai Senggigi pada sore hari sangat ramai, banyak orang duduk-duduk menunggu sunset.

Sunset di Senggigi

Sunset di Senggigi

Sunset di Senggigi

Sunset di Senggigi

Hari ketiga: Mataram – Bandung

Hari terakhir di Lombok. Setelah check-out dari hotel, maka saatnya berjalan-jalan melihat kota Mataram dan wisata belanja kaos atau batik di  Cakranegara. Kota Mataram lumayan besar. Di kota ini terdapat kawasan permukiman yang isinya mayoritas penduduk dari suku Bali yang beragama Hindu. Orang Bali ini didatangkan dari daerah Karangasem di Bali oleh Raja Karangasem pada zaman dulu. Meskipun mayoritas orang Lombok beragama Islam dan Pulau Lombok mendapat julukan pulau seribu masjid, tetapi sepuluh persen lainnya beragama Hindu. Mayoritas orang Hindu berada di Mataram, tepatnya di kawasan Cakranegara. Jadi, tidak heran kita juga menemukan banyak pura di kota Mataram.

Kawasan Cakranegara terkenal dengan pusat penjualan busana khas Lombok, seperti kaos, batik dan tenunan.

Sebuah toko kaos dan batik di Cakranegara.

Sebuah toko kaos dan batik di Cakranegara.

Sebenarnya masih banyak tempat yang perlu dikunjungi di Mataram, misalnya Taman Narmada, kawasan Jalan Nusa Cendana yang terkenal dengan sate khas Lombok yaitu sate bulayak, dan lain-lain, namun karena waktu yang terbatas, maka tujuan ke sana tidak sempat dilakukan. Tentang Taman Narmada dan sate bulayak sudah saya tulis pada tulisan tahun 2013.

Setelah membeli oleh-oleh lain seperti makanan (dodol rumput laut, madu Sumbawa, sambal taliwang, dll), kami bersiap-siap kembali ke Bandara. Sebelum ke Bandara, kita bisa makan dulu menikmati ayam taliwang di sebuah restoran. Selanjutnya menuju bandara karena pesawat Citilink menuju Bandung berangkat pukul 13.30.

OK deh, kapan-kapan saya jalan-jalan ke Lombok lagi bersama keluarga.

Pos ini dipublikasikan di Cerita perjalanan. Tandai permalink.

22 Balasan ke Jalan-jalan ke Lombok (lagi), Sebuah Itenary

  1. Indomoto berkata:

    wah mantab jalan-jalannya.
    bikin ngiler . ..

  2. nengwie berkata:

    Salah satu tujuan jalan-jalan yang sangat dimau anak-anak saya hehe

    Kira2 brp ya biaya selama disana..?? kalau boleh tau ?
    *nabung, nabuuuuung* 😀

    • Sekar berkata:

      iya, biayanya berapa ya? ada itinerary yang versi backpacker nggak mbak? hihi *nawar banget padahal udah dibikinin itinerary yang ini*

    • rinaldimunir berkata:

      Kalau naik pesawat, PP sekitar 2 juta per orang. Jika naik Citilink, anak usia di bawah 12 tahun dapat diskon 25%. Jadi, jika Ibu + ayah + 2 anak tiketnya saja Rp 7 juta PP. Hotel di resort di atas 900.000 per malam, bisa diisi 1 keluarga dengan tambahan extra bed. Belanja, jalan-jalan, makan, dll, sekitar 2 jutaan. Jadi, perkiraan biaya adalah 10-11 juta uang 1 keluarga dengan 2 anak.

  3. Iskandar Z. Haq berkata:

    Saya dari Lombok Pak, kuliah di Bandung…main2 lagi ya ke Lombok ^^

  4. Ping balik: Jalan-jalan ke Lombok (lagi), Sebuah Itenary | Wayahna

  5. Kesawarna berkata:

    Tempatnya indah indah ya..

  6. Abel Ricardo berkata:

    Memang tempat yang bagus Gili Trawangan sama Lombok, harus bangga ni Indonesia punya pulau kaya gitu. Visit juga yah bro pengalaman ane trip ke gili trawangan http://abelricardo.blogspot.com/2015/12/perjalanan-ke-gili-trawangan-lombok.html

  7. heri bertus berkata:

    Saya rencana tgl 2 s/d 7 juli mau ke Lombok kira-kira utk objek wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi selain gili trawangan apa lagi ya ? dan kuliner yang perlu dicoba makanan apa ?. tks.

  8. Jilbab Trendy berkata:

    Wih, keren banget @.@ Indonesia memang indah

  9. Ramli Lombok berkata:

    Silahkan Bapak dan Ibu yang berencana berkunjung ke Lombok, bisa menggunakan jasa kami. Kami sediakan paket murah tour Lombok. Silakan tanya-tanya via:

    WhatsApp: +62-878-6000-1036
    Mobile: +62-813-5307-9161
    Email: info.lombokfun@gmail.com
    Web: http://www.lombokfuntravel.com

    LOMBOK FUN TRAVEL INC.
    Profesional & Terpercaya

  10. Noviana berkata:

    Yuk berlibur ke pulau lombok, dan menikmati segala objek wisata yang ada di pulau lombok tentunya bersama kami. Disini juga kami menyediakan transportasi untuk anda yang tentunya ingin berlibur di pulau lombok. Call or WA : +62 822 377 11 304

  11. Noviana Zelly berkata:

    Yuk berlibur ke pulau lombok😊😊 dan menikmati segala objek wisata yang ada di pulau lombok tentunya bersama kami. Disini juga kami menyediakan transportasi untuk anda yang tentunya ingin berlibur di pulau lombok🏝. Call or WA : +62 822 377 11 304

  12. dhagelan berkata:

    Kira kira harganya banyak yang berubah tidak ya dari tahun 2015 ke 2017

  13. Iklima berkata:

    Nice story kk,,😊 mau tanya k, klo di tempat menenun yang diatas bisa jadi tempat pembelajaran untuk anak2 tidak y k dan apakah ada cost nya? Trus selain disna kira2 dmna lg ya k? Tirmakasih k☺

    • rinaldimunir berkata:

      Tidak ada biaya. Mereka dipekerjakan oleh pemilik toko sebagai daya tarik bagi pembeli. Pembeli bisa melihat sendiri proses membuat tenunan. Kalau tempat lainnya saya kurang tahu, tapi bisa dicari via Google

  14. Iklima berkata:

    Oh gitu ya k, thanks k infonya,,, 😊

  15. asambackpacker01 berkata:

    menarik tulisannya pak. Apalagi bagian Gili Trawangan, karena belum sempat saya ke sana. Saya malah pernah dari Lombok lanjut ke Sumbawa. Sangat cantik dan alami. https://asambackpacker01.com/2010/05/10/lombok-paradise-island/

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.